gentlemancode.id
7 Usaha Sampingan Yang Efektif Bikin Kantong Lo Tebal

7 USAHA SAMPINGAN YANG EFEKTIF BIKIN KANTONG LO TEBAL

Published on Wednesday, 12 October 2016

Zaman sekarang jadi orang harus kreatif. Mengandalkan gaji bulanan saja mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kita. Punya usaha sampingan sambil bekerja tentu ga salah dong, selama itu tidak mengganggu tanggung jawab utama kita kepada perusahaan tempat kita bekerja.

Sekarang udah banyak banget peluang usaha yang bisa Lo ambil kalo Lo mau punya usaha sampingan, mau jualan jasa atau barang udah banyak banget fasilitas yang akan memudahkan Lo menawarkan barang atau jasa yang Lo punya. Kalo ga dimanfaatin sayang banget Bro.

Kalo Lo masih bingung kira-kira mau usaha apa untuk usaha sampingan Lo, Gw punya beberapa contoh yang bisa bantu Lo ngasih sedikit gambaran. Ga usah panjang lebar lagi, ini dia Bro.

1. Jualan online

Yang ngejalanin ini udah banyak banget, dan udah banyak juga yang sukses. Kalo Lo punya produk yang unik, coba deh jual produk Lo secara online. Lo bisa bikin website online store Lo sendiri agar lebih eksklusif atau Lo bisa daftar di market place yang udah banyak banget di Indonesia seperti tokopedia atau bukalapak dan lain sebagainya. Lo bisa promosiin produk Lo melalu social media agar visibiltas produk Lo bisa di lihat oleh banyak orang.

Kelebihan berjualan secara online adalah Lo ga perlu toko untuk tempat berjualan produk Lo, selain itu waktu Lo untuk bekerja di pekerjaan utama Lo ga akan banyak keambil karena Lo hanya tinggal menunggu order yang datang saja.

BACA JUGA

2. Menjadi blogger

Jangan anggap sepele profesi yang satu ini, udah banyak banget blogger yang sukses dan menjadikan profesi ini sebagai profesi utama. Kalo Lo bingung dari mana aja sumber penghasilan yang bisa Lo dapet dari ngeblog, Gw kasih tau nih Bro biar Lo ga bingung lagi. Sumber penghasilan blogger beberapa diantaranya adalah dari iklan, afiliasi produk, adsense, sponsored content, endorsement, dan masih banyak lagi.

Modal utama untuk menjadi seorang blogger adalah bisa menulis dan harus mempunyai wawasan yang luas. Selain itu Lo juga harus percaya diri, kalo Lo masih pemula dalam dunia blogging maka jangan ragu untuk mulai menulis. Seiring dengan seringnya Lo nulis, lama-lama kwalitas tulisan Lo pasti akan lebih baik dan terus membaik dan pembaca blog Lo pasti akan terus bertambah. Kalo udah gitu uang akan datang dengan sendirinya Bro.

3. Menjadi guru les privat

Kalo Lo punya keahlian khusus tertentu seperti bahasa asing, musik, matematika, fisika, ilmu komputer dan lain-lain Lo bisa coba untuk menjadi guru les privat. Banyak orang yang ingin meningkatkan keahliannya dalam bidang-bidang tertentu dengan mengikuti les privat di rumah mereka. Ini tentu peluang yang bagus buat Lo yang mempunyai keahlian khusus untuk membantu mereka. Selain Lo berbagi ilmu, Lo juga bisa dapet duit. Cakep kan?

Kalo Lo bingung gimana cara promosinya, tenang Bro sekarang udah ada platform yang bisa menemukan antara orang yang mencari guru les dan guru les. Namanya ruangguru.com. Lo daftar aja disitu sebagai pengajar, nanti Lo akan dihubungi oleh orang yang berminat untuk menjadi murid Lo. Gampang kan?

4. Bisnis Dropshipper

Ini adalah peluang usaha yang cocok banget buat Lo yang belum mempunyai banyak modal. Sistem dropshipper adalah salah satu jenis sistem jual beli barang secara online yang mana untuk menjalankan bisnis ini Lo ga perlu mempunyai barang tersebut. Lo cukup menawarkan barang itu dengan hanya menggunakan gambar produknya saja. Lo bisa memasarkan produk tersebut di social media atau market place yang udah banyak banget di Indonesia. Ketika ada yang berminat membeli, maka barang akan dikirim langsung oleh suplier atau distirbutornya.

Trus untung nya dari mana kalo jadi dropshipper? Pada dasarnya konsumen akan melakukan transaksi dengan dropshipper. Mereka akan membayar sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh dropshipper. Harga yang diberikan tentu sudah ditambahkan untuk mendapatkan keuntungan. Setelah itu pembayaran akan dilanjutkan kepada suplier dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya. Ga ribet kan?

5. Menjadi vlogger

Ini lagi hits banget nih sekarang, udah banyak banget orang yang bikin vlog di account youtube mereka. Ketika channel Lo udah banyak yang subscribe dan video Lo banyak di tonton orang, maka Lo bisa monetize vlog Lo. Syarat utama agar vlog Lo banyak di tonton orang adalah Lo harus menyediakan tontonan unik dan menarik. Lo bisa bikin video tutorial, video lucu, film pendek, dan lain-lain. Intinya Lo harus kreatif dalam membuat konten video yang akan Lo sajikan.

Sumber penghasilan utama dari vlog adalah iklan. Tapi ya itu tadi syaratnya, Lo harus punya konten video yang unik dan menarik. Gimana Bro, kefikiran buat bikin vlog?

6. Menjadi penulis freelance

Kalo Lo hobi dan jago nulis, maka Lo bisa pertimbangkan untuk menjalankan pekerjaan ini. Syaratnya adalah Lo mampu membuat tulisan yang menarik dan orisinil mengenai sesuatu hal. Misal Lo suka menulis segala sesuatu mengenai traveling, maka Lo bisa menawarkan keahlian Lo itu untuk membuat tulisan tentang traveling. Sekarang ini banyak banget media-media online yang membutuhkan jasa penulis secara freelance untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam menyediakan konten-konten kreatif dan menarik. Kebutuhan akan konten-konten ini tentu adalah peluang yang bagus untuk kita manfaatkan, selain hobi kita menjadi tersalurkan kita juga akan mendapatkan keuntungan. Menarik bukan?

7. Agen properti

Saat ini, kebutuhan akan properti sangat tinggi. Kebutuhan ini memberikan peluang kepada kita untuk menjalankan usaha sebagai agen properti. Menjadi agen properti tidak membutuhkan modal yang besar, Lo bisa menjalankan usaha ini kapan aja di sela-sela kesibukan Lo bekerja.

Tugas seorang agen properti adalah memasarkan tanah atau bangunan (rumah, rumah KPR, ruko, apartemen, dan lain-lain). Tugas utama mereka adalah menghubungkan pemilik properti dengan calon pembeli. Tidak hanya dijual tetapi properti ini juga bisa disewakan sesuai kehendak pemilik.

Penghasilan utama dari agen properti adalah komisi yang diberikan oleh penjual. Besarnya jumlah komisi yang diberikan macam-macam tergantung perjanjian antara agen dan penjual. Satu hal yang pasti adalah, makin mahal harga jual maka akan semakin besar juga komisi yang akan didapat, karena hitungan nya biasanya adalah menggunakan persentase dari harga jual.

Masih banyak sih usaha sampingan yang bisa Lo jalankan untuk menambah penghasilan Lo. Intinya adalah Lo harus kreatif, dan rajin untuk update informasi. Selama ada kemauan pasti ada jalan Bro.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini