gentlemancode.id
5 Minuman Anti Mainstream yang cocok untuk dinikmati ketika musim hujan

5 MINUMAN ANTI MAINSTREAM YANG COCOK UNTUK DINIKMATI KETIKA MUSIM HUJAN

Published on Monday, 02 October 2017

Kalo kita mendengar tentang musim penghujan, minuman yang pertama kali kebayang biasanya adalah minuman-minuman hangat yang masih mengepul dari cangkir atau gelasnya. Biasanya orang-orang memillih teh manis hangat atau kopi hangat untuk dijadikan teman ketika hujan. Tetapi, apakah hanya minuman itu saja yang bisa menjadi pilihan?

Nah Bro, daripada Lo hanya minum minuman yang itu-itu aja, sebaiknya Lo coba beberapa resep minuman sehat ini, Bro! Pasti jauh lebih asik.

1. Cokelat panas dengan nutella

Ketika Lo terjebak di rumah karena hujan deras, segalas cokelat panas pasti akan bisa bikin hari Lo lebih hangat, Bro. Tapi, cokelat tersebut akan lebih asik lagi kalo Lo menambahkan elemen lain ketika menyajikannya.  Nah, Lo bisa tambahin Nutella Bro biar lebih nendang.

Bahan-bahan yang Lo butuhkan adalah:

- 4 cangkir susu low fat
- 2 sdm Nutella
- 2 sdm kakao bubuk
- 2 sdm gula/pemanis alami
- Marshmallow
- Kacang hazelnut
- Potongan cokelat

Cara bikinnya gampang banget Bro. Lo tinggal panasin susu dengan suhu yang rendah. lalu masukan Nutella ketika susu sudah mengeluarkan uap. Setelah itu, masukan juga kakao bubuk dan pemanis. Aduk sampe merata, lalu tuangkan kedalam gelas favorit Lo. Setelah itu tambahkan marshmallow, cokelat, dan lebih banyak lagi Nutella. Hmmmm.

Bayangin Lo menikmati minuman tersebut di teras rumah Lo sambil Lo menikmati turunnya hujan. Kalo kata si Al sih sadeeees. Haha.

2. Cokelat putih mint panas

Cokelat memang bisa dipadukan dengan berbagai bahan lain untuk menciptakan minuman yang nikmat untuk dihidangkan.  Maka dari itu, perpaduan cokelat panas dan mint menyegarkan ini wajib banget untuk Lo coba, Bro.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

- 3 cangkir susu
- 1 cangkir krim
- 300 gram chip cokelat putih
- 1 sdt ekstrak peppermint
 - seperempat sdt ekstrak vanila
- Beberapa tetes pewarna makanan hijau
- Marshmallow dan es krim untuk topping

Untuk membuatnya, masak krim dan susu dalam panci. Gunakan api sedang hingga mengeluarkan uap, dan jangan sampai berbuih. Masukkan cokelat putih dan aduk hingga tercampur merata. Ketika teksturnya sudah terasa creamy, tuangkan ekstrak dan pewarna makanan. Ketika campuran sudah diaduk hingga lembut, sajikan selagi hangat.

Agar makin sedap, tambahkan marshmallow dan es krim beku sebagai topping. Sensasi dingin dan panas bersatu dalam mint cokelat putih panas dijamin akan memberikan kepuasan tersendiri buat Lo. Rasanya rame, Bro!

3. Teh rempah ala India

Buat Lo yang pengen bersantai sambil nonton film seri favorit Lo atau dengerin musik favorit Lo, maka minuman ini wajib dijadikan temen santai Lo. Minuman ini dijamin akan membuat Lo lebih rileks dan dapat membuat acara santai Lo jadi lebih maksimal.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

- 4 kantung teh hitam
- 2 cangkir susu putih
- Sepotong kecil jahe
- 2 batang kayu manis
- 8 potong cengkeh
- 8 biji lada hitam kering
- 8 biji kapaluga
- 8 sdm gula

Untuk membuat teh ala India ini, tumbuk kapaluga, cengkeh, dan biji lada hitam terlebih dahulu. Lalu, taruh rempah-rempah yang sudah ditumbuk tadi didalam panci. Selanjutnya, masukkan kayu manis, jahe, susu, dan juga air dua cangkir. Kemudian, rebus semuanya sampe mendidih.
Setelah itu, biarkan campuran mendingin untuk sesaat. Masih dalam keadaan hangat, masukkan kantung teh ke dalam panci dan diamkan selama 10 menit.

Kehangatan teh yang diperkuat oleh rempah-rempah tadi akan memberikan rasa pedas yang akan membuat Lo lebih rileks.

4. Arum sari wedang

Minuman yang satu ini juga mengandung rempah-rempah dan memiliki cita rasa alami ala Indonesia. Kalo Lo belum pernah mencobanya, musim hujan ini adalah waktu yang pas untuk mencoba minuman tradisional wedang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

- 15 gram secang
- 300 gram jahe
- 3 batang serai
- Selembar daun pandan
- 100 gram gula pasir
- 250 ml air
- Setengah sdt garam
- 100 gram susu kental manis

Untuk membuatnya Lo harus memasak air dalam panci terlebih dahulu. Ketika air mulai berbuih, masukkan rempah-rempah seperti secang, jahe, serai, dan pandan. Gunakan api kecil dan aduk campuran sampe terasa wangi. Setelah semuanya tercampur dengan cukup baik, masukkan gula pasir dan garam. Terakhir, tambahkan susu kental manis dan aduk hingga merata.

5. Bajigur

Bajigur adalah salah satu minuman khas dari tanah pasundan, Bro. Minuman yang berbahan dasar santan kelapa kental yang dicampur dengan gula merah dan sedikit kopi ini memang sudah sangat terkenal. Bukan hanya karena rasanya yang nikmat, tetapi lebih dari itu minuman ini sangat cocok bila disajikan ketika musim penghujan atau cuaca dingin sehingga sangat pas untuk menghangatkan tubuh.

Bahan-bahamn yang dibutuhkan adalah:

- 1000 ml santan kental
- 2 sendok makan kopi hitam
- 100 gr gula jawa merah ( diiris halus )
- 2 lembar daun pandan ( dibentuk sampul )
- 2 sendok makan gula pasir
- Setengah sendok teh garam dapur halus

Untuk membuatnya, pertama rebuslah air santan hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Kemudian masukkan gula jawa, kopi hitam dan gula pasir kedalam rebusan tersebut, lalu aduk. Kalo rebusan tersebut sudah mendidih kembali, masukkan daun pandan dan garam sambil diaduk-aduk dan tunggu sampai harum. Setelah itu angkat lalu saring sebelum bajigur disajikan agar tidak terlalu keruh.

Untuk mendapatkan rasa bajigur yang lebih nendang, Lo bisa menambahkan roti atau kacang sebagai topping.

Gimana Bro, gak ribet kan? Tunggu apa lagi? Yo, langsung aja coba resep-resep ini sebelum musim penghujan berakhir!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini