gentlemancode.id
Cara Tepat Memilih Platform Media Sosial Sesuai Kebutuhan

CARA TEPAT MEMILIH PLATFORM MEDIA SOSIAL SESUAI KEBUTUHAN

Published on Thursday, 18 January 2018

Kalo Lo mengikuti trend, media sosial tentu adalah hal yang nggak boleh Lo lewatkan, bro. Karena melalui media sosial ini selain Lo bisa berinteraksi dengan orang lain, Lo juga bisa mendapatkan informasi apapun secara realtime. Sekarang ini platform sosial media udah banyak banget, nggak jarang orang-orang jadi pada bingung mengenai platform apa sih yang sebaiknya di pakai. Nah, kali ini Gw akan membahas tentang gimana sih cara tepat memilih platform sosial media yang sesuai dengan kebutuhan Lo. Gw akan coba untuk membahas enam platform yang paling rame saat ini. Kita bahas satu-satu ya!

LinkedIn

Sosial media yang khusus diperuntukan untuk jaringan profesional yang telah diakuisisi oleh Microsoft ini, selain digunakan sebagai media penyebaran dan mendapatkan informasi profesional mengenai pekerjaan dan bisnis, kini juga banyak digunakan oleh orang-orang untuk mencari relasi dan koneksi, bro. Nah, buat Lo yang memanfaatkan sosial media untuk urusan profesional, pekerjaan dan atau mendapatkan informasi ataupun referensi untuk menunjang karir Lo, linkedIn cocok banget buat Lo pilih.

Dengan Linkedin, Lo bisa terhubung dengan banyak profesional dari seluruh dunia. Disitu Lo  bisa mendapat berbagai informasi yang dibagikan oleh para profesional tersebut. Selain itu, Lo juga bisa mendapatkan informasi mengenai perusahaan yang Lo incar, dan bahkan Lo bisa dilamar oleh perusahaan yang sedang membutuhkan keahlian Lo. Dengan memasang profile lengkap dan jelas, nggak jarang membuat HRD melirik Lo, bro. 

Facebook

Siapa sih yang nggak kenal facebook? Hampir semua orang memekai platform ini. Selain fiturnya yang mudah digunakan, banyaknya pengguna platform ini membuat informasi mudah sekali tersebar dalam jaringan pertemanan atau bahkan seluruh pengguna facebook secara realtime. Buat Lo yang pengen selalu terhubung dengan teman-teman Lo, Facebook bisa Lo pilih sebagai platform utama sosial media Lo.

Twitter

Platform sosial media yang booming di tahun 2009-2014 ini meskipun kiprahnya sedikit meredup, tapi tetap banyak orang yang menggunakannya, bro. Buat Lo yang suka sesuatu yang simple dan fokus, Twitter adalah pilihan tepat. Selain Lo bisa mendapatkan informasi secara realtime, Twitter menawarkan kenyamanan di dalam platform mereka seperti bebas iklan, nggak ada games, Lo bisa nge-tweet sesuka Lo, Lo juga bisa berinteraksi dengan orang lain atau komplain tentang suatu layanan dari suatu brand, bro. 

Oh ya, yang paling penting dari Twitter menurut Gw adalah fitur trending topic dan hashtag (#) nya, bro. Twitter menurut Gw adalah media sosial yang paling update untuk urusan topik yang lagi trend saat ini (trending topic) melalui public time line-nya. Selain itu, Twitter punya fitur hashtag yang memungkinkan Lo untuk menandai topik tertentu dalam komunikasi di dalam platform ini.  

Instagram

Instagram sekarang sudah merambah ke hampir semua kalangan, maka nggak salah kalo platform ini jadi booming banget akhir-akhir ini. Selain bisa mendapatkan update langsung dari temen Lo atau public fiigure melalui fitur instagram stories, Lo juga bisa berinteraksi melalui platform ini. Nah, buat Lo yang hobi fotografi, atau ingin membagikan cerita hidup Lo dalam bentuk foto ataupun video, platform ini sangat cocok buat  Lo pake.

Youtube

Trend video memang lagi bagus-bagusnya saat ini, bro. Nggak heran, banyak youtuber baru yang muncul dengan berbagai konten yang unik. Nah, buat Lo yang ingin selalu mendapat update berita dengan menonton video, atau meng-update aktifitas harian atau liburan Lo melalui video, Lo bisa menggunakan platform ini, bro. Selain yang Gw sebutkan tadi, melalui youtube Lo juga bisa memberikan tanggapan atas video yang Lo tonton.

Blog

Meskipun kiprahnya sudah mulai redup, namun platform ini masih banyak dipakai, bro. Melalui blog, selain Lo bisa memberikan tulisan atau hasil karya Lo, Lo juga bisa berinteraksi dengan banyak pengguna blog lainnya. Fitur follow pun nggak ketinggalan di sematkan di dalam platform ini, sehingga Lo bisa mendapatkan update terbaru melalui email Lo. Memang terkesan jadul sih, tapi buat Lo yang hobi menulis, platform ini bisa Lo pakai.

Nah, itu dia bro platform-platform sosial media yang bisa Lo piilih. Kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan Lo! Dan yang paling penting adalah Lo bisa menggunakan media sosial dengan bijak, sehingga Lo bisa mendapatkan manfaat dari media sosial yang Lo gunakan. Sekian dari Gw, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Baca juga : Etika Menggunakan Sosial Media

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini