gentlemancode.id
Beli mobil atau rumah? Pertimbangkan hal ini dulu Bro sebelum memutuskan!

BELI MOBIL ATAU RUMAH? PERTIMBANGKAN HAL INI DULU BRO SEBELUM MEMUTUSKAN!

Published on Thursday, 02 March 2017

Beli mobil atau rumah dulu? Nah loh, pertanyaan sulit nih. Mau beli mobil dulu, nanti gimana beli rumahnya? Kalo mau beli rumah dulu, kemana-mana pake apa dong? Masa naik mobil umum mulu, sumpek! Hmmm, pusing ya. Kalo duitnya ada sih langsung beli dua-duanya aja gak pake ribet, nah ini duitnya pas-pasan, kita harus bener-bener pilih mana yang memang dibutuhkan gak bisa sembarangan.

Kebutuhan terhadap rumah adalah adalah kebutuhan primer yang harus kita penuhi, harganya yang begitu cepat mengalami kenaikan mengharuskan kita untuk memberikan perhatian khusus untuk hal ini agar nanti kita tidak kesusahan dalam memenuhinya. Kenaikan harga rumah bisa terjadi hanya dalam hitungan bulan bahkan minggu, semakin ditunda semakin kita susah untuk membelinya, karena tadi Gw bilang harganya cepet banget naeknya.

Disisi lain, kebutuhan mobil juga cukup penting untuk keperluan akomodasi kita. Kita tentu pengen kalo pergi kemana-mana kita melakukannya dengan nyaman, gak kegerahan, gak kepanasan dan kehujanan. Mengingat belum nyamannya angkutan umum saat ini, maka memiliki mobil juga menjadi kebutuhan tersendiri yang harus kita penuhi.

Jadi, mana dulu nih baiknya Bro? Mari kita analisa dengan menggunakan metode 5 W 1 H (what, why, when, where, who,  how) untuk menjawabnya. Dengan metode ini Lo akan bisa menganalisa mana yang memang lebih dulu harus Lo prioritaskan, dengan begitu Lo gak akan salah pilih Bro. Oke, tanpa panjang lebar lagi yuk kita bahas satu-satu!

1. What

Coba tanyakan pertanyaan ini kepada diri Lo sendiri, apa sih tujuan Lo membeli rumah atau mobil? Coba jawab dengan jujur sesuai dengan keadaan Lo saat ini.  Kalo misalnya tujuan Lo investasi, maka membeli rumah adalah pilihan yang sangat bijak yang bisa Lo lakukan karena nilai rumah itu akan selalu naik setiap waktunya. Berbeda dengan mobil, nilai mobil itu akan selalu mengalami penyusutan, sehingga ketika Lo jual nanti harganya pasti akan jatuh. Dan Lo pasti rugi jadinya Bro. Tujuan Lo investasi itu kan buat untung bukan buat rugi, bener gak Bro?

Beda kasusnya kalo Lo membutuhkan mobil untuk usaha. Kalo misalnya tujuan Lo membeli mobil untuk mendukung usaha Lo maka gak salah kalo Lo mendahulukan untuk membeli mobil. Misal Lo punya usaha dalam jasa pengiriman barang atau sebagai angkutan untuk pindahan, maka Lo memang butuh banget untuk punya mobil. Tapi inget, Lo tetep harus menyisihkan penghasilan Lo untuk membeli rumah dan Lo harus mempunyai target kapan akan membeli rumah, karena kalo gak di target bisa-bisa keburu mahal rumahnya Bro.

Jawaban dari pertanyaan ini akan memberikan Lo gambaran apa yang lebih Lo butuhkan saat ini. Jadi, Lo minimal gak akan terlalu bingung ketika akan memutuskan.

2. Why

Setelah Lo menemukan jawaban mengenai apa kira-kira yang akan Lo dahulukan, Lo harus tahu pasti alasan Lo apa untuk mendahulukan membeli rumah atau mobil. Misal, Lo memilih untuk mendahulukan membeli rumah karena Lo gak mau terlalu lama ngontrak atau tinggal di rumah orang tua. Atau mungkin Lo ingin segera membeli rumah karena Lo gak mau nanti kesulitan membelinya karena harganya yang sudah melambung tinggi. Bisa banyak sih Bro alasannya, dan tiap orang udah pasti beda.

Sama halnya dengan mobil, kalo Lo memutuskan untuk mendahulukan membeli mobil maka Lo harus punya alasan yang kuat kenapa Lo harus mendahulukannya. Kalo alasan Lo adalah karena Lo membutuhkan mobil untuk usaha, maka tentu ini gak masalah. Tapi kalo alasan Lo hanya karena ingin gaya-gayaan doang atau sekedar menaikan gengsi maka Gw saranin buang jauh-jauh niat Lo itu, karena nanti Lo pasti akan nyesel Bro. Inget yang Gw bilang tadi, nilai mobil itu akan berkurang setiap waktunya sedangkan rumah pasti akan selalu naik. Choose wisely Bro!

3. When

Kapan kira-kira kebutuhan itu harus dipenuhi? Sebenernya mana sih yang lebih mendesak, mobil atau rumah? Penuhilah kebutuhan yang benar-benar mendesak, karena yang namanya juga mendesak ya harus Lo duluin gak mungkin Lo tunda. Kalo misalnya saat ini Lo ngerasa bahwa rumah adalah kebutuhan yang harus segera Lo penuhi, maka jangan ragu untuk mendahulukan membeli rumah. Tapi kalo Lo ngerasa Lo lebih membutuhkan mobil dan Lo ngerasa dan yakin dalam waktu tertentu Lo akan mampu membeli rumah maka ini tentu gak jadi masalah. Yang jadi masalah adalah ketika Lo mendahulukan keinginan Lo bukan kebutuhan Lo, ini pasti akan menuntun Lo ke jalan yang sama sekali gak enak.

4. Where

Pada saat ini posisi keuangan Lo ada dimana sih Bro? Kalo saat ini kondisi keuangan Lo ada pada tahap yang mungkin bisa dibilang gak terlalu banyak, dan kondisi kenaikan gaji yang tidak terlalu jelas atau tidak terlalu besar kenaikannya maka Gw saranin Lo untuk mendahulukan membeli rumah. Tapi, ini akan balik lagi kepada pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Apa kebutuhan Lo dan kenapa?

Pada kondisi keuangan yang memang belum terlalu banyak, Lo perlu ngedahuluin yang memang Lo butuhkan bukan yang Lo inginkan. Gak masalah kalo Lo emang butuh mobil dan mendahulukan memenuhinya, yang penting Lo udah punya perhitungan yang matang kapan Lo akan beli rumah. Pun sebaliknya, kalo Lo beli rumah dulu Lo juga harus punya perhitungan kapan kira-kira akan membeli mobil. Kuncinya yang sering Gw bilang tadi, dahulukan yang bener-bener Lo butuh bukan yang Lo pengen.

5. Who

Buat siapa sih Lo beli rumah atau mobil tersebut? Buat Lo dan keluarga kah, atau buat orang tua, atau buat siapa aja yang menurut Lo penting. Pertanyaan ini akan relate dengan pertanyaan sebelumnya, seberapa mendesak kebutuhan itu?

Kalo saat ini Lo dan keluarga Lo masih tinggal sama orang tua, atau ngontrak, dan usaha yang Lo jalani gak mengharuskan Lo untuk punya mobil maka udah jelas Lo harus duluin buat beli rumah. Buat apa beli mobil? masa mau tinggal sama orang tua atau ngontrak terus? Lo dan keluarga Lo pasti akan lebih nyaman tinggal di rumah sendiri, karena kalo di kontrakan atau di rumah orang tua kita akan ngerasa kurang bebas atau sungkan. Inget Bro, kalo Lo beli rumah, Lo gak bakalan rugi karena gak ada ceritanya harga rumah itu turun. Selama posisi dan letak rumah Lo bagus, maka harga rumah Lo akan terus naik setiap waktunya. Jadi menurut Gw ini adalah investasi yang sangat menguntungkan buat Lo.

6. How

Gimana cara belinya? cash at kredit? kalo misalnya Lo pengen kredit rumah, kemudian Lo kredit mobil juga dalam waktu yang bersamaan Gw saranin jangan Bro, karena beban Lo akan berat banget. Bayangin Bro, Lo harus bayar 2 cicilan setap bulannya, belum lagi ada kebutuhan-kebutuhan lain yang harus Lo penuhi juga. Pusing Bro, Jangan! Kalo gaji Lo gede banget ya terserah Lo sih itu mah Lo lebih tau, tapi kalo gaji hanya cukup untuk kredit salah satu tentunya gak bisa dipaksain buat kredit dua-duanya sekaligus. Bunga kredit itu lumayan gede Bro, jadi harus bener-bener Lo pertimbangkan dengan bijak mana yang akan Lo dahulukan. Kalo misalnya Lo pengen menuhin dua-duanya maka salah satu harus ada yang Lo beli secara cash, dengan begitu beban bulanan Lo gak akan terlalu berat.

Pesen Gw adalah, dahulukanlah kebutuhan bukan keinginan. Gaya hidup itu bukanlah kebutuhan, jadi jangan sampe gelap mata untuk selalu memenuhi keinginan Lo. Mau beli rumah dulu atau mobil dulu itu gak masalah selama itu memang kebutuhan Lo.

Semoga bermanfaat Bro, jangan lupa di share ya! Cheers.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini