gentlemancode.id
Apa Saja Yang Harus Kita Persiapkan Ketika Akan Melakukan Turing

APA SAJA YANG HARUS KITA PERSIAPKAN KETIKA AKAN MELAKUKAN TURING

Published on Tuesday, 23 August 2016

Untuk Anda yang menyukai segala hal yang berbau petualangan dan otomotif pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan turing. Kegiatan ini memang menyenangkan, karena kita bisa menyalurkan hobi kita terhadap otomotif dan bertualang secara bersamaan. Namun, untuk melakukan kegiatan ini kita tidak bisa sembarangan, kita butuh persiapan yang seharusnya sudah disiapkan jauh-jauh hari. Mengapa? karena selama perjalanan mungkin kita akan dihadapkan dengan berbagai rintangan yang mungkin akan kita temui disana. So, agar perjalanan kita berjalan dengan lancar maka kita harus menyiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Tubuh yang prima

Sebelum berangkat, pastikan tubuh Anda ada dalam kondisi yang prima. Ini penting, karena Anda akan berkendara dalam jarak yang cukup jauh. Jika kondisi tubuh Anda tidak prima maka sebaiknya Anda membatalkan keinginan Anda untuk mengikuti turing, karena ini akan membahayakan Anda dan juga teman turing Anda.

Lakukan olahraga teratur serta terapkanlah pola hidup yang sehat untuk mempersiapkan perjalanan yang jauh dan penuh rintangan ini. Selama turing, Anda perlu memperhatikan konsumsi air putih, makan teratur, serta istirahat yang cukup agar tetap sehat selama perjalanan.

2. Kelengkapan dokumen

Jangan sampai lupa untuk membawa dokumen pribadi dan dokumen kendaraan.

Untuk dokumen pribadi bawalah kartu identitas Anda (KTP). Namanya juga kartu identitas, kartu ini berfungsi untuk menunjukan identitas Anda sebagai warga negara Indonesia.

Untuk dokumen kendaraan, bawalah SIM dan STNK kendaraan Anda, jangan sampai ketinggalan di rumah. Karena jika ada razia, Anda harus bisa menunjukan kelengkapan surat-surat kendaraan Anda, jika tidak bisa maka besar kemungkinan Anda akan kena tilang atau bahkan kendaraan Anda diangkut oleh petugas.

3. Perlengkapan safety

Hal yang paling penting dalam melakukan turing adalah safety. Pastikan Anda melengkapi diri dengan perlengkapan safety. Gunakan jaket motor atau jaket turing lengkap dengan pelindung pada siku dan dada. Jaket ini akan melindungi Anda jika Anda terjatuh sehingga meminimumkan risiko cedera. Kenakan helm full-face berstandar SNI dengan kaca pelindung yang terang agar seluruh wajah dan mata terlindung dari debu dan polusi asap. Selain itu, gunakan sarung tangan, masker, sarung tangan, celana, serta sepatu yang benar-benar bisa melindungi tubuh selama perjalanan.

4. Tool kit

Saat dalam perjalan, kemungkinan untuk mengalami masalah dengan kendaraan kita sangat mungkin terjadi. Masalah seperti pecah ban, kebocoran, dan masalah mesin mungkin saja kita alami. Oleh karena itu, selalu sediakan tool kit untuk mengantisipasi masalah-masalah tersebut.

5. Gunakan motor yang sesuai dengan medan yang akan ditempuh

Persiapan yang terakhir adalah gunakan motor yang mempunyai kemampuan yang baik dalam melibas medan yang akan kita lalui. Jangan sampai kita memaksakan motor yang tidak sesuai hanya karena sangat ingin mengikuti turing. Tentunya ini tidak dianjurkan, karena sudah pasti Anda akan mengalami banyak masalah ketika dalam perjalanan.

Nah persiapkan lah 5 hal tadi agar perjalanan turing Anda berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan aturan lalu lintas yang berlaku ya Bro.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini