gentlemancode.id
Baru lulus dan mau dapat kerja? Coba cek tips berikut ini!

BARU LULUS DAN MAU DAPAT KERJA? COBA CEK TIPS BERIKUT INI!

Published on Thursday, 13 April 2017

Perusahaan besar tidak selalu terbuka untuk menerima seorang mahasiwa atau kandidat yang baru saja lulus atau lebih sering kita kenal dengan sebutan fresh graduate. Seringkali, para fresh graduate tersebut dianggap tidak punya pengalaman dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan atau employer. Padahal sih sebetulnya banyak diantara fresh graduate ini memiliki kemampuan yang sangat baik dan mereka mampu mengerjakan semua tugas yang akan diberikan. Keadaan ini tentu menjadi kendala tersendiri untuk para lulusan baru yang ingin segera mendapatkan pekerjaan karena kurangnya kesempatan yang disediakan. Jadi, apa aja sih sebenernya yang harus dilakukan dan diperhatikan ketika Lo baru aja lulus dan pengen segera bekerja?

Usahakan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan

Jangan buru-buru untuk mendapatkan pekerjaan hanya karena gaji yang tinggi atau fasilitas kantor yang nyaman. Pertama-tama, cobalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan Lo ketika Lo kuliah. Ketika Lo mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan Lo, setidaknya Lo udah punya modal ilmu yang Lo dapatkan ketika Lo kuliah dulu. Dan dengan bekerja sesuai dengan jurusan, tentunya nanti Lo gak akan menemui banyak kesulitan ketika beradaptasi dengan pekerjaan Lo ketimbang bekerja di jurusan yang sama sekali bukan bidang Lo.

Sabar Bro, jangan buru-buru

Walaupun Lo udah berpenggalaman dari segi pengetahuan yang Lo dapatkan ketika kuliah, tetep aja Lo perlu sadar diri dengan status Lo sebagai fresh graduate. Jangan berani-berani langsung mengincar posisi yang tinggi, meskipun sebetulnya bisa-bisa aja tapi kemungkinannya sangat kecil. Bukan hanya ditolak mentah-mentah Bro, tapi Lo juga bisa dijadikan bahan dagelan. Dan sebagai tambahan nih, Lo gak bisa asal ngelamar suatu pekerjaan padahal sebenernya Lo sendiri gak serius melamar pekerjaan tersebut, karena bisa-bisa Lo dimasukan ke dalam daftar hitam. Kalo sudah sekali dimasukkan ke dalam daftar hitam, Lo akan susah mendapatkan pekerjaan yang layak di mana pun. Contohnya gini, misal Lo melamar suatu pekerjaan, terus Lo ternyata dipanggil untuk wawancara. Setelah jadwal wawancara ditentukan ternyata Lo tidak datang dan Lo tidak memberi kabar kepada pihak pewawancara. Nah yang kaya gini bahaya Bro. Ketidak seriusan Lo ini akan membuat Lo dimasukan kedalam daftar hitam. Kalo Lo emang gak minat, mendingan Lo jangan ngelamar sekalian. Jadi, sabar aja sampe Lo nemu yang bener-bener emang Lo minat dan emang Lo suka.

Coba untuk bekerja di bidang administif

Untuk mereka yang dulu kuliah di jurusan keuangan, akutansi, atau administrasi, salah satu pekerjaan yang sangat cocok untuk mereka pada awal karirnya tentunya adalah posisi di bidang yang berkaitan dengan administrasi. Pastilah, untuk seorang fresh graduate ini sudah cukup bagus. Akan tetapi, ternyata kadang-kadang lingkup pekerjaan perusahaan Lo bisa berbanding terbalik dengan jurusan yang Lo pilih waktu kuliah. Sehingga Lo harus mempelajari aspek-aspek dasar untuk mengetahui seluk-beluk bidang pekerjaan Lo.

Menjadi staff perbankan bisa jadi bahan pertimbangan

Pegawai bank adalah posisi yang juga sangat cocok untuk para lulusan baru. Biasanya, para pekerja bank selalu diberikan pelatihan-pelatihan terlebih dahulu sebelum mereka mulai bekerja, ini tentu baik buat Lo karena Lo gak perlu mempelajari semuanya sendirian. Lagi pula, ketika sudah diterima di bidang perbankan, Lo pasti mulai belajar dari awal mengenai semua tugas dan tanggung-jawab profesi Lo dari A sampai Z.

Coba Freelance

Untuk para lulusan baru atau mereka yang ingin masuk S2 dan ingin kuliah sambil bekerja, maka pekerjaan yang sempurna yang bisa dijadikan bahan pertimbangan adalah freelance atau pekerjaan dari rumah. Jangan Lo pikir bahwa freelance itu adalah pekerjaan tidak tetap. Faktanya, banyak diantara para freelancer yang berpengalaman ternyata mampu mendapatkan jumlah penghasilan yang jauh lebih tinggi daripada para karyawan suatu perusahaan yang digaji setiap bulan. Jadi, Gw rasa freelance adalah pekerjaan yang sangat cocok buat Lo yang ingin memiliki kebebasan waktu dalam mengerjakan pekerjaan Lo.

Oke Bro, buat Lo yang baru lulus dan saat ini sedang mencari pekerjaan, Gw doain agar Lo semua segera mendapatkan pekerjaan terbaik buat Lo. Tetap semangat, dan jangan lupa berdoa. Cheers!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini