gentlemancode.id
5 hal yang bisa Lo lakukan agar tidak terbawa arus di perantauan

5 HAL YANG BISA LO LAKUKAN AGAR TIDAK TERBAWA ARUS DI PERANTAUAN

Published on Saturday, 07 April 2018

Buat Lo yang mengadu nasib atau menuntut ilmu jauh dari kampung Lo, Lo tentu akan dihadapkan dengan budaya baru yang mungkin jauh berbeda dengan kebiasaan Lo ketika di daerah asal Lo. Kalo Lo nggak kuat iman, Lo bisa kebawa kepada hal-hal negatif yang jelas akan merugikan Lo sendiri, bro. Udah banyak lah kasus kaya gitu dimana orang yang tadinya baik, begitu kerja atau kuliah jadi berubah karena salah pergaulan. Nah, Lo jangan sampe kaya gini bro. Jangan sampe mengecewakan orang tua dan kerabat Lo di daerah asal Lo.

Hidup di perantauan itu emang harus kuat dalam segala hal, supaya Lo nggak terombang-ambing sama yang namanya arus pergaulan. Bergaul boleh sama siapa aja, tapi jangan sampe Lo jadi kebawa-bawa.

Dibawah ini adalah 5 hal yang bisa Lo lakukan agar Lo tidak terbawa arus di perantauan. Simak baik-baik ya, bro.

1. Fokus sama tujuan Lo

Ketika ada godaan yang datang menghampiri Lo, coba Lo ingat lagi apa tujuan Lo merantau. Apakah Menuntut ilmu atau mencari nafkah? Nah, Lo harus fokus bro sama tujuan Lo itu jangan sampe Lo teralihkan oleh hal-hal nggak penting yang akan ngeganggu fokus tujuan Lo. Selain itu, ingat juga orang-orang yang Lo tinggalkan di kampung halaman Lo,  Lo nggak mau kan mengecewakan mereka?

2. Lo harus bisa untuk bilang tidak

Biasanya, banyak orang yang akhirnya kebawa kepada hal-hal negatif disebabkan karena diawali oleh rasa nggak enakan. Nggak enak buat nolak dan akhirnya Lo jadi ikutan. Nah, yang kaya gini jelas salah bro. Lo harus buang jauh-jauh rasa nggak enak Lo. Kalo Lo emang ngerasa sesuatu hal itu nggak baik maka Lo jangan ragu untuk berkata tidak. Jangan takut dibilang nggak asik, dan santai aja bro. Lo harus kuat menghadapi hal-hal seperti ini jangan gampang goyah.

3. Ingat keluarga Lo

Keluarga Lo pasti punya harapan tinggi sama Lo dan mereka pasti bangga sama Lo apapun pencapaian Lo. Bayangkan kalo misalnya mereka tau kalo Lo melakukan hal-hal tidak baik di perantauan, jelas ini akan membuat mereka kecewa dan sedih. Jadi bro, ingatlah selalu orang-orang penting yang Lo tinggal di kampung halaman. Ingatlah harapan mereka sama Lo seperti apa. 

4. Jangan salah memilih teman

Kalo ada orang yang mengatakan bahwa kalo punya teman itu jangan pilih-pilih maka pernyataan itu jelas salah, bro. Banyak yang akhirnya terjerumus kepada hal-hal negatif dikarenakan salah memilih teman. Lingkungan Lo itu punya pengaruh yang besar terhadap kebiasaan Lo, kalo misalnya lingkungan Lo di isi oleh teman-teman yang nggak baik maka otomatis Lo juga akan kebawa. Sesederhana itu bro.

5. Isi waktu luang Lo dengan kegiatan positif

Ketika Lo punya waktu luang, Lo harus manfaatkan waktu tersebut dengan mengisinya dengan kegiatan positif, bro. Lo bisa melakukan hobi Lo, Lo bisa jalan-jalan bareng temen Lo, Lo bisa ikut bakti sosial, atau Lo gunakan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Pokoknya jangan sampe Lo ngasi kesempatan kepada hal-hal negatif menghampiri Lo. Dengan Lo ada di lingkungan positif, maka Lo akan terhidar dari hal-hal negatif yang akan merugikan Lo, bro.

Emang sih lebih enak menetap di kampung halaman. Tapi, hidup nggak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan bukan? Keadaan yang mengharuskan Lo untuk merantau adalah suatu kesempatan bro, kesempatan buat Lo untuk tumbuh dan berkembang dalam berbagai hal. Namun ingat, jangan sampe Lo terjerumus kedalam pergaulan yang salah di perantauan karena itu akan merugikan Lo. Harapan Lo, harapan keluarga Lo, bisa hancur ketika Lo terjerumus kedalam hal yang tidak diinginkan.

Buat Lo yang sedang merantau, apapun tujuan Lo, semoga Lo semua sukses dan bisa membanggakan keluarga Lo di kampung halaman. Good luck bro!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini