gentlemancode.id
Gimana Caranya Biar Tetep Bisa Liburan Tapi Budgetnya Minim, 7 Tips Ini Bisa Jadi Solusinya Bro

GIMANA CARANYA BIAR TETEP BISA LIBURAN TAPI BUDGETNYA MINIM, 7 TIPS INI BISA JADI SOLUSINYA BRO

Published on Tuesday, 11 October 2016

Kalo punya duit banyak mungkin kita tidak perlu bingung mau liburan kemana, ga usah mikir ini itu langsung pesan tiket aja dan langsung berangkat deh menuju tempat wisata yang kita inginkan. Tapi hal ini ga berlaku buat yang punya budget pas-pasan, kalo mau liburan pasti mikir-mikir dulu. Duitnya cukup apa engga, kira-kira kemana mau liburannya, nginep dimana, pusing deh banyak tek-tek bengek yang harus difikirin dan saking pusingnya ujung-ujungnya ga jadi deh. Huft.

Tapi sebenernya kita masih bisa liburan ko walaupun budgetnya pas-pasan, yang penting tau trik nya Bro. Apa aja trik nya? Ini dia Bro.

1. Selektif memilih tempat berlibur

Kalo mau liburan tapi budget pas-pasan kuncinya adalah jangan memaksakan. Kita bisa memilih destinasi wisata yang sesuai dengan budget kita, ga usah jauh-jauh yang penting esensi dari liburan itu bisa kita dapatkan yaitu refreshing. Kalo misalnya budget kita hanya cukup untuk liburan di puncak maka jangan memaksakan diri untuk berlibur ke raja ampat. Yang penting kan bisa senang-senang tanpa banyak hutang. Meskipun sederhana, yang penting kan bisa liburan.

2. Berlibur di hari kerja

Biasanya para pengelola tempat wisata akan menaikan tarifnya ketika tanggal merah atau hari libur. Untuk menyiasati hal ini, maka kita harus merencanakan liburan kita pada hari kerja. Dengan begitu kita akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga ketika tanggal merah. Lumayan kan Bro buat ngehemat budget, selain itu kita bisa lebih menikmati waktu liburan kita karena biasanya pengunjung pada hari kerja tidak sebanyak ketika tanggal merah.

3. Ikutan open trip

Sekarang ini udah banyak banget EO yang ngadain open trip. Open trip  adalah kegiatan traveling yang diadakan oleh suatu EO dengan cara mengumpulkan traveler yang memiliki keinginan liburan ke tempat yang sama agar bisa berangkat dan berlibur bersama-sama disana. Ini bisa jadi opsi untuk kita yang ingin liburan dengan budget pas-pasan. Selain menghemat biaya, keuntungan yang lain yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini adalah kita akan banyak bertemu dengan banyak orang baru dan akan memperluas pergaulan kita. Buat yang belum punya jodoh, mungkin Lo bisa ketemu jodoh Lo disini. Aseek.

4. Soal penginapan, Lo bisa nginep di rumah saudara atau teman dan mungkin rumah penduduk yang disewakan

Untuk menginap di hotel, kita pasti harus punya biaya ekstra untuk memenuhinya. Kalo emang budgetnya ada sih ga masalah, tapi kalo budgetnya ga ada gimana? Solusinya adalah dengan menginap di rumah saudara atau teman dan bisa juga rumah penduduk yang disewakan. Cara untuk mencari rumah untuk menginap selama liburan sekarang semakin mudah, Lo bisa cari lewat media online dengan memanfaatkan situs airbnb atau homeexchange. Cukup daftar aja disitus itu, nanti Lo akan bisa bisa mendapatkan penginapan dengan membayar sejumlah biaya. Biasanya, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah loh daripada hotel, lumayan kan Bro.

5. Kunjungi tempat wisata yang baru dibuka

Biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan memberikan harga promo yang cukup lumayan bersahabat. Hal ini tentu bisa menjadi alternatif untuk kita yang ingin berlibur namun mempunyai budget pas-pasan. Selain bisa bersenang-senang, wawasan kita tentang ragam tempat wisata pun akan bertambah. Nice.

6. Bikin share cost trip juga seru

Kita bisa mengumpulkan teman atau kenalan yang sama-sama pengen liburan. Sistemnya udah jelas, sharing cost.

Misal Lo mau liburan ke Bandung, trus Lo punya 5 temen yang sama-sama pengen liburan ke Bandung juga. Nah Lo bisa bagi tuh untuk biayanya. Sebagian temen Lo akan mengurus biaya penginapan dan sebagian lainnya akan mengurus biaya makan dan minum selama liburan. Seru kan jadinya Bro, selain bisa hemat, Lo juga bisa liburan bareng temen-temen Lo. Chakep.

7. Makan ga usah di restoran, makan di emperan juga jadi

Emang enak sih makan di restoran, menu nya yang lezat dan siap memanjakan lidah tentu menjadi godaan tersendiri untuk kita. Tapi balik lagi ke masalah budget, kalo budgetnya pas-pasan kan ga mungkin kita jor-joran makan di restoran, yang ada ntar duitnya abis dan ga bisa pulang deh.

Untuk masalah makanan, Lo bisa cari makanan-makanan di emperan Bro. Lo bisa browsing mengenai tempat-tempat yang menawarkan makanan-makanan murah namun enak. Dijamin pasti banyak banget tempat-tempat yang murah yang menawarkan makanan-makanan yang enak di tempat Lo berlibur. Memang mungkin suasananya ga seenak di restoran, namun tujuan utama kita adalah perut kita terisi kan. So, Gw rasa ga ada salahnya makan di emperan, yang penting perut kenyang dan hati pun riang. Hehe.

Liburan ga harus mahal, budget pas-pasan juga bisa ko liburan. Meskipun sederhana yang penting bisa senang-senang. Chakep.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini