gentlemancode.id
Buat Lo Pengendara Motor, Ini Cara Merawat Motor yang Benar!

BUAT LO PENGENDARA MOTOR, INI CARA MERAWAT MOTOR YANG BENAR!

Published on Wednesday, 31 January 2018

Setiap pengendara motor pasti ingin tunggangan mereka terawat dengan baik dan berumur panjang. Terlebih untuk mereka yang menggunakan motor untuk bekerja, mereka pasti ingin motor mereka selalu tetap dalam keadaan yang baik, bener nggak?

Buat Lo para bikers, merawat kondisi motor Lo agar tetap dalam keadaan baik tentu adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Untuk itu, Lo harus melakukan berbagai macam perawatan dan pemeliharaan yang harus Lo lakukan secara berkala, seperti:

1. Memeriksa Busi 

Busi adalah salah satu komponen yang sangat vital untuk kelancaran mesin motor. Untuk itu, periksalah busi motor Lo secara berkala untuk melihat apakah busi tersebut masih layak atau tidak. Sebaiknya, serahkan urusan ini kepada bengkel yang terpercaya bro supaya motor Lo mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya.

2. Periksa filter karburator

Dari beberapa sumber yang kami baca, filter karburator itu memiliki dua jenis, yaitu jenis basah dan jenis kering. Untuk jenis filter basah, Lo bisa membersihkannya dengan menggunakan bensin lalu setelah itu dilumasi oli. Untuk filter kering lebih mudah lagi bro, Lo tinggal menyemprotnya dengan kompresor saja.

3. Periksa Setelan Rantai dan Gir

Kalo Lo sering menggunakan motor Lo untuk berbagai macam kegiatan Lo, maka jangan biarkan rantai motor Lo kendor atau terlalu kencang, kenapa? Apabila rantai motor kendor maka hal tersebut bisa menyebabkan putusnya rantai. Untuk mengatasinya, Lo bisa meminta bengkel terpercaya untuk memperbaikinya. Nah, kalo rantai motor Lo kering, maka Lo bisa melumasi rantai motor Lo dengan menggunakan semprotan cairan khusus untuk rantai motor, atau Lo juga bisa menggunakan oli khusus untuk rantai motor. Kalo misalnya odometer sudah menunjukan angka 25.000 KM atau 35.000 KM maka sebaiknya Lo mengganti rantai motor Lo.

4. Membersihkan karburator

Buat Lo yang menggunakan motor jenis karburator maka perawatan ini adalah hal yang harus dilakukan agar bensin dari tangki tidak tersumbat ke mesin pembakaran. Nah, kalo misalnya Lo nggak tau caranya maka lebih baik Lo menyerahkan kepada bengkel yang udah Lo percaya. 

5. Cek kondisi air aki atau aki pada motor

Untuk menjaga agar sistem kelistrikan pada motor bisa berjalan dengan lancar maka gantilah aki motor Lo setiap tiga tahun sekali. Lo harus rutin menggantinya bro jangan sampe engga, supaya motor Lo tetap bisa digunakan setiap hari.

6. Memanaskan mesin

Sebelum menggunakan motor Lo, panaskanlah terlebih dahulu mesin motor Lo. Hal ini bertujuan agar oli pada mesin bisa melumasi seluruh komponen komponen di dalam mesin sehingga mesin bisa bergerak maksimal.  Luangkan waktu selama satu atau dua menit setiap Lo akan memakai motor Lo untuk bepergian.

7. Gunakan suku cadang asli

Meskipun suku cadang asli memiliki harga yang terbilang mahal, tapi itu semua worth it untuk kenyamanan dan keamanan Lo, bro. Dengan memakai suku cadang asli, Lo bisa lebih menghemat uang Lo karena suku cadang asli itu lebih awet. Berbeda dengan suku cadang palsu, suku cadang palsu akan banyak menguras isi dompet Lo. Selain bikin Lo jadi boros, suku cadang palsu juga bisa bahaya untuk keselamatan Lo.

Kalo Lo pengen motor Lo awet, maka rawatlah motor Lo dengan baik bro. Lakukan service secara berkala di bengkel resmi yang Lo percaya dan tetap gunakan motor Lo dengan bijak. Semoga bermanfaat bro dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini