gentlemancode.id
Cara Memilih Kamera untuk Pemula

CARA MEMILIH KAMERA UNTUK PEMULA

Published on Saturday, 07 October 2017

Sebuah momen akan terasa kurang jika tidak diabadikan, setuju nggak Bro? Meski bisa diingat, foto bisa Lo jadikan sebagai alat untuk mengenang momen-momen seru dalam kehidupan Lo. Nah, untuk menghasilkan foto yang kece, pastinya Lo butuh kamera yang lebih dari sekadar kamera ponsel, Bro. Kalo saat ini Lo lagi butuh kamera, tapi Lo masih baru alias newbie di bidang fotografi, terus Lo bingung memilih kamera yang pas, maka tepat banget nih Lo mampir ke artikel ini, karena kali ini Gw akan share tentang gimana sih caranya memilih kamera untuk para pemula.

Pertama, Lo musti tau untuk apa Lo punya kamera

Menurut Gw, seseorang memilih memutuskan untuk membeli kamera adalah biasanya untuk keperluan dokumentasi, nge-vlog, tuntutan profesi atau untuk menekuni hobi fotografi. Nah, kalo Lo sudah tau kebutuhan Lo apa, pastikan Lo memilih kamera sesuai kebutuhan Lo ya. Tapi kalo Lo masih ragu menentukan kamera jenis apa yang sebaiknya Lo pilih, Lo bisa lanjut baca artikel ini! Gw akan coba mengulasnya secara singkat, mungkin next time Gw akan bahas lebih detail lagi ya!

1. Kalo Lo butuh kamera untuk keperluan dokumentasi atau sekadar mengabadikan momen jalan-jalan, atau tugas kuliah, Lo bisa memilih compact camera atau prosumer camera, Bro.  Dilihat dari namanya, compact Camera atau kamera saku adalah tipe camera yang paling simple, biasanya sih disebut Point and Shoot Camera, karena cara penggunaannya gampang banget tanpa Lo harus mengaturnya secara manual. Setingkat lebih tinggi dibanding compact camera, Prosumer camera adalah kamera yang menjembatani antara Compact Camera dan DSLR, atau bisa dibilang semi-pro Bro, yang mana hasilnya biasanya akan lebih baik dibandingkan dengan compact kamera. Nah, dengan kamera ini Lo bisa memaksimalkan kemampuan dan kreativitas dalam memotret karena adanya pengaturan eksposure manual dan dukungan lensa serta sensor yang sedikit lebih besar dari kamera saku biasa, tanpa harus punya kamera dan lensa-lensa DSLR, Bro.

2. Kalo Lo butuh kamera untuk lebih dari sekadar mengabadikan momen tapi juga memperhatikan detail, Lo bisa memilih kamera mirrorless, Bro. Mirrorless adalah kamera yang sekarang banyak digunakan para vlogger untuk menghasilkan video dan foto yang ciamik Bro, bentuknya yang ringkas dan kualitas yang hampir setara dengan DSLR membuat kebanyakan orang memilih kamera dengan jenis ini.

3. Kalo Lo ingin menghasilkan foto profesional dengan bokeh yang wah untuk mengabadikan setiap momen, Lo bisa memilih DSLR (digital single-lens reflex camera). DSLR adalah kamera yang paling banyak digunakan oleh fotografer profesional, Bro. Ukuran kamera DSLR memang besar dan nggak seperti kamera digital biasa, hmm tapi sekarang  ada juga sih beberapa kamera DSLR yang ringan dan praktis untuk dibawa-bawa, tergantung Lo memilih brand apa.

Nah, setelah Lo tau apa kebutuhan Lo. Kita lanjut ke tips kedua! Inget, jangan sampai Lo menyesal dan salah memilih kamera ya, Bro!

Kedua, tentukan budgetnya

Ketika Lo sudah tau kebutuhan Lo apa, saatnya Lo menyesuaikannya dengan budget Lo, Bro. Tapi inget Bro, jangan habiskan budget Lo hanya untuk kamera. Lo musti menyediakan budget untuk lensa dan aksesoris lainnya.

Supaya nggak salah dalam memilih kamera, pastikan Lo realistis dengan budget yang Lo punya! Kalo Lo punya budget kecil tapi ingin membeli kamera DSLR terbaru yang berkualitas, maka kumpulin dulu duitnya, baru beli kamera. Namun bila kebutuhan kamera sudah sangat mendesak, maka Lo bisa menentukan pilihan berdasarkan budget yang Lo punya. Inget Bro, kalo Lo membeli kamera, cari yang harganya sedikit di bawah budget ya! Karena selain membeli kamera, Lo musti menyiapkan uang untuk membeli aksesoris lainnya.

Ketiga, cari info seputar kamera di internet

Budayakan googling sebelum bertanya. Kalo informasi tentang kamera yang Lo incer belum cukup Lo dapet, Lo bisa mencari informasi yang lebih banyak dan bervariasi dari internet, Bro! Banyak kok situs dalam negeri dan luar negeri yang mengulas tentang berbagai jenis kamera, mulai dari fungsi, spesifikasi dan harga. Nah, setelah Lo tau kebutuhan Lo dan menyesuaikan dengan budget Lo, carilah beberapa opsi kamera yang akan Lo beli. Pastikan Lebih dari dua ya, Bro. Untuk jaga-jaga aja.

Keempat, minta rekomendasi teman yang ngerti soal kamera

Sekarang udah banyak banget forum-forum dan group di facebook yang khusus membahas soal fotografi. Ketika Lo newbie di dunia fotografi, jangan ragu untuk join di forum atau grup-grup tersebut. Biasanya di forum-forum tersebut banyak fotografer yang memang udah pengalaman, tak hanya paham teknik untuk menghasilkan foto yang ciamik, biasanya mereka tau kamera mana yang bagus ketika Lo bertanya dan menjelaskan kebutuhan Lo apa dan budget Lo berapa. Jangan malu buat nanya, Bro. Oh iya, ketika Lo punya teman yang expert di bidang fotografi, jangan sungkan untuk mencuri ilmu dan bertanya seputar kamera dan minta rekomendasi kamera yang cocok buat Lo, apa.

Nah, itu dia Bro yang bisa Gw sampaikan. Semoga Lo nggak bingung lagi menentukan jenis kamera apa yang akan Lo pilih ya! Kali ini cukup segitu aja dulu. Next, Gw akan coba share merk kamera yang cocok yang sesuai dengan kebutuhan Lo. Gw akan coba jelaskan spesifikasi serta kelebihan dan kekurangannya nanti ya, Bro! Tunggu aja dan sering-sering pantengin website, facebook, dan instagram kita :)

Oke deh Bro, segitu aja dari Gw. Semoga bermanfaat ya. Kalo Lo punya saran lain, boleh banget share di kolom komen. Thanks!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini