gentlemancode.id
Bisnis atau Kerja kantoran?

BISNIS ATAU KERJA KANTORAN?

Published on Tuesday, 11 April 2017

Pertanyaan kaya gini pasti banyak banget nih, dan buat jawabnya bakalan susah, karena banyak yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan.

Bisnis, atau kerja kantoran? Gw ngerti banget rasanya jika pertanyaan ini muncul di kepala Lo. Masing-masing punya pro dan kontra-nya sendiri, yang mana kadang kedua hal itu kalo Lo bandingin apple to apple, bisa bikin Lo langsung mundur dan nyerah gitu aja.

Tapi entar dulu Bro, sebelum Lo nyerah, ada baiknya Lo list down lagi pro dan kontra dari kedua hal tersebut. Karena sebenarnya menurut Gw, masih banyak pemahaman yang salah dalam memutuskan kedua hal ini.

Misalnya, dari segi time management, banyak yang beranggapan bahwa dengan berbisnis itu jelas lebih enak karena Lo gak lagi terikat pada jam kerja, jadi gak mesti bangun pagi misalnya. Nah, ini nih pemahaman yang salah banget. Karena dengan "kebebasan tanpa jam kerja" yang Lo miliki, Lo sebenarnya malah harus lebih bertanggung jawab dengan time consume Lo. Sembarangan sedikit, malas-malasan sedikit, atau bangun kesiangan sedikit, calon investor Lo bisa swing away alias cabut gitu aja dan direbut sama saingan lo. Kaget? Jangan. Itu faktanya Bro! Yap, apapun yang Lo lakukan akan memberi direct impact alias efek langsung terhadap bisnis Lo. Jadi, Lo harus sangat hati-hati dalam bersikap maupun bertindak.

Kemudian, pemahaman lain yang juga menurut Gw gak sepenuhnya tepat adalah Lo selalu hanya memperhitungkan keuntungan dari bisnis Lo aja, tanpa menghitung resiko kegagalan. Ini hal yang banyak banget bikin orang akhirnya tidak memperkirakan kegagalan dan akhirnya mengalami kebangkrutan. Yes Bro, business is risky, and best better kalo Lo hitung kemungkinan kerugian dan kegagalan dalam skala persentase yang sama dengan kesuksesan Lo, dan Lo bahkan harus selalu siap dengan kemungkinan gagal yang jauh lebih besar dari kemungkinan sukses. Bukan, bukan pesimis Bro. Tapi realistis, biar Lo punya planning terhadap semua kemungkinan yang terjadi.

Tapi, tapi.. berbisnis juga ada sisi baiknya kok, banyak malah. Karena pada dasarnya, menjalani passion Lo itu adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan. Asal Lo udah yakin bahwa hal ini adalah memang benar-benar sesuatu yang Lo suka dan benar adalah passion Lo dan Lo punya planning yang jelas mengenai bagaimana cara Lo ngejalaninnya. Kalo Lo belum yakin, tanya lagi sama diri Lo kira-kira apa sih hal yang bikin Lo pengen berbisnis, dan bidang apa yang ingin Lo dalami. Supaya Lo bisa buat persiapan yang lebih matang dan steady. Selanjutnya, Lo bisa mencari info dimana aja di internet atau Lo bisa ikut workshop atau seminar yang berhubungan dengan bisnis Lo. Percaya deh, hal ini penting banget dalam memulai suatu bisnis. Lo harus banyak mendengar pengalaman dari mereka yang sudah mulai duluan, jangan lupa juga untuk mencari cara agar Lo bisa kenal dengan mereka secara personal. Tujuannya simple, supaya Lo bisa dapet banyak tips dan trik serta berbagi pengalaman-pengalaman mereka yang akan berguna banget buat Lo, karena hal ini penting banget buat Lo nanti agar bisa meminimalisir kemungkinan kegagalan dalam bisnis yang Lo jalani. Inget Bro, experience is the best teacher ever.

Selain itu, enaknya berbisnis adalah Lo bisa punya kesempatan yang jauh lebih besar untuk belajar, mengenal orang dan lingkungan baru, dan bisa lebih bermanfaat untuk orang lain karena Lo setidaknya akan membuka kesempatan kerja baru untuk orang lain. Yang pasti sih ilmu Lo akan nambah jauh lebih banyak lagi dari tiap pengalaman baru yang Lo dapetin melalui berbisnis.

Anyway, buat Lo yang biasa mendapatkan gaji bulanan, dalam berbisnis apalagi jika baru merintis, mungkin keadaan akan terasa sedikit berbeda buat Lo karena Lo gak lagi bisa dapetin uang yang pasti masuk tiap bulan ke rekening gaji Lo. Meskipun begitu, Lo tetep bisa kok dapetin pendapatan yang jauh lebih besar dari gaji Lo, dan Lo harus bisa me-manage keuangan Lo karena mulai sekarang Lo udah gak lagi dapet uang rutin tiap bulan. I mean, who knows? Mungkin suatu periode, bisnis Lo lagi sepi dan hal ini menyebabkan keuangan Lo jadi agak "seret", disinilah mengapa Lo harus mengatur dengan baik keuangan Lo. Always prepare for the worst, but hope for the best, dan Jangan takut untuk bermimpi, yakin, dan jangan sampe menyerah karena pada dasarnya gagal itu adalah ketika kita menyerah dalam berusaha.

Intinya, masing-masing keputusan punya pro dan kontranya sendiri. Sekarang tinggal Lo pilah lagi deh level resiko dari masing-masing variable tersebut. Tulis di selembar kertas, tulis semua resiko dan keuntungan yang mungkin muncul dan diskusikan dengan orang tua, pasangan, atau sahabat Lo, karena sangat penting untuk mendengar pendapat dari orang lain supaya Lo bisa punya banyak input untuk akhirnya menentukan keputusan mana yang akan Lo ambil.

Ketika Lo baca artikel ini, jangan sampe bikin Lo jadi parno ya Bro. Gw hanya membantu memberi input dari sisi netral sebagai sahabat Lo agar Lo bisa lebih mempersiapkan semuanya lebih matang lagi.

Jadi segitu dulu pembahasan kita kali ini, whatever decision you'll take, hopefully it's the best for you and you can be success in it!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini