gentlemancode.id
5 Hal Yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi Filmmaker

5 HAL YANG HARUS DIKUASAI UNTUK MENJADI FILMMAKER

Published on Friday, 30 March 2018

Dunia perfilman selalu berkembang dari waktu ke waktu. Kemajuan teknologi di dunia perfilman itu mampu membuat banyak hal yang signifikan seperti efek editing, movement kamera, resolusi gambar, sampai hal seperti CGI.

Tapi jangan salah bro, mengikuti perkembangan kemajuan teknologi perfilman bukan satu-satunya hal yang harus dikuasai kalau Lo mau jadi seorang fillmaker.

Lo nggak akan bisa menjadi seorang filmmaker yang baik kalau nggak punya kemampuan-kemampuan yang lain. Buat Lo yang berminat terjun ke dunia pembuatan film, pahami lima kemampuan wajib ini untuk menjadi filmmaker yang baik dilansir dari lafilm.edu:

1. Selalu Update Dengan Software dan Teknologi Terbaru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemajuan teknologi yang pesat pun dialami dalam bidang perfilman. Mulai dari kamera super canggih, animasi yang makin mirip dengan gambar nyata atau sampai aksesoris kamera yang juga semakin mempermudah kerja para pembuat film.

But It's not always about the gun, but man behind the gun. Ungkapan itu juga harus Lo pahami banget lho bro, secanggih apapun teknologinya kalau Lo nggak punya teknik dasar membuat sebuah film ya bakal sama aja. Kuasai betul hal-hal seperti teknik pengambilan gambar, lighting, sound, special effects sampai proses editing atau bahkan sampai ke tahap promosi juga.

Kalau Lo sudah mengerti flow-nya dengan baik, maka kemajuan teknologi hanyalah bersifat pelengkap dan tambahan yang tidak bisa mengubah identitas dan karakter film yang Lo buat.

2. Kreativitas Tanpa Batas

Tidak akan mungkin sebuah film tercipta tanpa adanya kreativitas dari pembuatnya. Posisi apapun itu, mulai dari proses pre-production, production sampai post-production sangat membutuhkan sebuah kreativitas.

Ketika Lo bekerja sebagai filmmaker, walaupun berada di posisi yang kurang Lo minati, Lo dituntut tetap bisa berpikir kreatif, bro! Ide kreatif yang solid dari keseluruhan anggota tim akan membuat film tersebut bisa menjadi sebuah karya yang membuat para pembuatnya "go to the next level".

Cara untuk tetap kreatif itu sebenarnya nggak terlalu sulit kok. Lo jangan sampai malas untuk membaca, menonton, bahkan berdiskusi dengan pihak lain. Tukar pikiran itulah yang bisa membuat otak Lo tetap berpikir jernih dan kreatif.

3. Mampu Menceritakan Sebuah Cerita Melalui Tulisan dan Gambar

Tentu ada maksud dan tujuan yang ingin disampaikan oleh para filmmaker melalui film yang mereka buat tersebut. Ada pesan, kritik sosial, lelucon, cerita horror bahkan drama percintaan yang ingin dibagikan kepada para penontonnya.

Memang tidak semua orang mampu menulis naskah atau membuat storyboard yang menarik dan bisa banyak diterima orang. Tapi di situlah tantangan seorang filmmaker yang harus mereka taklukan. Lo harus bisa memastikan kalau para penonton menangkap isi dari cerita Lo melalui gambar sampai naskah yang diucapkan oleh para pemain agar sama dengan apa yang ingin Lo sampaikan.

4. Mampu Membuat Keputusan

Posisi apapun yang Lo kerjakan di dalam sebuah pembuatan film akan selalu mengharuskan pelakunya mampu mengambil keputusan-keputusan penting demi kepentingan bersama. Pahami juga role yang Lo miliki, cari tau tentang bagaimana job desc yang Lo kerjakan karena itu berpengaruh dengan kru yang lain, begitu juga sebaliknya.

Dalam setiap perjalanan dalam membuat film pasti akan ada saja rintangan tak terduga yang menghadang seperti cuaca yang tiba-tiba memburuk, talent atau kru yang tiba-tiba sakit, alat-alat yang tiba-tiba rusak dan lain-lain. Di situlah peran para kru masing-masing bidang untuk mampu membuat keputusan cepat tapi juga tepat agar produksi tetap berjalan sesuai rencana.

5. Yang Terakhir, KOMUNIKASI

Tidak ada hal di dunia ini yang lebih penting dari sebuah komunikasi yang baik bro, itulah mengapa komunikasi menjadi hal yang paling penting dari sebuah pembuatan film. 

Komunikasi antara produser, sutradara, kameraman, talent maupun editor harus benar-benar berjalan dua arah agar terhindar dari kesalahpahaman. 

So, tertarik belajar menjadi filmmaker bro?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini