gentlemancode.id
10 Negara Ini Diprediksi Memimpin Perdagangan Dunia 2050, Ada Indonesia?

10 NEGARA INI DIPREDIKSI MEMIMPIN PERDAGANGAN DUNIA 2050, ADA INDONESIA?

Published on Friday, 29 December 2017

Prediksi mencengangkan datang dari organisasi konsultasi ekonomi internasional yang menceritakan bahwa bakal muncul negara baru yang akan menjadi raksasa perdagangan pada tahun 2050 akan datang. Indonesia yang senantiasa menyandang status negara berkembang diramal akan naik kasta dan ikut serta menjadi penentu perekonomian dunia.

Seperti kita kenal, perekonomian dunia saat ini cukup lesu dan cukup bikin ketar ketir para pemimpin negara di dunia. Tiongkok yang digadang-gadang mempunyai perekonomian paling stabil juga ikut serta menampilkan penurunan. Lebih mirisnya, negara super power seperti Amerika Serikat masih terseok-seok dari carut-marut ekonomi dan politik yang berkepanjangan. 

Angin segar kemudian datang dari seorang opini ekonom kenamaan, Willem Buiter seorang pengamat ekonomi dari organisasi riset Citygroup mengungkapkan bahwa krisis ekonomi akan selesai masanya. Willem memprediksi bakal ada 10 negara baru yang akan menjadi raksasa perdagangan di tahun 2050. Berikut negara-negara yang akan menjadi komponen dari top 10 raksasa ekonomi internasional.

Jepang

Dilema ekonomi dan sumber daya manusia yang dialami Jepang belakangan ini tidak membuat negara ini patah semangat. Menurut prediksi Willem, Jepang akan tetap ada di puncak perkenomian di tahun 2050 nanti, Jepang diperkirakan akan menempati posisi kedelapan dengan pangsa pasar 2,7 persen dan membukukan $7,6 triliun. 

Hongkong

Bertetangga dengan Korea dan Jepang, perekonomian Hongkong juga di prediksi akan merangkak naik dengan stabil. Prediksi Citigroup memaparkan bahwa pada tahun 2050, skor perdagangan Hongkong akan menyentuh pangsa pasar hingga 2,3 persen dengan skor  $8,5 triliun. Sebelumnya, pada tahun 2030 Hongkong diprediksi akan akan punya skor perdagangan sebesar $3,8triliun. Naik dua kali lipat signifikan dan cukup mencengangkan. Tidak ada yang menyangka bahwa Hongkong yang bahkan tidak masuk 10 besar pada tahun 2010 lalu, malah mampu memimpin perekonomian dunia di masa depan.  

Inggris

Sempat diterpa kabar miring bahwa perekonomian negara ini sedang goyah, Inggris diprediksi akan mempertahankan gelarnya sebagai raksasa perdagangan dunia. Pasalnya, Inggris diprediksi akan mampu membukukan perekonomian global dengan angka yang fantastis. Dan pada tahun 2050, 2,1 persen perekonomian dunia akan ada dalam genggaman Inggris dengan skor $6,02 triliun. 

Singapura

Peningkatan cukup signifikan diperkirakan akan terjadi para perekonomian negara Singapura. Pada tahun 2030, Singapura akan merajai 2,7 persen perdagangan global dengan angka $3,2 triliun. Belum lagi pada tahun 2050 yang menempuh skor $6,8 triliun atau sebesar 2,4 persen! 

Indonesia

Walaupun terus menerus dilanda gundah gulana perekonomian yang tak henti-henti, siapa sangka lho kalau fakta kondisi Indonesia saat ini berbanding terbalik dengan prediksi dari Citigroup. Kalau Bahasa Jawa nya "alon alon asal kelakon", perekonomian Indonesia Akan terus meningkat, malahan akan menjadi salah satu raksasa perekonomian dunia di tahun 2050. Indonesia di prediksi bisa mengantisipasi kenaikan perekonomian dengan skor $8,8 triliun atau berimbang dengan 3,1 persen pangsa pasar dunia. 

Korea Selatan

Sumbangsih perekonomian Korea Selatan diramalkan juga akan menempuh 3,4 persen dengan skor $9,7 triliun. Peningkatan ini bisa dikatakan merupakan akibat pengaruh Korsel di bidang teknologi komputerisasi dan juga bidang entertainment (baca : K-Pop, K-Drama, dan K-apalagi lha itu) yang menjadi trademark Korea Selatan. 

Jerman

Di antara negara Eropa lainnya, Jerman adalah negara dengan perekonomian yang cukup stabil. Bisa di bilang kalau negara ini masuk sebagai salah satu raksasa perdagangan dunia di masa depan, itu sudah biasa. Jerman diramalkan mampu merajai 3,5 persen pangsa pasar dunia dengan skor $9,9 triliun. 

Amerika Serikat

Hingga awal tahun 2018 ini, Amerika Serikat masih menempati posisi teratas sebagai pemimpin perekonomian dunia. Nah diperkirakan Amerika Serikat akan tergeser dari posisi atas dan harus berlapang dada ada di posisi ketiga tahun 2050 nanti. Diperkirakan Amerika Serikat akan merajai perdagangan sebesar $19,1 triliun dengan pangsa pasar senilai 6,6 persen. 

India

Salah satu penentu tingkat perekonomian India yaitu populasi penduduknya yang luar biasa banyak ke 2 di dunia. India diramalkan akan menumbangkan Amerika Serikat, India meraup pangsa pasar sebesar 9 persen dengan skor perdagangan  $25,7 triliun. 

Tiongkok

Tiongkok atau sebelumnya kita kenal dengan nama Cina di prediksi akan menjadi ancaman paling berbahaya penguasa-penguasa perdagangan sebelumnya. Kenaikan yang cukup signifikan menampilkan perubahan besar geliat perekonomian negara dengan populasi terbanyak di dunia ini. Bayangkan saja, pada tahun 2050 nanti pangsa pasar Tiongkok akan naik 18,2 persen dan akan membukukan $52,2 triliun. 

Semoga saja prediksi dari Citigroup ini akan memberikan pengaruh positif pada perekonomian Indonesia ya. Seandainya ramalan ini benar-benar terjadi, mari kita berharap perkembangan tersebut juga merata hingga ke pelosok desa di Nusantara.

Sumber artikel : Swara Tunaiku 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini