gentlemancode.id
Tips Merencanakan Liburan Bareng Teman Biar Gak Cuma Jadi Wacana Doang

TIPS MERENCANAKAN LIBURAN BARENG TEMAN BIAR GAK CUMA JADI WACANA DOANG

Published on Monday, 11 September 2017

Liburan adalah salah satu kegiatan yang Gw rasa wajib untuk kita lakukan. Minimal, beberapa bulan sekali Lo harus melakukan kegiatan ini supaya otak Lo gak tegang. Gak perlu jauh dan gak perlu mahal, yang penting Lo ada waktu untuk memanjakan diri Lo supaya terbebas dari rutinitas harian supaya pikiran Lo bisa fresh dan badan Lo kembali bugar.

Semua orang Gw yakin pasti akan setuju kalo liburan merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi kalo Lo menghabiskan waktu liburan bareng temen-temen atau sahabat Lo, pasti seru banget. Pecah kalo kata anak jaman sekarang. Haha. Bayangin aja, Lo bisa ngabisin waktu untuk seru-seruan bareng sama temen dan sahabat Lo di tempat favorit kalian. Lo bisa Jalan-jalan, nongkrong, atau sekedar ngobrol mengenai kebodohan masa lalu kalian, itu udah seru banget, Bro.

Tapi, seiring dengan semakin padatnya kesibukan, liburan bareng sama teman kadang susah untuk direalisasikan. Biasanya, yang paling sering kejadian itu adalah pas awalnya doang semangat, rencana udah dibuat, list biaya udah ada, begitu mau hari H pada cancel. Basi gak nih kalo kaya gini, Bro?

Nah Bro, supaya rencana liburan Lo gak gagal lagi Gw punya tipsnya nih. Yuk dibaca, Bro!

1. Sebelum merencanakan hal lainnya, Lo harus tentuin dulu tujuan Lo kemana

Nah untuk nentuin tempat, Lo harus rembukan dulu sama temen-temen Lo mengenai mana tempat yang kalian suka dan pengen kalian kunjungi. Dalam memilih tempat jangan sampe nih diputuskan oleh satu pihak saja tapi harus semua orang supaya semua orang nanti bisa enjoy liburannya dan memang ingin kesana.

Supaya kalian excited, pilihlah tempat yang kira-kira belum kalian kunjungi dan kalian emang ingin kesana. Biasanya, kalo orang udah penasaran, keinginan untuk join lebih besar Bro. Beda halnya kalo misalnya udah pernah, maka kemungkinan gak ikutnya juga gede. Gitu Bro kira-kira.

2. Tempat udah nemu, tinggal bikin perkiraan biayanya

Biasanya, faktor yang paling sering jadi kendala seseorang untuk tidak ikut liburan adalah karena faktor biaya. Maka, susunlah perkiraan biaya terlebih dahulu dari mulai biaya akomodasi, konsumsi, transportasi, dan biaya-biaya lainnya. Carilah alternatif-alternatif yang memberikan harga lebih murah untuk keperluan-keperluan yang Gw sebutin tadi supaya nanti total biaya yang diperlukan tidak terlalu besar. Setelah Lo punya rincian biaya yang diperlukan, Lo bisa share rincian biaya tersebut sama temen-temen Lo apakah mereka oke atau keberatan.

Kalo misalnya biaya yang udah Lo rinci tadi ternyata temen-temen Lo ngerasa itu kemahalan, maka kalo memungkinkan Lo bisa memangkas biaya-biaya yang dikira tidak perlu atau Lo mencari alternatif lain yang memberikan harga yang lebih murah lagi. Yang penting semua temen Lo bisa ikut.

3. Tempat udah ada, rincian biaya juga udah, sekarang saatnya nentuin jadwal

Usahakan untuk membuat jadwal keberangkatan jauh-jauh hari sebelum hari H supaya Lo dan temen-temen Lo bisa mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dengan matang. Sekali lagi, Lo harus berembuk untuk menentukan kapan kalian akan berangkat menuju tempat berlibur yang sudah kalian tentukan sebelumnya.

Pastikan jadwal yang kalian buat gak bentrok sama jadwal Lo atau temen Lo. Kalo misalnya memungkinkan, Lo harus punya jadwal alternatif Bro untuk jaga-jaga kalo misalnya ternyata jadwal yang pertama kalian sepakati ternyata tidak memungkinkan.  Emang agak ribet sih karena ini akan berhubungan dengan booking penginapan dan lain sebagainya, tapi kalo misalnya bisa,  berarti Lo juga harus membuat jadwal alternatif untuk booking penginapan dan lain-lain.

Intinya Bro, buatlah jadwal yang memang semua orang memang bisa mengikutinya. Supaya gak ada orang yang cancel atau gak bisa join.

4. Untuk masalah biaya, buatlah tabungan bersama

Setelah Lo sudah menentukan tempat, jadwal, dan biaya, maka sekarang saatnya Lo harus memastikan bahwa biaya yang diperlukan nanti itu ada. Jangan sampe cuman rencana doang Bro, karena kalo gak ada ya rencana liburan Lo bisa sia-sia.

Untuk memastikan dana yang diperlukan untuk liburan nanti itu ada, Lo bisa membuat tabungan bersama, Bro. Misal Lo pilih orang yang bisa dipercaya untuk menyimpan semua setoran yang Lo dan temen-temen Lo kumpulkan untuk kebutuhan liburan nanti. Jadwalkanlah waktu untuk melakukan setoran misal seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung kapan Lo akan berangkat. Jadi ketika nanti waktunya tiba, semua orang sudah memiliki dana untuk pergi liburan. Gak ada lagi deh alasan gak ada dana. Hehe.

5. All set, tinggal jaga kesehatan aja Bro

Nah, kalo rencana dan persiapan udah siap maka Lo tinggal menjaga kesehatan Lo aja, Bro. Jangan sampe nih pas hari H nanti Lo gak bisa ikut karena Lo lagi sakit. Lo bisa olah raga dan mengkomsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi supaya badan Lo tetap fit sampe hari H nanti. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup supaya Lo gak kelelahan pas nanti liburan.

Nah Bro, Gw kira itu aja yang harus Lo lakukan ketika merencanakan liburan bareng temen-temen Lo. Biar liburan Lo bisa berjalan lancar, jangan lupa untuk mengkomunikasikan segala halnya bareng temen-temen Lo dan pikirkanlah semuanya bareng-bareng!

Oke deh, dari Gw itu aja. Semoga bermanfaat dan jangan Lupa di share ya! Selamat berlibur!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini