gentlemancode.id
Berikut Ini Adalah Sisi Negatif Dari Buka Bersama Yang Bikin Males Untuk Ikutan

BERIKUT INI ADALAH SISI NEGATIF DARI BUKA BERSAMA YANG BIKIN MALES UNTUK IKUTAN

Published on Tuesday, 28 June 2016

Di setiap bulan puasa, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya buka bersama. Dalam satu minggu kita bisa menerima beberapa undangan untuk menjalani buka bersama. Mulai dari teman sd, teman smp, teman smu, teman kerja, teman tapi mesra (eh, LOL) dan lain-lain.

Sejatinya, buka bersama diadakan untuk silaturahim. Namun kadang pada prakteknya kegiatan ini menjadi kegiatan yang lebih banyak mudaratnya kalo kata ustad daripada manfaatnya. Apa saja sih dampak negatif dari buka bersama? Genta akan coba memaparkannya untuk Bro semua.

1. Menjadi ajang pamer kekayaan

Kegiatan buka bersama biasanya menjadi ajang reuni bersama teman-teman yang sudah lama tidak bertemu. Baik sih tujuannya, namun kadang ada beberapa oknum yang menjadikan acara ini sebagai ajang pamer kekayan atau pencapaian. Hal ini tentunya menodai tujuan sebenarnya dari buka bersama. Sebaiknya acara buka bersama menjadi ajang untuk melepas kangen bersama teman-teman yang sudah lama tidak bertemu tanpa dinodai oleh rasa ingin diakui atau dipuji.

2. Malah asik main gadget masing-masing

Bukannya ngobrol dan bercengkrama, yang ada malah asik main gadget masing-masing. Entah karena sibuk atau apa, setiap orang asik sendiri bersama gadgetnya masing-masing. Padahal didepan mata mereka ada teman dan sahabat yang sudah menyempatkan waktu untuk datang ke acara buka bersama ini.

3. Boros

Biasanya kalo berbuka sendiri kita hanya menghabiskan uang 20.000 untuk berbuka. Namun tidak apabila buka bersama, minimal kita harus mengeluarkan uang 50.000 rupiah untuk sekali makan. Karena rata-rata buka bersama diadakan direstoran-restoran yang hits yang mempunyai standar harga yang cukup tinggi.

4. Lewat sholat maghrib, isa dan tarawih

Dikarenakan terbawa suasana yang seru, kadang kita melupakan kewajiban kita untuk Sholat. Tidak cuma sholat maghrib, namun sholat Isya dan taraweh pun bablas.

5. Ngomongin orang

Ngobrol ketika menunggu kumandang adzan maghrib gpp. Boleh. Tapi, jangan sampe ngomongin orang juga. Karena ketika kita ngomongin orang, yang ada nilai ibadah puasa kita akan berkurang. Ga mau kan Bro pahala puasanya berkurang?

5 Hal diatas merupakan beberapa alasan yang kadang membuat seseorang malas untuk ikut buka bersama. Buka bersama boleh-boleh saja, asal jangan melupakan tujuan dari buka bersama itu sendiri. Tetap semangat puasanya ya Bro.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini