gentlemancode.id
10 Cara Untuk Mengetahui Seseorang Berbohong

10 CARA UNTUK MENGETAHUI SESEORANG BERBOHONG

Published on Thursday, 02 June 2016

Gentleman, untuk mengetahui orang sedang berbohong atau tidak memang tidak mudah. Saat orang sedang berbohong kepada Anda, biasanya anda akan mulai curiga dan mulai berfikir tentang apa yang Anda ragukan.

Sebetulnya, Anda bisa mengetahui orang sedang berbohong atau tidak. Berikut gentlemancode akan memeberikan ulasannya.

1. Bahasa Tubuh

Jika anda curiga terhadap seseorang sedang berbohong atau tidak, coba anda lebih memperhatikan gerak tubuh atau gestur tubuh orang tersebut dibandingkan perkataannya. Seseorang yang sedang berbohong biasanya lebih nyaman untuk menyembunyikan tangannya (memasukan tangan kedalam saku, mendudukinya, atau meletakan tanggannya dibelakang pinggang), dan pembohong biasanya cenderung susah untuk duduk dengan lurus atau tegak.

2. Menghindari Kontak Mata

Hal ini sudah menjadi reaksi alamiah manusia, di mana mereka tidak bisa menatap mata lawan bicara ketika sedang berbohong.  Oleh karena itu, cobalah untuk menatap mata lawan bicara anda dalam-dalam ketika ia sedang mengungkapkan sesuatu.  Jika ia mengalihkan pandangan dari anda, kemungkinan besar hal yang ia katakan adalah sebuah kebohongan.

3. Gugup

Orang yang sedang berbohong cenderung akan lebih gugup, hal ini dikarenakan dalam kebohongan pasti ada sesuatu yang dirahasiakan, dalam artian tidak ingin disampaikan kepada lawan bicaranya.

4. Mengalihkan topik pembicaraan

Seseorang yang sedang berbohong pasti akan merasa tidak nyaman apabila membicarakan topik yang membuatnya untuk menanggapi dengan suatu kebohongan. Apalagi bila kita menanyakan atau membicarakan sesuatu yang mencurigakan, orang yang berbohong malah semakin merasa tidak nyaman. Sehingga dia akan berusaha untuk mengalihkan topik pembicaraan yang sedang dibahas. Orang yang berbohong juga biasanya lebih sering mengajak kita untuk membicarakan topik-topik yang kita sukai sehingga kita tidak akan memiliki kecurigaan kepadanya.

5. Senyum Yang Dipaksakan

Senyum yang dipaksakan bisa dikatakan juga sebagai senyum yang palsu. Seseorang yang sedang berbohong cenderung memberikan senyum palsu, seperti menyeringai tanpa alasan yang jelas saat sedang asyik dalam pembicaraan. Hal ini dilakukan oleh orang yang berbohong untuk menutupi apa yamg sedang disembunyikannya.

Karena dalam ilmu psikologi juga dikatakan bahwa senyum yang sebenarnya, jujur dan tulus, maka saat senyum tersebut merekah akan merebak ke seluruh wajah dan mengeriputkan mata. Hal ini bisa kita buktikan sendiri di depan cermin. Cobalah perhatikan ekspresi wajah kita saat tersenyum (yang sebenarnya) dengan menyeringai (senyum yang dibuat-buat).

6. Cara Bicara Yang Tidak Natural

Kebohongan bisa membuat orang yang mengatakannya menjadi tidak natural dalam berbicara.  Ia cenderung menambahkan terlalu banyak detail pada topik pembicaraan, menyisipkan humor-humor yang terkesan dipaksakan, atau bahkan menjadi diam dalam durasi waktu yang cukup lama.  Pastikan pula anda menangkap tanda-tanda ketidak laziman ini jika ingin mendeteksi kejujuran seseorang.

7. Mengalihkan Topik Pembicaraan

Rasa tidak nyaman ketika sedang berbohong cenderung membuat si pembohong tak ingin terus menerus membicarakan topik tersebut.  Ia akan mencoba mengganti bahan pembicaraan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, melakukan aktivitas lain, atau menggunakan berbagai sindiran dan sarkasme untuk meninggalkan topik tersebut.

8.  Nada Suara Yang Cenderung Rendah

Penelitian psikologis membuktikan bahwa saat orang sedang berbohong, ia cenderung memelankan suaranya dan membuat nada suaranya terdengar rendah, bahkan nyaris berbisik.  Oleh karena itu, jika anda sedang bercakap-cakap dengan nada berapi-api, kemudian tiba-tiba gaya bicara partner anda menjadi lebih pelan dan monoton, ada kemungkinan saat itu ia sedang berbohong.

9.  Amati Cara Dia Bernapas

Ketika sedang berbohong, orang cenderung untuk bernapas dengan cepat, bahkan hampir terengah-engah.  Namun ada pula saat-saat di mana ia berhenti bernapas sama sekali atau mengambil napas panjang, sebagai usaha si pembohong untuk menenangkan dan mengontrol dirinya.  Nah, perubahan dalam bernapas ini bisa menjadi salah satu ciri orang berbohong.

10.  Mencoba Meyakinkan Anda Secara Berlebihan

Seorang pembohong selalu dihantui rasa takut jika kebohongannya terbongkar.  Oleh karena itu, secara tidak sadar mereka berusaha meyakinkan anda secara berlebihan, dengan menggunakan kata-kata, "Percayalah", "Saya mengatakan hal ini sejujurnya", "Sebenarnya...", atau bahkan "Demi Tuhan...".  Jika anda melihat tanda-tanda tidak natural ini, bersiap-siaplah untuk mengantisipasi kebohongannya.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini