gentlemancode.id
Tips Liburan Efisien buat Pekerja Kantoran

TIPS LIBURAN EFISIEN BUAT PEKERJA KANTORAN

Published on Wednesday, 17 May 2017

Udah mau tengah taun, udah mulai jenuh deh kerja. Zzzzz....Terakhir liburan kapan Bro? Mungkin, pas tahun baru ya. Biasanya kalo tengah taun gini, banyak maskapai penerbangan kasih harga promo loh untuk tiket penerbangan ke destinasi liburan. Soalnya tengah taun ini waktunya liburan anak sekolah Bro! Jadi bisa Lo manfaatin moment ini. Gak kalah sama anak sekolah, kita juga butuh liburan dong :D bedanya, kalo udah kelas pekerja kayak kita gini biasanya kehalang sama jatah cuti. Yah namanya juga karyawan Bro :D cuti lama, modal belum kekumpul. Cuti bentar, capek di jalan doang. Jadi enaknya gimana dong kalo mau refreshing?

Gampang! Coba ikutin beberapa tips dari Gw di bawah ini yuk:

1. Langkah pertama, cek dulu jatah cuti Lo

Caranya gampang, tanya ke HRD Lo dan cocokkan dengan catatan jatah cuti Lo. Jangan lupa juga untuk tanya jatah cuti Lo tahun lalu, apakah masih ada sisa? Beberapa kantor menerapkan sistem 'hangus' pada waktu tertentu untuk setiap jatah cuti yang belum digunakan. Kalo udah tau, baru deh hitung total jatah cuti yang Lo punya.

2. Langkah berikutnya, kurangi jumlah sisa jatah cuti dengan cuti lain yang sifatnya sudah pasti

Misalnya, Lo punya sisa jatah cuti 13 hari, sebelum Lo gunakan untuk liburan, hitung dulu cuti yang sifatnya sudah pasti misalnya cuti mudik, dan juga sisakan 1 hari untuk cuti yang sifatnya mendadak, sebagai back up aja Bro.

3. Next: hitung budget liburan Lo

Hal ini penting nih Bro. Masalah budget ini terbagi atas 2 sub-besar. Dan pastinya ada beberapa rumus yang harus Lo perhatikan, yaitu cara untuk menyiapkan liburan Lo dengan budget besar dan budget tipis. Rumusnya kurang lebih sebagai berikut Bro :

a. Budget besar x Waktu sempit x Destinasi jauh = capek doang
b. Budget besar x Waktu sempit x Destinasi dekat  = NYAMAN
c. Budget Kecil x Waktu Sempit x Destinasi dekat = oke lah
d. Budget Kecil x Waktu Sempit x Destinasi jauh = jangan harap Bro
e. Budget besar x Waktu Banyak = nah ini sih tau lah ya jawabannya apa

Udah kebayang, berapa alokasi budget Lo? Kalo udah, sekarang Lo bisa mulai pilih mau gunakan rumus yang mana dari beberapa rumus di atas. Yang paling nyaman sih pastinya opsi E ya Bro, cuma Gw gak bahas disini karena Gw asumsikan kita semua hanya memiliki waktu liburan yang terbatas. Oke, setelah menemukan jumlah budget liburan Lo, kita pindah ke langkah selanjutnya, yaitu..

4. Menentukan destinasi

Kalo yang ini, Lo bisa mulai dengan me-list down destinasi yang selalu jadi impian Lo, boleh terbagi atas domestik/mancanegara, ataupun terbagi atas jenisnya, misalnya Pantai/Gunung/Perkotaan. Kemudian cocokkan dengan rumus di atas. Baru deh Lo bisa mulai hitung variabel yang dibutuhkan. Masing-masing variabel memiliki pro dan kontra sendiri ya Bro, misalnya dengan destinasi mancanegara. Sebagian besar akan mengharuskan Lo mempersiapkan visa turis nya. Yang mana persiapan visa itu tidak mudah dan juga membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan salah satu syarat mendapatkan visa itu mereka mengharuskan Lo memperlihatkan rekening koran Lo selama 3 bulan terakhir dengan jumlah yang biasanya tidak kecil.

Kalo mau mancanegara masih tetap bisa, tapi pilih negara yang membebaskan visa bagi turis dari Indonesia, misalnya Singapore, Thailand, Hong Kong, Jepang (dengan e-paspor) etc. Pun, perjalanan ke mancanegara harus dipertimbangkan juga berapa lama rencana Lo untuk stay, karena perjalanannya sudah menyita cukup banyak waktu pulang pergi, jadi kalo rencana stay Lo tidak banyak, lebih baik diundur dulu rencana pergi jauh Lo itu.

Sebaliknya, jika Lo pergi ke domestik/mancanegara yang jaraknya masih terhitung sangat dekat (Singapore, Malaysia, Thailand, Bali, Raja Ampat, Tanjung Bira, Lombok, Pulau Komodo, etc) Lo bisa memaksimalkan liburan Lo karena waktu Lo tidak akan habis di perjalanan.

5. Selanjutnya: mulai hunting tiket promo!

Nah, destinasi udah dapet. Tanggal sudah diputuskan, now it's time buat hunting tiket promo! Hati-hati Bro, jangan sembarang beli karena murah. Beli lah tiket di website maskapai penerbangan atau di agen perjalanan terpercaya, ini untuk menghindari Lo kena tipu Bro.

6. Ticketing done, next: reservasi hotel

Kalo untuk hotel, Gw bebasin deh Lo mau yang gimana, balik lagi ini bisa disesuaikan dengan budget. Kalo travelling sendirian, as a gentleman, menurut Gw fine-fine aja kalo kita pilih hostel. Seru juga kok Bro, Lo bisa kenalan dengan beragam traveller lain yang mana pastinya Lo bisa sharing tips liburan dan memperluas networking Lo juga. Kalo urusan hotel udah beres, next adalah..

7. Pack your bags!

Untuk langkah ini, jangan lupa untuk perhatikan situasi, kondisi dan juga musim yang sedang berlangsung di destinasi liburan Lo. Ada beberapa barang yang Lo harus bawa, yaitu :

a. Jaket dan jas hujan
b. Kamera dan perlengkapannya
c. Sepatu kets dan sendal
d. Topi dan kacamata hitam
e. Obat-obatan pribadi (jika dibutuhkan)
f. 2 potong celana pendek dan 1 celana panjang
g. 4 potong kaus (disesuaikan dengan lama Lo stay ya) namun Gw tidak menyarankan Lo bawa banyak karena biasanya hotel menyediakan jasa laundry, jadi tas Lo gak perlu terlalu banyak beban
h. Toiletries dalam ukuran travel size
i. Kantong plastik

Semua perlengkapan di atas silahkan disesuaikan lagi dengan destinasi Lo ya bro. Kemudian kita tiba di langkah terakhir, yaitu : Go!

Ketika berlibur, biasanya kita terlalu sibuk mempersiapkan perlengkapan liburannya sendiri. Padahal sebenarnya, persiapan bisa dibuat minimal, namun yang penting adalah bagaimana Lo akan menikmati liburan tersebut. Cobalah untuk buat komitmen dengan diri Lo, misalnya dengan berjanji akan mengurangi waktu di depan layar hp ketika berlibur, berjanji untuk tidak mengakses email kantor, dan sebagainya. Rileks, enjoy the ride and you’ll be fine. Tujuannya memang menghilangkan stres, penat dan kejenuhan, that's why Lo harus maksimal banget dalam menikmatinya agar bisa kembali segar setelah selesai liburan. Selamat mencoba tips dari Gw diatas dan semoga liburan Lo akan menyenangkan, cheers!

Sumber gambar:
[1] https://pixabay.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini