gentlemancode.id
Cintai Bumi ini Seperti Lo mencintai diri Lo sendiri

CINTAI BUMI INI SEPERTI LO MENCINTAI DIRI LO SENDIRI

Published on Friday, 27 April 2018

Bumi yang kita pijak hari ini merupakan tempat tinggal yang bukan hanya untuk kita sendiri saja, bro. Lo jangan egois, karena bumi yang Lo tinggali hari ini akan menjadi tempat tinggal untuk anak dan cucu Lo nanti. Kalo misalnya bumi ini nggak Lo jaga dengan baik dari sekarang, maka apa jadinya bumi ini dimasa depan? Bagaimana nasib anak cucu Lo nanti? Apakah mereka masih akan mendapatkan air bersih untuk mereka minum? Apakah mereka masih bisa berteduh dibawah rimbunnya pepohonan ketika mereka sedang kepanasan? Dan apakah mereka bisa menikmati keindahan alam seperti yang masih bisa kita nikmati saat ini?

Cintai BumiBanyak bencana alam yang terjadi saat ini adalah karena buruknya manusia dalam menjaga lingkungannya. Penebangan hutan, membuang sampah sembarangan, dan penyalahgunaan lahan menjadi penyebab paling utama atas banyaknya bencana yang terjadi disekitar kita. Lantas kemudian apa yang terjadi? Banjir, longsor, kekeringan, dan banyak bencana lainnya yang terjadi karena kita lalai dalam menjaga lingkungan kita.

Cintai BumiIndonesia memiliki hutan yang menduduki urutan ketiga sebagai hutan terluas di dunia dengan hutan tropis dan hutan hujan di Kalimantan dan Papua. Meskipun begitu, luas hutan di Indonesia makin kesini makin berkurang bro. Menurut data terbaru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Indonesia, Indonesia menempati urutan kedua tertinggi kehilangan luas hutannya yang mencapai 684.000 hektar tiap tahunnya. Kalo ini tetap dibiarkan, akan menjadi seperti apa bumi kita tanpa hutan yang berfungsi sebagai paru-paru dunia? Manusia tanpa paru-paru yang sehat akan mengalami masalah kesehatan yang serius. Sama halnya dengan bumi, apabila paru-parunya rusak, maka bumi juga akan mengalami masalah yang hampir sama dengan manusia ketika paru-parunya rusak.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi ini dan itu nggak bisa Lo tunda-tunda lagi. Lo harus mulai melakukannya sekarang, sebisa Lo, dan semampu Lo.

Lo bisa mulai dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, bro. Jangan menganggap remeh sampah yang Lo buang sekecil apapun itu. Yang namanya sampah ya tetap sampah dan Lo harus buang sampah tersebut ke tempat sampah, bukan dijalan, bukan dihutan, dan bukan disungai.

Selain itu, Lo juga bisa mengurangi penggunaan kertas supaya konsumsi kertas bisa sedikit demi sedikit akan berkurang. Dengan Lo mengurangi penggunaan kertas, maka akan ada pohon yang bisa Lo selamatkan. 

Selain mengurangi penggunaan kertas, Lo juga harus mengurangi penggunaan plastik bro agar jumlah sampah plastik juga bisa berkurang. Seperti yang Lo ketahui bro, sampah plastik itu membutuhkan waktu yang lama untuk diurai dan itu akan mengganggu kualitas tanah yang tercemar.

Nah, kalo misalnya didepan rumah Lo ada sedikit lahan untuk ditanami tanaman, gunakanlah lahan tersebut untuk menanam bebarapa tanaman agar tanaman yang Lo tanam bisa menambah jumlah tanaman yang bisa ikut menyegarkan udara disekitar rumah Lo. Mungkin Lo akan melihat ini sebagai hal yang sepele, tapi kalo banyak orang yang melakukan hal ini maka dampaknya akan sangat besar, bro.

Cintai BumiBerikan juga edukasi kepada orang-orang terdekat Lo mengenai pentingnya menjaga bumi. Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, maka semakin besar peluang kita untuk membuat lingkungan yang lebih nyaman. Nyaman untuk kita dan nyaman untuk anak cucu kita nanti. Cintai bumi ini seperti Lo mencintai diri sendiri karena apa yang Lo lakukan hari ini akan berdampak positif suatu saat nanti. 

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini