gentlemancode.id
Bagaimana caranya agar tidak kehabisan bahan omongan ketika ngobrol

BAGAIMANA CARANYA AGAR TIDAK KEHABISAN BAHAN OMONGAN KETIKA NGOBROL

Published on Thursday, 06 April 2017

Gak tau mau ngomong apalagi ketika kita ngobrol emang gak enak rasanya, keadaan ini bisa bikin kita canggung dan mati gaya didepan lawan bicara kita. Apalagi yang Lo ajak ngobrol itu gebetan Lo, beuh gak enak banget Bro.

Semua orang pada dasarnya pasti pernah mengalami ini, dan ini normal sebetulnya, karena gak semua orang emang selalu bisa ngobrol panjang lebar mengenai banyak hal.

Nah kalo Lo sering mengalami ini, Gw punya tipsnya nih biar Lo gak kesulitan ketika hal ini terjadi. Dan tipsnya ini sangat simple Bro. Mari kita simak sama-sama ya.

1. Berikan tanggapan

Setiap hari kita pasti melakukan berbagai macam perbincangan dengan banyak orang, teman, dosen, atasan, bahkan orang yang baru Lo temui di perjalanan. Kita pasti berbicara mengenai banyak hal, dan kebanyakan orang sama sekali tidak akan ingat dengan apa yang mereka katakan karena kebanyak perbincangan tersebut membahas hal-hal yang tidak terlalu penting. Jadi, sebenernya gak masalah ketika Lo gak terlalu ngerti dengan apa yang Lo omongin, karena pada dasarnya kemungkinan orang yang Lo ajak bicara akan melupakan perbincangan yang kalian bicarakan.

Terus, kenapa kita harus banyak ngomong ketika obrolan kita itu sebenernya tidak terlalu penting? alasannya adalah tidak lain adalah untuk menjaga hubungan sosial kita dengan orang lain, dan mengobrol dengan orang lain akan membantu kita untuk mengerti satu sama lain.

Ketika misalnya temen Lo membicarakan hal yang tidak Lo mengerti, Lo cukup mendengarkan apa yang mereka bicarakan dan berikanlah tanggapan seperti "oh ya?" atau "ko bisa gitu ya?" apa aja, yang penting Lo harus menanggapi lawan bicara Lo karena itu adalah bentuk penghargaan Lo sama temen Lo.

2. Dengarkan apa yang orang lain katakan, dan coba untuk menghubungkan hal tersebut dengan hal lain

Yups, dengerin apa yang orang lain katakan dan cobalah untuk menghubungkan obrolan tersebut dengan hal lain yang ingin Lo informasikan kepada lawan bicara Lo. Itu bisa sesuatu yang Lo anggap menarik seperti berita, ngomongin trend rambut, dan hal-hal lainnya yang Lo rasa itu menarik untuk dibicarakan.

Misal, temen Lo lagi ngomongin pengalaman traveling-nya di Eropa dan Lo sama sekali gak tau gimana cara melayani obrolan tersebut karena Lo sendiri belum pernah kesana. Cobalah untuk membicarakan hal menarik lainnya, Lo bisa melakukannya dengan cara menghubungkan cerita temen Lo tadi dengan cerita Lo.

Wow Eropa keren sih, Gw juga suatu hari pengen kesana. mudah-mudahan bisa ya Bro. Btw, Gw kemariin baca berita soal promo tiket murah yang harganya menurut Gw lumayan banget. Menurut Lo gimana?

Dengn begini, Lo berhasil menjaga obrolan tersebut menjadi tetap hidup dan tetap seru untuk dilanjutkan.

3. Ajukan pertanyaan dan biarkan lawan bicara Lo bercerita lebih banyak

Ketika orang lain berbicara mengenai hal yang tidak Lo mengerti, Lo bisa mengajukan pertanyaan agar orang tersebut berbicara lebih banyak dengan menjelaskan hal-hal yang Lo tanyakan kepadanya.

Misal ada temen Lo lagi ngomongin soal start up dan Lo sama sekali gak ngerti mengenai dunia start up, maka cobalah untuk bertanya dan tunjukin bahwa Lo bener-bener pengen tau mengenai hal tersebut.

Bikin start up itu susah gak sih? apa aja sih yang harus disiapkan ketika bikin start up itu? Pengen deh Gw suatu hari bikin start up kaya gitu.

Yang Lo lakukan ini bukan hanya menunjukan bahwa Lo respect kepada lawan bicara Lo, tapi juga Lo menunjukan bahwa Lo enjoy dengan percakapan tersebut. Orang biasanya akan senang ketika orang lain tertarik terhadap apa yang mereka bicarakan, dan mereka pasti ingin sharing lebih banyak lagi sama Lo. Inget, tujuan Lo disini adalah untuk menjaga agar percakapan tersebut tetap berjalan dengan baik.

4. Sharing pengalaman Lo dengan orang lain

Ketika Lo bener-bener gak tau mau ngomong apa lagi, Lo bisa cerita beberapa pengalaman Lo.  Gak harus yang sifatnya personal, tapi Lo bisa cerita pengalaman-pengalaman menarik yang pernah Lo alamin agar orang lain mau menanggapi obrolan Lo.

Misal Lo bisa cerita mengenai kemacetan yang Lo alami ketika dijalan, atau Lo bisa cerita gimana tersiksaya ketika Lo himpit-himpitan di kereta, apa aja Bro. Obrolan seperti itu some how bisa bikin suasana cair dan hangat.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini