gentlemancode.id
101 Gundam buat pemula

101 GUNDAM BUAT PEMULA

Published on Friday, 07 October 2016

Bro Lo mainan gundam ya sekarang? Kayak apa sih coba liat.
Hmmm lumayan juga. Abis berapa duit Lo mainan gundam? Pasti mahal yak.

Pertanyaan itu biasa keluar dari teman-teman Lo saat Lo lagi asik ngerakit gundam. Biasanya, pertanyaan itu datang dari orang-orang yang belum mengerti mengenai gundam.

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari sekilas kita mengenal lebih dekat mengenai gundam. GUNPLA atau ada juga yg menyebutnya GUNPLAMO (Gundam Plastic Model) adalah model kit plastik yang berbasis pada anime Mobile Suit Gundam, tidak hanya Gundam tapi ada juga beberapa model kit yang berbasis pada kendaraan seperti pesawat, mobil, kapal dan lain sebagainya.

GUNPLA mulai populer dikalangan pecinta anime dan kolektor dari tahun 1980. Kenapa banyak sekali orang yang menyukai GUNPLA? mungkin salah satu alasannya adalah karena kita harus melalui proses perakitan untuk mendapatkan hasil yang bagus, berbeda dengan action figure yang ketika kita membelinya kita tinggal membuka saja lalu sudah bisa dipajang atau difoto. Tapi balik lagi ke selera sih, tiap orang pasti beda.

Buat Lo yg baru mulai ngerakit gundam, coba baca info berikut deh biar lo ga salah. Bentar aja kok ga lama. Hehehe.

Sepeti Gw bilang tadi, gundam adalah sebuah model kit (GUNPLA) yang bisa kita rakit. Kita memang ga ngebentuk dari awal alias rangka yang kita rakit sebenarnya udah jadi.

Model GUNPLA terdiri dari beberapa tipe dintaranya adalah SD, HG, MG, RG, dan PG.

Itu apaan sih? Kode atau gimana? Yang paling gampang yang mana?

Itu semua tipe Gundam yang bisa Lo rakit berdasarkan tingkat kesulitan dan yap harganya juga.

Kalo Lo pemula, Gw saranin Lo coba ngerakit HG alias High Grade. Model ini cukup simple, paling butuh waktu 2 hari buat Lo ngerakit sampai selesai. Umumnya cuma butuh ngerakit tangan dimana setiap jari tanggannya udah template, ga bisa digerakin. Cuma engselnya aja. Abis itu rakit kepala pinggang, kaki dan senjata plus sayapnya (kalo ada).

Via http://www.japantradeshop.com/

Di tipe HG, sticker yang disediakan adalah yang biasa (bukan water decal). Harganya relatif murah, Gw pernah beli sekitar 180.000. Paling mahal ya sekitar 300.000.

Setelah Lo udah berhasil ngerakit HG dan mau coba level yang lebih tinggi, coba deh ngerakit MG alias Master Grade. Tipe MG ini umumnya lebih rumit daripada HG. Lo harus ngerakit rangka dari setiap bagian tangan, kepala, pinggang, dan kaki. Yap, kali ini setiap jari tanggannya bisa digerakan. Gokil kan?!!

Via http://i33.tinypic.com/302m59f.jpg

Di tipe MG ini, sticker yang disediakan adalah tipe biasa dan water decal, dimana lo butuh mencelupkan sticker tersebut ke air untuk bisa menempel di GUNPLA. Tujuannya adalah agar kita bisa dengan mudah mengatur saat menempelkannya ke GUNPLA (bisa digeser-geser).

Via http://www.beckycustomizer.com/

Umumnya harganya bisa 2x lipat dari tipe HG. Sekitar 600.000 yang paling murah.

Tipe lainnya adalah tipe SD. Tipe ini lebih mudah daripada HG. Tapi Gw saranin Lo beli tipe ini buat lucu-lucuan aja. Karena mungkin sensasi ngerakitnya sangat kurang.

Untuk tipe RG, tipe ini memiliki kemiripan dengan tipe MG, Yang mebedakannya adalah ukurannya. Tipe RG memiliki ukuran lebih kecil, yang mana Lo mesti extra hati-hati memasangnya. Untuk masalah harga, harga untuk tipe RG lebih murah daripada MG.

Tipe selanjutnya adalah PG alias Perfect Grade. PG adalah model GUNPLA tahap dewa nih Bro. Bahkan ada model yang ada lampu LED-nya alias nanti gundam Lo bisa nyala-nyala Bro.

Setelah tipe, sekarang saatnya kita akan bicara soal ukuran Bro. GUNPLA memiliki beberapa ukuran yang bisa Lo rakit diantaranya adalah 1/144, 1/100, 1/60. Ukuran 1/144 biasanya dipake buat tipe HG dan RG. Tapi untuk tipe HG ada juga yang memiliki ukuran 1/100. Tipe MG biasanya memiliki ukuran 1/100 sedangkan untuk tipe PG ukurannya 1/60.

Gundam kan dari film kartun, emang ada ukuran aslinya ya? Apa itu cuma gimmick aja? Ga Bro, Bandai dengan niatnya memang juga membuat Gundam dengan ukuran aslinya dan dipajang di Jepang. It's real Bro!!! Gede banget kan?!!!

Via http://farm8.staticflickr.com/7414/8980707898_f94c475165_o.jpg

Gundam bukan mainan, tapi karya yang bisa kita rakit sesuka kita. Bahkan bisa kita customize.

Nah setelah Lo rakit, ga stop cuma sampai di situ Bro! Lo bisa lining alias garis-garisin gunpla Lo dengan gundam marker. Udah banyak kok yang jual secara online. Udah disediain juga tempat Lo buat ngasih aksen garisnya. Tapi kalo Lo mau lebih bereksperimen lagi sih Lo bisa tambahin lagi lining tersebut sesuka Lo.

Selain Lo bisa lining dan tempel sticker dengan water decal tadi, Lo bisa kasih aksen rusak atau hangus GUNPLA Lo itu Bro! Ini nih contohnya :

Via http://3.bp.blogspot.com/-IFIyjvv06nk/T2CaxDA3Z3I/AAAAAAAAAAU/ZSnV-Wbel3c/s1600/P1040032.JPG

Selain itu kalo Lo masih mau lebih bereksperimen lagi, Lo bisa ganti warna gundamnya dengan warna lain. Biasanya Bandai kasih Lo rekomendasi buat Lo yang mau ganti warna gundam Lo. Atau Lo juga bisa liat-liat gundam custom orang lain buat Lo tiru. Tapi inget satu hal Bro, buat bikin efek metalic atau lainnya itu ada caranya. Lo bisa lihat di sini.

Lo mesti pake cat acrylic buat ngewarnain gundam Lo itu. Ya kalo mau niat dikit sih Lo beli air brush beserta mini kompresornya Bro. tujuannya biar bisa lebih rata hasilnya warnanya.

Tahap paling akhir dari perakitan gundam ini adalah Lo semprot top coat. Top coat ini bentuknya spray yang gunanya buat ngelapisin lagi. Bisa doff atau glossy Bro tergantung selera.

via http://2.bp.blogspot.com/-4rGucXEdZow/VomyL7kPwxI/AAAAAAAAXCs/AtM_FMUzsSg/s1600/Topcoat-Tutorial-4.jpg

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini