gentlemancode.id
6 Cara Mengurangi Penggunaan Sosmed Paling Ampuh Kalau Sudah Ketagihan

6 CARA MENGURANGI PENGGUNAAN SOSMED PALING AMPUH KALAU SUDAH KETAGIHAN

Published on Tuesday, 17 September 2019

Sepertinya hampir setiap dari kita memiliki satu akun sosial media, bener nggak? Apakah Lo termasuk orang yang nggak bisa absen mantengin sosmed setiap hari? Hati-hati, bro. Meski tujuan awal Lo memang untuk mengetahui info terbaru, melihat postingan di layar handphone Lo lama-lama bisa bikin Lo makan hati. Nah, ini mungkin saatnya buat Lo memulai mengurangi penggunaan sosmed. Gimana caranya?

Banyak penelitian telah mengatakan bahwa menggunakan sosmed dalam waktu yang lama bisa mengubah pola pikir dan merugikan mental.

Ya, bro! Di balik semua keseruan yang Lo dapat di dunia maya, penggunaan media sosial dalam jangka panjang bisa berdampak negatif untuk kesehatan mental.

Beberapa di antaranya adalah peningkatan risiko depresi, insomnia, citra diri  yang buruk, penurunan kepercayaan diri, gangguan kecemasan dan gangguan makan, sampe perilaku menyakiti diri sendiri.

Semua risiko ini diduga kuat datang sebagai wujud nyata dari kecenderungan alam bawah sadar kita yang jadi suka membandingkan diri dengan orang lain sehingga kita menjadi tidak menikmati hidup.

Dibawah ini adalah tips mengurangi penggunaan sosmed yang bisa Lo coba untuk mulai mengurangi kecanduan sosmed:

1. Jauhkan handphone dari jangkauan

Memulai untuk mengurangi penggunaan sosmed memang nggak segampang membalikan telapak tangan. Terlebih kalo Lo memiliki banyak waktu luang, bro.

Sebisa mungkin, segera jauhkan ponsel atau gadget elektronik lainnya dari jangkauan Lo. Terutama kalo Lo lagi nggak punya kerjaan. Ganti tangan kosong Lo dengan kegiatan lain agar nggak melulu mainin handphone.

Selain itu, jauhkan juga ponsel dari jangkauan tangan Lo dan ubah ke mode silent atau getar ketika Lo sedang bekerja. Ini memudahkan Lo lebih fokus menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

Begitu juga saat Lo sedang berkumpul bareng keluarga atau kerabat dekat. Kalo memungkinkan, ajak mereka juga untuk sama-sama meletakkan hape jauh dari jangkauan agar lebih fokus bercengkrama dan menghabiskan waktu bersama-sama.

2. Buat alarm untuk batasi waktu akses sosmed

Cara paling efisien untuk mengurangi penggunaan sosmed adalah dengan membatasi waktu penggunaannya. Batasan wajar dalam menggunakan media sosial menurut psikolog adalah 30 menit hingga satu jam dalam sehari.

Lo bisa membagi total 1 jam tersebut dalam beberapa sesi dalam sehari. Misal nih, 15 menit pada pagi hari, 15 menit pada saat makan siang, 15 menit saat perjalanan pulang, dan 15 menit saat makan malam.

Supaya nggak kebablasan, ingatkan untuk logout dari akun-akun sosmed Lo dengan memasang alarm. Udah banyak kok aplikasi yang bisa membantu mengingatkan Lo ketika Lo sudah mencapai batas waktu yang sudah Lo tentukan sebelumnya.

Lalu, sebaiknya hindari menggunakan media sosial pada saat menjelang tidur, karena itu bisa mengganggu kuantitas dan kualitas tidur.

3. Matikan notifikasi media sosial

Matikan notifikasi semua media sosial supaya Lo nggak tergoda untuk melihat update terbaru. Kecuali akun tersebut memang digunakan untuk kebutuhan bekerja.

Kalo perlu, atur aplikasi apa aja yang ditaro di tampilan depan handphone. Usahakan untuk menampilkan aplikasi yang hanya diperlukan saja.

4. Buat area Bebas Handphone

Ini serius bro, dan nggak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Lo bisa nentuin sendiri area mana saja di rumah Lo yang nggak boleh membawa apalagi bermain gadget. Misalnya, di ruang dapur atau ruang makan agar Lo bisa fokus berkumpul bareng keluarga.

5. Buat jadwal Hari Tanpa Media Sosial

Tentukan satu hari dalam seminggu untuk waktu  tanpa media sosial. Misalnya hari Sabtu, sehingga Lo bisa menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama rekan kerja atau keluarga, dan melakukan hal yang Lo sukai.

6. Hapus aplikasi media sosial

Salah satu cara ekstrem yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan sosmed adalah dengan menghapus aplikasinya. Cara ini mau nggak mau menjadi solusi terakhir kalo Lo masih aja ngeyel mengakses media sosial setelah melakukan berbagai tips yang Gw sebutin tadi.

Nggak perlu semuanya dihapus. Lo bisa pilih satu atau dua aplikasi sosmed yang paling bikin Lo ketagihan dan membuat Lo menghabiskan banyak waktu di sana.

Kalo belum siap total, Lo bisa menghapusnya selama beberapa hari sekali lalu Lo install lagi untuk merasakan manfaatnya.

Secara perlahan, perpanjang waktu istirahat Lo dalam menggunakan media sosial sampe Lo terbiasa sampe Lo siap untuk benar-benar menghapus aplikasi tersebut.

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini