gentlemancode.id
5 Cara untuk mencegah Haus Yang Berlebihan Saat Puasa

5 CARA UNTUK MENCEGAH HAUS YANG BERLEBIHAN SAAT PUASA

Published on Monday, 06 June 2016

Puasa disaat cuaca yang cenderung panas bisa dibilang tidaklah mudah, kenyataannya menahan haus lebih susah dibandingkan dengan menahan lapar. Nah, bagaimana caranya mencegah haus yang berlebihan ketika menjalan ibadah puasa? Mari ikuti trik dibawah ini.

1. Hindari makanan asin atau pedas

Ahli gizi dari Dubai Health Authority, Dr Wafa Ayesh menuturkan mengkonsumsi makanan yang asin akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air secara drastis dan membuat perut mudah kembung. Sementara itu, konsumsi makanan pedas juga membuat kita lebih cepat haus. Sebaiknya pilih makanan yang dicerna tubuh lebih lama seperti gandum, bayam, dan almond.
 

2. Hindari Gula

Selain rasa asin, rasa manis juga dapat membuat tenggorokan terasa kering saat berpuasa. Oleh karena itu,saat sahur sebaiknya Anda tidak mengonsumsi minuman yang banyak diberi gula. Kalau minuman Anda tidak manis, Anda bisa tambahkan susu manis agar terasa manis.

3. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur tinggi kandungan air dan serat. Hal ini membuat sistem pencernaan lebih sehat dan mengurangi rasa haus saat berpuasa. Cobalah konsumsi buah ini saat sahur atau berbuka puasa.

4. Minum Banyak Air Mineral

Setiap orang di wajibkan untuk mengonsumsi air sebanyak 8 gelas per hari. Saat berpuasa kita akan kekurangan cairan, oleh karena itu, sebaiknya saat berbuka sampai sahur Anda perbanyak minum air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Anjuran minum delapan gelas per hari tetap berlaku saat Anda berpuasa, ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, namun caranya perlu dirubah yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa dan 4 gelas di malam hari.

5. Hindari Minum Air Es

Setelah berpuasa sepanjang hari minum air es saat berbuka memang sangat menggoda, namun perlu diingat air es tidak dapat menghilangkan rasa haus. Air es justru memicu pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Sebaiknya, minum air pada suhu kamar atau tidak terlalu dingin.
 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini