gentlemancode.id
Sebelum Membeli, Ini Jenis-jenis Laptop yang Harus Kita Ketahui

SEBELUM MEMBELI, INI JENIS-JENIS LAPTOP YANG HARUS KITA KETAHUI

Published on Wednesday, 17 January 2018

Lagi nyari laptop baru, bro? Lagi bingung milih laptop apa yang akan Lo beli? Kalo iya, maka pas banget Lo baca artikel ini. Kenapa sih banyak orang memilih laptop bukan PC? Selain karena bentuknya yang ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana, fungsinya juga bisa mempermudah kita untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan di manapun dan kapanpun kita berada.

Sekarang ini produsen laptop makin banyak dan semuanya berlomba untuk menciptakan laptop yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Tentunya dengan jenis dan spesifikasi yang berbeda-beda bro. Nah untuk urusan spesifikasi, biasanya laptop dibagi berdasarkan kelas pemasarannya, dari low end sampe high end. Semua kembali lagi ke budget tiap-tiap orang dan kebutuhan Lo gimana. Buat Lo yang lagi mau beli laptop, tapi masih bingung mau beli yang seperti apa, ada baiknya Lo mengenali dulu jenis-jenis laptop yang sekarang ada di pasaran. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini ya.

1. Laptop Standard Performance

Buat Lo yang menggunakan laptop untuk kebutuhan komputasi yang standar, seperti aplikasi Office, akses email, browsing, musik dan video dengan intensitas biasa saja, Lo bisa memilih laptop jenis ini Bro. Untuk laptop jenis ini biasanya hardware yang digunakan nggak terlalu wah alias standar aja namun cukup untuk kegiatan-kegiatan yang Gw sebut tadi dan tidak memungkinkan untuk menjalankan pekerjaan berat seperti menjalankan aplikasi design atau games dengan kualitas tinggi.

Jadi, buat Lo yang membutuhkan laptop dengan kemampuan grafis tinggi, laptop jenis ini tentunya nggak cocok, bro. Nah seperti yang Gw singgung di atas, Lo musti tau kebutuhan Lo pakai laptop itu buat apa. Terus perlu Lo tau bro kalo laptop itu nggak sama seperti PC Desktop yang bisa dengan mudah Lo ganti atau upgrade komponen-komponennya, karena biasanya komponen pendukung laptop sangat mahal dan belum tentu juga support sama laptop Lo. Gitu bro kira-kira.

2. Laptop High Performance

Kalo kebutuhan Lo adalah untuk urusan design, multimedia, editing video, gaming dengan grafis tinggi dan multitasking, laptop ini merupakan pilihan yang tepat, bro. Laptop jenis ini dilengkapi hardware yang punya spesifikasi tinggi, biasanya menggunakan processor i7 Extreme atau generasi yang lebih baru. Laptop jenis ini biasanya punya kapasitas penyimpanan dan RAM yang besar. Selain itu laptop jenis ini biasanya ditanamkan kartu VGA yang punya spesifikasi tinggi dengan full HD sehingga bisa terasa nyaman untuk menjalankan games dengan grafis tinggi sekalipun. Dan biasanya nih bro, laptop high performance ini punya bobot yang lebih berat dari laptop biasa, harganya pun tentunya di atas laptop standar, bro.

3. Ultrabook

Buat Lo yang punya tingkat mobilitas yang sangat tinggi, laptop jenis ini adalah pilihan yang sangat tepat buat Lo. Laptop jenis ini selain punya desain yang tipis, juga punya performa yang di atas laptop standar

Ultrabook biasanya punya tingkat multitasking yang baik dan tahan guncangan. Selain itu performa dari ultrabook ini juga sangat cepat bro karena ultrabook biasanya menggunakan teknologi SSD yang punya kemampuan membaca dan menulis data dengan cepat. Tapi Bro, laptop jenis ini biasanya punya kapasitas penyimpanan yang relatif kecil karena laptop ini menggunakan teknologi SSD tidak seperti hardisk biasa yang bisa punya ruang penyimpanan yang lebih besar.

4. Notebook Touchscreen

Nah yang terakhir ada notebook touchscreen, bro. Laptop jenis ini cocok banget buat Lo yang nggak suka ribet. Dengan notebook touchscreen, Lo bisa dengan mudah mengakses aplikasi seperti Lo mengakses aplikasi di smartphone Lo. Pengoperasiannya sama banget kaya pengoperasian smartphone, bedanya adalah notebook touchscreen masih menyediakan keyboard dan toucpad fisik.

Untuk urusan performa, notebook jenis ini biasanya dilengkapi  dengan processor yang kencang dengan teknologi terbaru, meskipun ada juga beberapa produsen yang menyematkan spesifikasi standard. Karena mengusung teknologi touch screen, nggak semua operating system bisa cocok dengan perangkat ini, dan sistem operasi windows 8 adalah generasi windows pertama yang dirancang untuk dipakai oleh laptop touchscreen ini.

Itu dia bro jenis-jenis laptop yang bisa jadi bahan pertimbangan buat Lo sebelum Lo memutuskan untuk membeli laptop. Balik lagi, semuanya disesuaikan sama kebutuhan Lo. Untuk urusan merk Lo bisa survei terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangannya dengan Lo browsing di internet. Ingat bro, ada harga ada kualitas, untuk laptop dengan kelas high end, tentunya Lo musti merogoh kocek lebih dalam. Tapi hal ini menurut Gw sebanding dengan apa yang akan Lo dapatkan. Oke deh bro itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo kali ini, semoga bermanfaat dan nggak salah pilih ya. Thanks.

Baca juga : Pilih Macbook New, Pro atau Air ya?

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini