gentlemancode.id
Coba 10 Menu Sarapan Berikut Ini! Mudah, Murah, Dan Sehat

COBA 10 MENU SARAPAN BERIKUT INI! MUDAH, MURAH, DAN SEHAT

Published on Thursday, 18 August 2016

Sarapan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk kita lakukan agar kita tidak kelaparan dan lemas disaat menjalankan aktifitas kita. Tidak hanya itu sarapan mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan kita seperti mencegah obesitas, menyeimbangkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung dan diabetes.

"Breakfast like a king, lunch like a prince, and dine like a pauper"

Ungkapan diatas menunjukan bahwa sarapan memiliki posisi yang penting yang harus kita lakukan. Saking pentingnya, sarapan digambarkan seperti kedudukan seorang raja. Makan siang digambarkan seperti kedudukan seorang pangeran. Dan makan malam digambarkan seperti kedudukan orang miskin. Kita bisa lihat, diantara ketiga kedudukan dalam ungkapan tersebut sarapan memiliki posisi yang paling tinggi hingga di ibaratkan dengan seorang raja.

Waktu yang pendek kadang membuat kita malas untuk sarapan, padahal sebetulnya banyak ko menu sederhana dan sehat dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyiapkannya yang bisa kita coba dirumah, diantaranya adalah:

1. Olahan telur

Telur adalah menu sarapan sehat dan mudah untuk menyiapkannya. Sediakanlah selalu telur mentah di kulkas untuk persiapan menu sarapan sehari-hari. Telur mengandung gizi yang cukup lengkap diantaranya adalah: Vitamin A, Vitamin B5, Vitamin B12, Vitamin B2, fosfor, selenium, dan folate.

Konsumsi telur dapat mengurangi produksi kolesterol jahat. Mengkonsumsi telur setiap hari tidak menambah risiko penyakit jantung dan bisa mengurangi risiko penyakit stroke.

Apabila Anda tidak sempat makan, Anda bisa membeli dua butir telur rebus lalu makan di sela-sela perjalanan ketika berangkat ke kantor atau kegiatan lainnya.

2. Sereal

Anda bisa menemukan berbagai macam sereal dengan mudah di supermarket sehingga Anda bisa bebas memilih sereal yang Anda sukai. Penyajiannya yang mudah dan gizi yang cukup lengkap membuat sereal menjadi salah satu menu sarapan favorit. Anda bisa mencampur sereal dengan susu, selain itu Anda bisa menggantinya dengan yogurt. Tambahkan pula beberapa potong buah-buahan segar pada sereal Anda.

3. Buah & Keju

Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, maka menu ini sangat cocok untuk Anda. Cukup potong-potong buah favorit Anda, misalnya buah apel, dan sajikan bersama keju cheddar. Asupan vitamin dari buah dan kalori dari keju akan membuat Anda tetap fit menjalani aktivitas sepanjang hari.

4. Smoothies

Jika Anda sangat sibuk di pagi hari, smoothies bisa menyelamatkan nutrisi sarapan Anda. Smoothies bisa disiapkan dalam hitungan menit saja. Smoothies yang paling cocok untuk menu sarapan adalah perpaduan pisang dengan stroberi yang diblender dengan susu rendah lemak. Untuk membuat smoothies yang lebih mengenyangkan, Anda bisa menambahkan oatmeal atau buah beku ke dalamnya. Selain gampang menu sarapan ini pun bisa Anda nikmati di mana saja.

5. Roti bakar

Kandungan gizi yang terkandung dalam roti dan selai mampu menjaga aktifitas Anda sepanjang hari. Biasanya, roti bakar dibuat dengan mesin toaster. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki toaster. Anda bisa memanfaatkan teflon yang telah diolesi dengan sedikit margarin untuk membuat roti bakar lezat versi Anda sendiri. Mudah bukan?

6. Pancake

Membuat pancake tidak lah susah seperti yang Anda bayangkan, membuatnya ternyata sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu, telur, susu cair, dan margarin. Campurkan semua bahan tersebut, kemudian masak di teflon agar tak lengket. Anda bisa menyajikannya bersama sirup gula atau madu. Jika ingin sedikit bereksperimen, Anda bisa menambahkan potongan buah dan beberapa scoop eskrim di atasnya. Selain lezat dan bergizi, menu yang satu ini pun akan mengenyangkan Anda.

7. Sandwich

Menu sarapan yang satu ini pasti sudah familiar untuk Anda. Sandwich memang populer disantap ketika sarapan karena kandungan gizinya yang lengkap dari sayur, keju, telur, dan daging asap. Sandwich juga dapat Anda bawa sebagai bekal makan siang yang sangat praktis.

8. Onigiri

Kita sebagai orang Indonesia pasti merasa tidak lengkap apabila tidak memasukkan nasi ke dalam menu makanan, termasuk ketika sarapan. Jika Anda merasa demikian, menyantap onigiri saat sarapan bisa jadi alternatif untuk Anda. Tidak perlu waktu lama untuk menyiapkan onigiri, terutama jika Anda sudah memiliki persediaan nasi. Cukup membentuk bulatan dengan nasi, mengisinya dengan isian sesuai selera, lalu memberi nori atau lembaran rumput laut sebagai pengikatnya. Anda bisa berkreasi dengan isian onigiri; mulai dari daging ayam, telur, abon, atau hanya garam pun sudah cukup.

9. Salad buah

Menu yang satu ini bisa Anda buat sekaligus dalam porsi besar, lalu disimpan di kulkas untuk sarapan berikutnya. Sangat efisien, bukan? Menyajikan salad buah pun tak membutuhkan waktu lama karena Anda hanya perlu mencampurkan potongan buah favorit Anda dengan yoghurt, susu kental manis atau madu, dan sedikit perasan jeruk lemon. Tak perlu ragu dengan kandungan gizi yang terkandung dalam menu ini karena vitamin dalam buah-buahan pasti sangat menyehatkan.

10. Oatmeal

Penyajian oatmeal hampir sama dengan sereal. Bedanya, ada jenis oatmeal tertentu yang harus dimasak. Untuk menghemat waktu, pilihlah oatmeal yang hanya perlu diseduh dengan air panas. Anda bisa menambahkan madu dan potongan buah untuk rasa yang lebih mengundang selera.

Nah itu tadi 10 menu sarapan yang mudah dan sehat untuk kita konsumsi. Ingat Bro, jangan sampai sempitnya waktu menjadi halangan Anda untuk melakukan sarapan karena banyak sekali menu sarapan yang mudah untuk kita buat dan sehat untuk kita konsumsi.

Referensi
[1] http://www.kitamuda.id/tips/2016/08/18/sarapan-sehat/
[2] http://fabelio.com/blog/10-Menu-Sarapan-Sehat-dan-Praktis-yang-Dapat-Anda-Siapkan-Kurang-dari-10-Menit/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini