gentlemancode.id
Apakah Lo Pria Millennials?

APAKAH LO PRIA MILLENNIALS?

Published on Tuesday, 07 November 2017

Generasi milenials. Apaan sih tuh? Mungkin Lo udah akrab sama istilah ini beberepa waktu terakhir dan Lo belum terlalu ngerti dengan arti dan istilah tersebut.  Generasi millenials atau sering disebut generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000. Maka ini berarti geneasi millenials adalah generasi muda yang saat ini berumur 17-37 tahun. Millenials sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi. Gw bisa tebak, Lo yang lagi baca ini pasti generasi millenials, ya kan?

By the way, apakah Lo termasuk generasi millenials, Bro?

Kalo ngomongin kita sebagai pria, dan kita juga sebagai generasi millenials, rasanya emang rada-rada awkward sih, Bro. Kali ini Gw akan ngebahas dari sudut pandang Gw sebagai generasi millenials buat Lo sebagai generasi millenials juga. Oke, gimana sih untuk menjadi generasi millenials yang baik?

1. Gunakan media sosial secara bijak

Coba deh Lo perhatiin, generasi millenials tempat nongkrongnya dimana? Ya, selain mereka memadati cafe dan mall, tempat paling pasti untuk menemui mereka adalah di social media.

Sebagai pria millenilas yang baik, sebaiknya gunakanlah social media dengan bijak hindari penyebaran informasi tanpa fakta, manfaatkanlah social media sebagai wadah untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, atau Lo bisa membangun komunitas yang produktif untuk bertukar pikiran. Lebih seru kan, Bro?

2. Kenali passion Lo

Sebagai pria, apalagi Lo masih kisaran umur belasan, menemukan passion adalah suatu keharusan Bro. Kalopun saat ini Lo belum menemukan passion Lo, nggak ada kata terlambat kok Bro. Manfaatkan usia muda Lo dengan baik untuk mengetahui passion Lo apa. Ini bertujuan biar Lo tau apa yang sebenarnya Lo mau terkait tujuan hidup Lo. Dengan begitu, Lo jadi tau hal-hal apa yang akan dan musti Lo persiapkan untuk mewujudkan mimpi Lo itu, Bro.

3. Bertanggung jawablah dengan apa yang Lo mulai

Sebagai gentleman, tanggung jawab adalah salah satu hal yang harus Lo miliki, Bro. Berani mempertanggung jawabkan apa yang dimulai dan menyelesaikannya dengan baik, itu baru cowok. Sebagai cowok Lo nggak boleh setengah-setengah, misal Lo ingin membangun bisnis, ya Lo tekuni apa yang Lo pengen semaksimal mungkin, jangan berhenti di tengah jalan. Anyway, ngomong emang gampang sih tapi ya itu Bro, kalo Lo mau jadi generasi millenial yang baik, Lo musti bertanggung jawab dengan apa yang sudah Lo mulai. Jangan jadi pecundang.

4. Jangan gampang menyerah

Millenials, labil? Ya, labil memang melekat pada generasi millenials Bro, karena beberapa dari kita masih meraba-raba sebenernya apa sih yang kita mau. Nah, hapus label labil tersebut dengan komitmen terhadap apapun yang sedang Lo lakukan saat ini dan jangan gampang nyerah. Karena gentleman itu, pantang untuk menyerah karena menyerah bukan pilihan.

5. Berfikir kritis

Sebagai generasi muda, Lo harus bisa berpikir kritis Bro. Terbukalah dengan apa yang ada disekeliling Lo. Lo bisa mengamati dari masalah politik, ekonomi hingga sosial dan budaya. Jangan telan mentah-mentah informasi yang Lo dapatkan. Sekarang jamannya internet, dimana Lo bisa mencari informasi dari sumber-sumber yang bisa dipercayai kebenarannya, carilah banyak referensi, biar minimal Lo tau dan nggak asal komentar. Cobalah untuk berfikir kritis dan pikirkan apa yang bisa Lo kontribusikan untuk memecahkan masalah di sekitar Lo. Atau paling nggak, Lo nggak menambah atau memperumit masalah yang sudah ada. Jadilah generasi yang memberi solusi bukan masalah!

6. Bantulah orang lain yang membutuhkan

Generasi millenials yang baik, adalah ia yang peka dengan keadaan sekitarnya dan tidak bertindak masa bodo atau acuh. Ketika rasa peduli Lo dengan orang lain ada, berarti Lo termasuk generasi millenilas yang baik, Bro. Peduli bukan tentang keluarga dan teman-teman Lo aja. Melainkan konsep masyarakat secara keseluruhan. Memang agak berat sih Bro. Tapi kalo Lo bisa berkontribusi untuk membantu orang lain, kenapa nggak. Misalkan Lo membantu penggalangan dana untuk bencana alam mungkin, atau paling nggak Lo nggak cuek ketika ada orang lain yang meminta bantuan kepada Lo.

7. Berani

Usia millenials yang ada di antara 17 – 37 tahun, yang kebanyakan punya pendidikan tinggi pasti ada aja masalahnya. Tapi dari yang Gw amati, selain masalah asmara, masalah yang banyak dialami generasi millenials adalah pekerjaan. Terlepas dari masalah lapangan pekerjaan. Menurut Gw, sebenernya sih ini masalah ketidak beranian seseorang untuk keluar dari zona nyamannya, Bro. Makanya masih banyak pengangguran. Dari yang Gw pernah tau, alasannya itu banyak banget, mulai dari susah nyari pekerjaan yang gajinya gede atau ada yang nggak suka dengan sistem birokrasi dari calon perusahaannya.

Bro, sebenernya yang Lo butuhin itu cuma berani. Berani keluar dari zona nyaman Lo, berani membuka mata dengan peluang yang ada, dan berani bertindak. Kalo Lo saat ini belum menemukan pekerjaan impian Lo, bertindaklah Bro. Lakukan apapun untuk mencapai mimpi Lo, dan pastikan Lo tetap ada di jalan yang benar. Anyway, sekarang ini zamannya industri kreatif Bro, cari masalah yang ada di sekitar Lo, dan buat itu menjadi sebuah peluang yang bisa Lo olah untuk menciptakan solusi dari masalah itu. Menciptakan bisnis sendiri adalah prestasi luar biasa dan nggak bisa semua orang bisa seperti itu.

Nah, itu aja Bro yang bisa Gw bagi sama Lo. Sebagai generasi millenials, yuk sama-sama kita menjadi generasi yang baik, yang bisa membawa perubahan minimal untuk sekitar kita menjadi lebih baik, atau yang paling baik Lo bisa membawa perubahan untuk Indonesia, Bro. Oh iya, kalo Lo punya tips gimana untuk jadi pria millenials yang baik, Lo bisa share di kolom komen ya siapa tau bisa jadi pembelajaran dan motivasi untuk kita semua!

Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini