gentlemancode.id
Cara Berjabat Tangan Yang Benar

CARA BERJABAT TANGAN YANG BENAR

Published on Thursday, 07 September 2017

Hallo Bro, kali ini Gw pengen ngomongin tentang salah satu aktifitas yang pasti udah sering banget kita lakukan dalam kegiatan kita sehari-hari secara kita hidup di Indonesia yang mana hal tersebut sudah menjadi kebiasaan dan sudah menjadi budaya dalam keseharian kita. Apakah itu? Berjabat tangan. Ya Bro, berjabat tangan atau salaman.

Selain memang sudah tradisi, berjabat tangan adalah salah satu cara yang bisa Lo lakukan untuk menunjukan dan memberikan kesan pertama yang baik kepada orang lain. Cara Lo berjabat tangan akan menunjukkan image Lo, Bro. Melalui jabat tangan, orang lain bisa menilai diri Lo apakah Lo orang yang terbuka, atau apakah Lo adalah orang yang percaya diri atau tidak. Banyak hal Bro yang bisa orang baca dari cara Lo berjabat tangan. Jadi, itulah alasan kenapa Lo harus tau cara berjabat tangan yang benar.  Supaya orang lain bisa mendapatkan kesan positif ketika bertemu sama Lo.

Nah, menurut Lo, apakah selama ini cara Lo dalam berjabat tangan udah bener? Oke, Gw akan coba menjawab pertanyaan itu satu persatu melalui penjelasan dibawah ya.

1. Perhatikan kondisi tangan Lo

Rule number one, kalo Lo ingin dihargai, hargailah orang lain terlebih dahulu. Ya Bro, berjabat tangan adalah salah satu cara Lo untuk menghargai orang lain. Jadi, pastikan kondisi tangan Lo bersih ya jangan sampe kotor. Kalo tangan Lo basah, lengket, atau kotor, lebih baik Lo keringin dulu pake sapu tangan atau tisu supaya tangan Lo kering. Kalo tangan Lo kotor dan Lo susah untuk menemukan tempat untuk mencuci tangan, Lo bisa menggunakan hand sanitizer yang bisa dengan mudah membersihkan tangan Lo. Tangan yang bersih dan kering akan membuat Lo dan orang yang berjabat tangan sama Lo merasa nyaman dan gak kagok ketika kalian berjabat tangan.

2. Pastikan tangan Lo kosong

Maksud Gw gini Bro, kalo kondisinya Lo memang bener-bener ribet, misalkan tangan kiri pegang barang bawaan, tangan kanan megang laptop, terus bahu memanggul tas ransel, Gw pastikan Lo pasti kerepotan ketika harus berjabat tangan. Bisa-bisa harus pakai acara bongkar muatan dulu untuk melakukannya. Nah, kalo memang Lo akan menemui orang lain dan mengharuskan Lo untuk berjabat tangan, pastikan tangan Lo kosong ya. Kalo kondisinya ribet kaya yang Gw sebutin tadi, taruhlah terlebih dahulu barang-barang Lo, baru setelah itu Lo bisa berjabat tangan. Itu adalah bentuk penghargaan Lo sama orang tersebut dan itu juga adalah salah satu etika yang harus kita pegang dalam pergaulan kita sehari-hari. Inget ya Bro, Lo jangan memaksakan diri untuk berjabat tangan ketika tangan Lo memang benar-benar sedang menenteng atau membawa sesuatu, karena itu akan membuat orang lain justru malah akan merasa gak enak.

3. Kalo Lo sedang duduk, berdirilah

Mungkin Lo pernah mengalami ini Bro, situasi dimana ada seseorang mengulurkan tangannya ke Lo ketika Lo dalam posisi duduk. Ketika itu terjadi, maka Lo harus berdiri terlebih dahulu Bro untuk kemudian berjabat tangan. Hal sederhana ini akan menunjukkan bahwa Lo adalah orang yang benar-benar menghargai orang lain. Gitu, Bro.

4. Sesuaikan kekuatan genggaman Lo

Ini penting nih, Bro. Dalam berjabat tangan Lo jangan sampai menggenggam terlalu kuat tangan lawan bicara Lo. Genggam lah secara pas, tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah. Ketika Lo mengenggam terlalu lemah atau bahkan tidak digenggam sama sekali, Ini akan menimbulkan kesan bahwa Lo kurang menghargai lawan bicara Lo dan orang bisa beranggapan bahwa Lo adalah orang yang tidak antusias. So, give them a firm handshake!

5. Posisikan telapak tangan kesamping dan Bukalah ibu jari Lo

Ketika Lo berjabat tangan, jangan tutup ibu jari Lo (menempel di telapak tangan), cobalah buka ibu jari Lo. Indiskasinya adalah kalo telapak tangan Lo menghadap ke samping, maka ibu jari Lo semestinya mengarah ke atas. Berdasarkan buku yang pernah Gw baca, Lo jangan mengulurkan tangan dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas atau ke bawah. Posisi telapak tangan menghadap ke atas menujukkan kalo Lo submissive (menurut, mengalah), sedang posisi telapak tangan menghadap ke bawah menunjukkan Lo dominan.

6. Pastikan ada web to web contact

Apaan tuh web to web contact? Artinya gini Bro, ketika Lo berjabat tangan, pastikan web tangan Lo menyentuh web orang yang berjabat tangan sama Lo sampai mentok. Oh iya, web adalah sudut antara ibu jari dan telunjuk Lo. Kalo tidak terjadi web to web contact, maka Lo seperti hanya menggenggam jari-jarinya saja. Nah, kalo udah gini, persepsi yang bisa ditimbulkan adalah bahwa Lo kurang pede alias kurang percaya diri, Bro.

7. Lakukan kontak mata dan tersenyum

Ketika Lo berjabat tangan, lihatlah wajah orang tersebut, lakukan kontak mata, dan tersenyumlah. Senyum adalah simbol bahwa Lo terbuka terhadap lawan bicara Lo dan itu akan menunjukan keramahan Lo. Kontak mata akan menunjukan rasa percaya diri dan antusiasme Lo. Jadi, tatap matanya dan tersenyumlah!

Nah itu dia Bro, cara bejabat tangan yang benar. Kesimpulannya adalah dari berjabat tangan kita bisa menunjukan kualitas diri kita kepada orang lain. Ketika Lo berjabat tangan dengan benar itu artinya Lo sudah menghargai orang lain. Ketika orang lain merasa dihargai dan Lo bersikap welcome kepada mereka, maka peluang-peluang baik pasti akan muncul, Bro. Jadi, Jangan sungkan untuk berjabat tangan, walaupun hanya untuk sekadar menyapa. Inget Bro, gentleman itu selalu bisa menghargai lawan bicara mereka, bisa bersikap welcome, dan bisa membuat lawan bicaranya merasa nyaman.

Sekian Bro, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temen-temen Lo ya! Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini