gentlemancode.id
Cara Merawat Kamera dengan baik dan benar

CARA MERAWAT KAMERA DENGAN BAIK DAN BENAR

Published on Monday, 28 May 2018

Buat Lo yang hobi fotografi, Lo semua pasti tahu dong kalo kamera DSLR itu mahal harganya. Untuk itu, kalo Lo udah memutuskan untuk memilikinya, Lo harus siap untuk merawatnya dengan baik agar kamera nggak cepat rusak. 

Ya bro, kamera Lo itu butuh mendapatkan perawatan yang baik agar lensa dan body kamera nggak kotor karena terkena debu. Selain untuk menjaga kamera tetap bersih, perawatan yang baik juga akan menjaga kamera agar tetap awet. Untuk itu, sangat penting buat Lo untuk tahu dan mengerti bagaimana cara merawat kamera yang baik dan benar.

Nah bro, agar kamera Lo memiliki umur yang panjang, dibawah ini adalah cara merawat kamera yang baik dan benar, diantaranya adalah:

1. Jauhkan Kamera dari Air

Kalo misalnya kamera Lo nggak anti air, maka Lo harus menjauhkan kamera Lo dari air atau hal-hal yang bisa membuat kamera Lo basah. Kamera DSLR sangat sensitif bro terhadap air karena air yang masuk bisa membuat komponen di dalam kamera menjadi rusak. Selain itu, sisa-sisa air yang masuk juga bisa menyebabkan lensa kamera menjadi berembun. So, hati-hati ya!

2. Bersihkan lensa kamera secara teratur 

Jagalah kebersihan kamera Lo bro walaupun misalnya kamera tersebut jarang digunakan. Gunakanlah cairan pembersih khusus lensa untuk membersihkannya dan jangan sekali-kali menggunakan pembersih yang bukan seharusnya karena itu bisa membuat lensa kamera menjadi rusak. 

Untuk cara menggunakannya, jangan semprotkan cairan kepada lensa namun semprotkan lah cairan pembersih tadi kepada lap microfiber untuk kemudian di usapkan kesuluruh bagian lensa.

Selain itu, untuk menghindari lensa terkena debu atau kotoran, Lo harus selalu menggunakan lens cap ketika lensa tidak digunakan. Tidak hanya menjaga lensa dari debu dan kotoran, lens cap juga akan melindungi lensa dari goresan dan benturan.

3. Gunakan Tas khusus untuk membawa kamera

Ketika Lo sedang ingin bepergian untuk mengambil foto, gunakan lah tas yang memang khusus untuk membawa kamera, bro. Tas khusus kamera biasanya memiliki bantalan empuk yang bisa menjaga kamera dari segala benturan yang terjadi selama di perjalanan. Selain itu, biasanya tas ini memiliki tempat penyimpanan khusus untuk lensa, charger, filter, dan perlengkapan lainnya yang akan membuat aktivitas fotografi Lo lebih nyaman.

4. Gunakan screen guard untuk LCD kamera

Agar terhindar dari goresan, disarankan untuk memasang screen guard pada layar LCD kamera Lo, bro. Screen guard ini akan melindungi layar dari goresan, sidik jari, air, dan juga debu.

5. Bersihkan body kamera secara teratur

Tidak hanya lensa saja yang harus Lo perhatikan bro, body kamera juga jangan sampe Lo abaikan. Usahakan untuk membersihkan body kamera secara teratur agar body kamera Lo nggak dipenuhi debu. 

Gunakan pembersih khusus body kamera dengan cara mengaplikasikannya kepada kain halus. Setelah itu usapkan kain tersebut kepada seluruh body kamera sampe body kamera Lo terlihat bersih. 

6. Gunakan filter untuk melindungi lensa

UV Filter berfungsi untuk menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari, bro. Selain itu, UV Filter juga memiliki fungsi untuk mencegah debu dan kotoran menempel pada lensa kamera. Agar kamera tetap awet, jangan ragu untuk memasang UV Filter ya karena pemasangan filter pada lensa nggak akan mengurangi kualitas gambar.

7. Pasang Lens Hood pada Lensa

Lens Hood memiliki fungsi untuk mencegah masuknya cahaya berlebih menuju sensor kamera. Perlu Lo ketahui bro bahwa cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera ternyata bisa mengurangi kepakaan sensor yang dimiliki oleh suatu kamera. Untuk itu, gunakan lens hood ketika Lo akan mengambil foto pada siang hari di ruangan terbuka.

8. Perhatikan Baterai

Biasanya, baterai yang digunakan pada kamera memiliki usia kurang lebih lima ratus kali siklus pengisian. Jadi bro, daya baterai akan mengalami  penurunan ketika baterai sudah melewati siklus tersebut sehingga Lo harus segera menggantinya.

Untuk menjaga baterai tetap awet adalah Lo harus menghindari menyimpan baterai dalam suhu ekstrem, bro. Selain itu, jangan lupa untuk mengisi daya ketika Lo sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam waktu yang lama.

9. Gunakan Shoulder Strap saat mengambil gambar

Shoulder strap akan membantu kita dalam membawa kamera ketika kita misalnya dituntut untuk selalu aktif bergerak saat mengambil gambar. Tali ini berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat Lo sedang menggunakan kamera. Nah, karena Lo nggak pernah tahu Lo akan mengalami hal apa ketika Lo asik mengambil gambar, shoulder strap akan menjaga kamera Lo agar tidak terjatuh ketika Lo misalnya terpeleset atau tidak sengaja kamera lepas dari genggaman.

10. Simpan kamera di dalam dry box

Simpanlah kamera di dalam dry box bro agar kamera terlindung dari perubahan suhu yang ekstrem. Kotak ini akan menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari suhu yang lembab yang bisa merusak komponen kamera. 

Nah, itu dia bro cara yang bisa Lo lakukan untuk merawat kamera agar tetap awet dan nggak gampang rusak. Ingat bro kamera itu mahal, maka jangan sampe Lo asal-asalan dalam merawatnya karena bisa-bisa nanti kamera Lo malah rusak. Semoga bermanfaat bro dan jangan lupa di share ya. Thanks!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini