gentlemancode.id
Cara Pintar Menerima Dan Menyerap Informasi

CARA PINTAR MENERIMA DAN MENYERAP INFORMASI

Published on Tuesday, 05 September 2017

Bro, Gw yakin Lo semua pasti selalu butuh sama yang namanya informasi, dan Gw rasa setiap hari Lo pasti disuguhi oleh berbagai macam informasi yang diantaranya ada yang bermanfaat dan ada juga yang tidak. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita memang tidak akan pernah lepas dari yang namanya informasi, apalagi di jaman serba canggih kaya sekarang ini, dimana informasi tidak hanya menyebar dari mulut ke mulut saja, tapi juga informasi bisa kita dapat dari berbagai macam media dan arus nya itu sangat cepat sekali.

Arus informasi yang sangat cepat ini tentu sangat membantu kita dalam mendapatkan informasi secara realtime dengan mudah. Tapi, masalahnya tidak semua orang bisa menerima dan menyerap informasi dengan benar. Diluar sana masih banyak orang yang asal terima aja informasi-informasi yang belum jelas kebenarannya sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Nah, kali ini Gw akan ngebahas tentang bagaimana sih caranya agar kita bisa pintar dalam menerima informasi supaya kita bisa memilah mana informasi yang benar-benar baik untuk kita konsumsi.

Pada dasarnya, informasi bisa kita dapatkan dengan dua cara, pertama dengan cara mendengarkan, kedua dengan cara membaca. Untuk dapat menerima dan menyerap informasi secara maksimal ketika Lo mendengarkan, Lo bisa ikuti cara ini, Bro!

1. Fokuslah Ketika Mendengarkan

Kemampuan menerima dan menyerap informasi tiap-tiap orang memang beda-beda, Bro! Tapi kalo Lo mencoba untuk fokus dan mendengarkan dengan seksama dan mencerna setiap kalimat dengan baik, maka dari 100% setidaknya akan ada 75% informasi yang bisa Lo tangkep, 25% nya ini biasanya adalah istilah yang asing atau belum Lo pahami. Ketika Lo gak fokus, Lo gak akan maksimal dalam menerima informasi. Bahkan mungkin gak akan sampai 50% informasi yang bisa Lo terima. Nah itu dia, kenapa Lo butuh fokus, setidaknya Lo mampu menerima sebagian besar informasi dengan baik ketika Lo mendengarkan dengan seksama.

2. Biar Tetap Fokus, Istirahat lah 20 menit sekali ketika Lo mendengarkan suatu presentasi

Ketika Lo dihadapkan pada sesi mendengarkan dalam sebuah presentasi atau suatu materi. Kalo bisa, sebaiknya Lo istirahat setiap 20 menit sekali. Kenapa? Karena otak manusia rata-rata hanya mampu menyerap informasi setelah mendengarkan selama 20 menit. Seperti yang Gw lansir dari suara.com, Kemampuan optimal otak manusia menyerap materi atau pelajaran hanya 20 menit pertama saja, setelah itu kemampuan Lo dalam menyerap materi akan menurun. Menurut dr Rizki Edmi Edison PhD pada seminar bertema "Strategi Pembelajaran Berbasis Neurosains" sebaiknya setiap 20 menit penyampaian materi atau pelajaran, pendengar diberi waktu istirahat dengan disuruh bergerak, berdiri atau berjalan keluar, sehingga dalam beberapa menit pendengar bisa kembali duduk menerima materi atau pelajaran dengan konsentrasi yang maksimal. Hasil risetnya  juga menyimpulkan bahwa interaksi dan komunikasi mampu meningkatkan fungsi otak makhluk sosial seperti manusia dan menghasilkan analisis yang lebih baik dibanding jika tidak berinteraksi.

3. Jangan segan untuk berdiskusi dengan lawan bicara

Dengan Lo memberikan respon atau feedback kepada lawan bicara Lo, otomatis otak Lo akan mencoba me-recall apa yang telah lawan Lo bicarakan, sehingga komunikasi antara Lo dan lawan bicara Lo bisa tetap berjalan. Interaksi ini somehow akan membantu Lo dalam meningkatkan kemampuan otak Lo dalam menerima dan menyerap informasi. Komunikasi dua arah tentu akan lebih efektif dibandingkan komunikasi satu arah, bener gak Bro?

4. Bertanyalah Ketika Lo gak paham mengenai apa yang disampaikan

Ada pepatah yang mengatakan bahwa malu bertanya sesat di jalan, ya memang begitulah, Bro. Pepatah tersebut bener banget. Ketika Lo mendapatkan informasi namun otak Lo belum mampu mencernanya, jangan malu untuk bertanya. Bertanya bukan berarti Lo bodoh Bro, justru bertanya menunjukkan bahwa seseorang itu punya rasa ingin tau yang tinggi. Kalo ada yang mau ditanyakan, jangan disimpan Bro. Atau ketika Lo benar-benar engga punya kesempatan untuk bertanya, Lo bisa browsing tentang istilah-istilah yang Lo engga pahami itu. Ketika Lo sudah mengerti apa-apa yang Lo dengar, otomatis otak Lo akan lebih mudah mencernanya dan itu artinya informasi tersebut udah Lo serap dengan baik, Bro.

Nah, kalo Lo mendapatkan informasi melalui bacaan, begini caranya agar informasi yang Lo baca bisa Lo serap dengan baik, Bro!

1. Pilih buku atau bahan bacaan yang emang ingin Lo ketahui

Kenapa begitu? Gini Bro, rasa ingin tau akan membuat Lo lebih memaksimalkan usaha Lo dalam mencerna setiap informasi yang Lo baca. Kalo Lo sedang membaca artikel ini, pastikan Lo pengen tau bagaimana cara yang benar dalam menerima dan menyerap informasi ya, Bro supaya informasinya bisa nyampe dengan baik. Oh iya, Lo engga harus membaca setiap bagian dari buku yang Lo pengen baca atau memaksakan diri Lo untuk melakukan sesuatu yang tidak Lo sukai. Membaca memang bukanlah sesuatu yang disukai oleh banyak orang namun banyak orang menemukan hal-hal yang mereka butuhkan melalui bahan bacaan, jadi biarkan semuanya mengalir ya, Bro. Santai!

2. Baca Epilog-nya dulu

Sebagian penulis mungkin akan bertele-tele dan membuat frase yang kurang dimengerti pada halaman awal dari buku atau tulisan blog mereka. Pada bagian ini terkadang orang yang mau mendalami dunia membaca akan merasa bosan dan kecewa. Hal yang perlu Lo lakukan adalah membaca epilog atau kesimpulan cerita dari buku tersebut, biasanya berada pada halaman akhir sebuah buku atau blog. Setiap penulis akan menyediakan kesimpulan untuk pembaca seperti argumen mereka atau review singkat tentang apa yang sudah ia sampaikan melalui tulisan.

3. Tandai Apa yang Lo Baca

Engga perlu semuanya, Bro. Menandai poin-poin penting atau kalimat yang Lo anggap asing akan sangat membantu Lo dikemudian hari. Fokuskan pada ringkasan yang sudah dibuat oleh penulis pada buku atau blog tersebut, biasanya mereka akan menulis pada satu atau beberapa halaman dengan format yang sangat rapi. Kalo Lo membaca buku fisik Lo bisa menandai dengan stabilo atau spidol. Tapi, kalo Lo membaca e-book atau blog, Lo bisa copy kalimat penting atau kalimat yang Lo anggap asing untuk kemudian Lo paste di aplikasi notes yang biasa Lo pakai. Inget, ambil intinya aja, Bro.

4. Usahakan tidak membaca setiap kata

Maksud Gw gini, Bro. Banyak orang yang beranggapan bahwa kalo Lo membaca setiap kata maka itu akan membuat Lo bisa mengingat informasi dari buku yang Lo baca menjadi lebih banyak. Padahal sebaliknya, ini justu akan membuat Lo bosan dan gampang ngantuk! Apa lagi yang Lo baca adalah buku atau materi non fiksi, realitanya kebanyakan buku non-fiksi ditulis dengan mendramatisir setiap kata-katanya dan yang paling sering ditemukan adalah pada bagian kesimpulan. Kebanyakan buku dengan genre ini penuh dengan bukti daripada penjelasan yang mendalam. Yang justru tidak akan baik buat otak Lo dalam menerimanya. Ketika Lo mulai merasa bosan atau ngantuk, bacalah kesimpulan dan lanjutkan ke materi atau cerita selanjutnya. Dicoba deh, Bro.

5. Diskusikan apa yang Lo baca

Seperti halnya mendengar, membaca pun bisa Lo diskusikan. Apalagi ada hal yang sebetulnya bisa diulas lebih dalam lagi. Coba Lo diskusikan dengan teman atau orang disekitar Lo, pertukaran informasi bakal terjadi ketika Lo mendiskusikannys Bro, Lo juga bisa mendengarkan pendapat dari pandangan mereka yang Lo ajak diskusi, atau mungkin Lo mendengarkan potongan cerita yang mungkin belum Lo baca. Berdiskusi dan berinteraksi juga akan membuat Lo mudah mengingat hal yang Lo pernah baca atau pelajari sebelumnya. Dengan berdiskusi, informasi akan lebih terasah sehingga akan lebih akurat.

Nah, itu tadi dia Bro yang bisa Gw sampaikan. Intinya, informasi akan mengubah dari yang tadinya Lo tidak tau menjadi tau, asal Lo bisa menerima dan menyerapnya dengan baik. Oh iya, jangan lupa Lo harus memilah setiap informasi yang Lo dapat! Informasi positif yang Lo serap, akan menghasilkan sesuatu yang postitif juga, begitupun sebaliknya. Oke deh, semoga Lo bisa menerima dan menyerap informasi yang Gw sampaikan ya, Bro. Kalo Lo belum bisa menerima dengan baik, coba ikuti beberapa cara di atas. Selamat mencoba, Bro!

Sekian. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya! Thanks!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini