gentlemancode.id
Empat Kode Wajib Untuk Menjadi Seorang Gentleman

EMPAT KODE WAJIB UNTUK MENJADI SEORANG GENTLEMAN

Published on Thursday, 08 December 2016

Gentleman itu seperti apa sih? Siapa sih yang bisa disebut sebagai gentleman? Apakah Gw bisa dibilang seorang gentleman? Gw pingin jadi seorang gentleman tapi gak tau caranya.

Pertanyaan-pertanyaan di atas sering banget dipertanyakan oleh pria-pria di luar sana. Sebenarnya simple Bro! Lo cukup memahami minimal empat kode di bawah, check this out carefully!

THE LOOK

Being a gentleman, mau ga mau kita harus peduli soal penampilan. Kenapa? Karena yang pertama kali akan dinilai orang lain dari diri adalah bagaimana cara "show off yourself". Penampilan Lo yang akan pertama kali bicara bahwa Lo worth to be labeled as a gentleman. But you have to make this clear, bukan berarti Lo harus jadi pakai make up, sering ke salon dan beli pakaian-pakaian mahal. No, bukan itu! Yang penting Lo tau bagaimana menjaga penampilan yang baik dengan mengerti fashion yang cocok dan mengerti cara merawat diri yang simple (well groomed).

Lo harus mulai belajar, mulai cari-cari tau jenis pakaian berdasarkan situasi dan kapan bisa dipakai, mulai cari-cari tau apa saja bentuk pomade-pomade yang cocok buat lo, dan sebagainya. Jangan terlalu cuek juga sebagai lelaki, karena wanita juga melihat dan akan lebih memilih pria yang rapi dan wangi daripada yang berantakan dan lusuh.

KNOWLEDGE

"Don't judge the book by it's cover", adalah salah satu quote yang lumayan overused alias keseringan dipakai tapi akan selalu relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Quote ini menarik untuk dipahami lebih mendalam. Kenapa? Karena berpenampilan keren aja ternyata belum cukup. Setelah gebetan Lo menyukai penampilan lo, mereka juga pasti pingin tau seberapa luas wawasan lo.

Knowledge itu penting. Apalah artinya seorang gentleman yang sudah enak dilihat penampilannya tanpa pengetahuan yang luas. Pengetahuan adalah modal kita untuk maju, berkembang dan menghasilkan hal-hal positif. Dunia ini adalah tempat "bermain" yang luas dan sudah jadi tugas kita sebagai seorang gentleman untuk bahu-membahu membangun sebuah brotherhood yang solid melalui knowledge. Lo gak perlu kok paham mendalam tentang antariksa, atau jago semua olahraga dan alat musik, tapi setidaknya Lo tau apa saja dasar-dasar dari sebuah ilmu, jangan sampai waktu gebetan atau bahkan calon mertua nanya ibukota Afrika Selatan dan kita gak tau.

THE SOUL

Setelah mampu berpenampilan baik dan memiliki wawasan yang luas, seorang gentleman juga wajib "berpenampilan" yang baik pula dari dalam dirinya. Respect, love, honest, wise, good attitude, helpful, dll. Hal-hal di atas hanyalah beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang gentleman. Jangan sampai ketika kita sudah mengunci dua poin sebelumnya, kita justru malah melupakan hal ini Bro. Sangat disayangkan jika kita ternyata adalah orang yang suka menghianati teman, kasar pada pasangan dan membantah nasehat orang tua. Jika hal tersebut masih Lo lakuin, saatnya Lo lebih banyak belajar lagi untuk memperbaiki diri.

"Memang ini tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin." 

Seorang gentleman harus melewati banyak pembelajaran yang secara otomatis akan datang selama kita hidup dan berinteraksi dengan orang lain. 

PASSION

Bisa dikatakan passion adalah sebuah hal yang selalu Lo lakukan tanpa merasa capek, perhitungan, maupun bosan. Passion bukan hanya sekedar hobi, jika hobi Lo adalah memasak, maka ketika hal itu menjadi passion, Lo akan secara sukarela memasak untuk orang lain tanpa memikirkan untung rugi.

Gentleman must have passion! Hal ini adalah penyempurnaan dari tiga kode di atas. Seorang wanita akan lebih tertarik kepada pria yang menyukai fotografi daripada yang hanya suka tidur di kamar seharian. Seorang wanita juga akan lebih memaklumi pria yang menghabiskan uangnya untuk memodif motornya di bengkel daripada membuang uang dengan hal-hal yang tidak jelas.

Kalo Lo ngerasa gak tau apa passion lo, coba Lo lakukan banyak hal berbeda-beda di tiap minggu atau tiap bulan. Lambat laun Lo akan menemukan passion Lo, apa yang Lo suka dan siapa tau bisa jadi sumber penghasilan di kemudian hari bro!

So, what's your passion? Let's figure it out!


Empat kode di atas adalah syarat minimal yang paling simple untuk kalian miliki agar bisa disebut sebagai seorang "gentleman". Tenang Bro, gak usah buru-buru. Masih banyak waktu untuk belajar, masih banyak waktu untuk menjadi lebih baik. 

*brofist*

Sumber gambar:
[1] https://pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini