gentlemancode.id
Cara efektif memperbaiki handphone atau laptop yang terkena air

CARA EFEKTIF MEMPERBAIKI HANDPHONE ATAU LAPTOP YANG TERKENA AIR

Published on Tuesday, 19 December 2017

Dengan semakin meningkatnya intensitas penggunaan handphone dan laptop, kejadian dimana handphone atau laptop terkena air udah menjadi sesuatu yang umum dialami. Gw yakin Lo juga pasti pernah mengalaminya, bener nggak? Biasanya kita suka panik tuh ketika itu terjadi karena kita takut laptop atau handphone kita itu akan menjadi rusak. Untuk menghindari kerusakan, kecepatan dan ketepatan dalam bertindak sangat diperlukan supaya air tidak masuk lebih dalam membasahi area yang lebih luas. Seperti yang Lo tau Bro, air merupakan penghantar listrik sehingga mampu merusak papan sirkuit dalam peratalan elektronik.

Kalo handphone Lo terkena air, segera matikan dan masukan kedalam dalam tumpukan beras kering atau gel silika untuk menghilangkan kelembapan dengan cepat.

Nah, kalo misalnya Lo ragu-ragu untuk benerin sebaiknya Lo segera serahkan perangkat Lo kepada orang yang memang mengerti tentang bagaimana mengatasi permasalahan tersebut. Jaga-jaga aja Bro supaya kerusakan tidak semakin parah.

Sebelum masuk kepada poin bagaimana cara menangani handphone atau laptop yang terkena air, Gw pengen menekankan beberapa poin ini supaya penanganan yang Lo lakukan berjalan dengan lancar.

1. Jangan biarkan perangkat yang terkena air dalam waktu yang terlalu lama. Kecepatan mengambil tindakan merupakan hal yang paling tepat untuk menangani perangkat elektronik yang terkena air.
2. Diamkan perangkat elektronik yang basah sampai benar-benar kering, maksimal sehari.
3. Jangan sekali-kali menggunakan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan.

Perlengkapan yang dibutuhkan

1. Kain mikrofiber
2. Beras kering atau gel silika
3. Air murni
4. Obeng
5. Pembersih papan sirkuit elektronik (Lo bisa dapetin ini di toko komputer atau peralatan elektronik)

Cara menangani handphone atau laptop yang terkena air

Ketika handphone atau laptop Lo terkena air, maka sesegera mungkin ambil tindakan-tindakan berikut ini:

1. Segera matikan handphone atau laptop Lo, lepas baterainya, cabut semua kabel dan aksesori yang terhubung guna mencegah korsleting.
2. Putar balik perangkat tersebut untuk mengeluarkan air sebanyak mungkin.
3. Gunakan obeng atau alat yang sesuai untuk membuka perangkat Lo. Pisahkan komponen-komponen yang basah dari yang kering. Jangan lupa untuk membaca buku manual untuk mengetahui cara membuka perangkat yang bersangkutan secara tepat.
4. Masukan perangkat kedalam tumpukan beras kering atau gel silika. Langkah ini akan membantu menyerap kelembapan dengan cepat. Kalo perangkat elektronik Lo terlalu kecil untuk dibuka, misal handphone kecil, langsung aja masukin handphone Lo kedalam beras sampe handphone Lo bener-bener tenggelam disitu.
5. Kalo Lo udah yakin setiap komponen udah benar-benar kering, lap perlahan dengan kain mikrofiber yang dibasahi dengan sedikit pembersih papan sirkuit elektronik. Langkah ini akan membersihkannya dari noda air kering tanpa merusaknya. Sebagai alternatif, gunakan air murni (hasil penyulingan) dengan mengetesnya terlebih dulu di area kecil dan mengikuti instruksi produsen. Jangan gunakan apa pun selain kedua cairan tersebut ya Bro karena selain cairan tersebut malah akan merusak papan sirkuit perangkat elektronik Lo.
6. Rakit kembali perangkat elektronik setelah benar-benar bersih dan kering.

Keseluruhan proses di atas biasanya bisa memakan waktu hingga dua hari, khususnya kalo tumpahan air terjadi cukup parah. Nah, sekarang udah tahu kan gimana cara ngatasinnya jadi Lo nggak perlu panik atau bingung ketika Lo mengalaminya. Semoga bermanfaat Bro.

Baca juga: Kebiasaan dalam menggunakan laptop yang membuat baterai laptop cepat rusak

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini