gentlemancode.id
5 Hal sederhana yang bisa Lo lakukan untuk mengurangi sampah

5 HAL SEDERHANA YANG BISA LO LAKUKAN UNTUK MENGURANGI SAMPAH

Published on Wednesday, 17 July 2019

Sebagai manusia, setiap harinya kita pasti menghasilkan banyak sampah. Dengan banyaknya manusia yang tinggal di bumi ini, dan setiap waktu yang terus berjalan, sampah semakin hari semakin banyak dan terus menerus meningkat. Sekarang ini, kita udah sering banget menemukan sampah di tempat-tempat yang tidak seharusnya, seperti pantai atau laut. Miris nggak sih, bro?

Meskipun soal sampah ini emang udah fucked up, bukan berarti kita nggak bisa do something. Kalo Lo  peduli dan Lo punya niat, kita bisa melakukan perubahan, melalui tidandakan-tindakan yang sederhana. Sederhana, namun memiliki dampak.

Dibawah ini adalah lima hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan, yaitu:

1. Menggunakan botol minum sendiri

Cara mengatasi sampah pertama yang bisa Lo lakukan adalah menggunakan botol minum sendiri yang bisa Lo pake berulang-ulang, bro. Botol minum plastik adalah salah satu sumber polusi plastik yang bisa kita temukan dimana-mana. Emang sih, botol plastik itu emang praktis banget, karena sekali pake bisa langsung Lo buang aja. Tapi Lo perlu tahu nih bro bahwa botol minum sekali pakai ini sangat membahayakan lingkungan. Untuk itu, kita bisa mengurangi masalah ini dengan membawa sendiri botol minuman yang bisa kita pake berulang-ulang. Dengan begitu, sampah plastik bisa sedikit berkurang, bro.

2. Membawa kotak makanan sendiri

Tidak bisa kita pungkiri bahwa banyak sekali tempat makan di luar sana yang menghidangkan makanannya dengan wadah plastik yang ujung-ujungnya wadah-wadah tersebut akan dibuang. Bayangin bro berapa banyak sampah yang dihasilkan dalam sehari dari satu tempat makan saja! Dengan Lo membawa tempat makanan sendiri, Lo akan sangat-sangat membantu dalam mengatasi sampah. Jadi, ketika Lo pesen makanan di tempat makan yang menggunakan wadah sekali pakai, Lo bisa menggunakan kotak makanan Lo sendiri sebagai wadah. Praktis kan?

3. Gunakan sedotan non-plastik

Mengganti sedotan plastik dengan sedotan stainless atau bambu sedang trending belakangan ini, bro. Sedotan plastik faktanya sangat membahayakan lingkuangan. Sedotan stainless atau bambu sangat ramah lingkungan karena Lo bisa menggunakannya berulang kali. Sekarang udah banyak kok yang jual jenis sedotan ini, seperti misalnya dari bambukeun.id. Nah, bambukeun.id ini punya sedotan dari bambu yang menurut Gw praktis dan bentuknya juga keren. Kalo Lo beli sedotan di bambukeun.id, Lo bakalan dapet sedotan (ya iya lah, kan emang beli sedotan, haha), wadah sedotan, dan pembersih. Lengkap kan? Selain itu, bentuknya juga praktis banget jadi Lo bisa dengan mudah membawa sedotan ini kemana-mana. 

Kalo Lo berminat, Lo bisa beli sedotannya di link ini bro: bit.ly/bambukeuntokped. Selain itu, Lo juga bisa kepoin produk-produk bambukeun.id di sini: https://www.instagram.com/bambukeun.id/.

4. Gunakan reusable bag untuk belanja

Seperti yang Lo semua udah pada tahu bahwa sampah plastik merupakan sumber sampah terbesar setelah sampah masyarakat, hehe. Jadi, kalo misalnya Lo belanja, kalo bisa sih Lo bawa tas khusus untuk membawa belanjaan Lo. Satu reusable bag yang Lo gunakan bisa membantu mengurangi sampe ratusan sampah plastik lho.

5. Mendaur ulang

Hal ini udah sering banget kita dengar dan sering banget digaungkan, namun untuk menerapkannya kadang terasa sulit. Ya bro, menerapkan pola hidup zero waste living itu nggak segampang yang Lo kira ternyata.

Tapi, kalo kita tidak membiasakan diri untuk mendaur ulang, maka permasalahan sampah ini nggak akan selese-selese. Butuh niat yang kuat dan usaha yang konsisten untuk menerapkan ini. Kalo Lo udah bisa menerapkan kebiasaan mendaur ulang, maka Lo udah berperan besar dalam menjaga lingkungan.

Sebetulnya banyak banget cara yang bisa Lo lakukan untuk menjaga lingkungan khususnya cara untuk mengatasi sampah. 5 hal yang Gw sebutin tadi hanya sebagian kecil dari banyak sekali usaha yang bisa Lo lakukan untuk menyelamatkan bumi tempat tinggal kita ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya, mari jaga bumi dan bijaksanalah dalam membuang sampah. Thanks and have a nice day, bro!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini