gentlemancode.id
Empat Tipe Perilaku manusia yang Perlu Lo Ketahui dan bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka

EMPAT TIPE PERILAKU MANUSIA YANG PERLU LO KETAHUI DAN BAGAIMANA CARA BERKOMUNIKASI DENGAN MEREKA

Published on Monday, 23 April 2018

Setiap orang pasti memiliki karakteristik dan perilaku yang berbeda-beda. Untuk itu, kita perlu menyesuaikan diri ketika kita berinteraksi dengan orang lain, baik itu ketika kita bersikap atau ketika kita berbicara dengan mereka. 

Dibawah ini adalah 4 prilaku manusia yang pasti akan Lo temui dalam kehidupan Lo sehari-hari. Biar Lo nggak bingung, Gentlemancode akan ngasi tau Lo bagaimana cara menghadapi mereka. Simak penjelasan dibawah ini ya, bro! 

1. Controlling

Orang dengan tipe ini adalah pribadi yang aktif, mandiri, ambisius, dan sangat terlihat percaya diri. Orang ini punya keinginan yang kuat untuk berinisiatif dan mengemukakan pendapat. Bahkan, orang ini bisa berdebat dengan orang lain yang tidak setuju pendapatnya. Orang ini juga mengetahui secara jelas apa yang dia mau sehingga dapat mengambil keputusan dengan cepat dan mudah.  Dalam pekerjaannya dia adalah tipikal yang tidak suka dengan lingkungan yang statis karena mereka biasanya sangat suka dengan tantangan dalam karirnya.

Orang dengan tipe controlling dapat dipercaya untuk menjadi pemimpin karena bisa dengan mudah dan cepat dalam mengambil keputusan, efisien dalam bekerja dan sangat mengutamakan hasil kerja yang baik. Namun kekurangannya adalah apabila tidak diseimbangkan maka dia suka kurang sabaran, dan otokratis atau otoriter.

Bagaimana berkomunikasi dengan orang dengan tipe Controlling?

Perlu diingat bahwa orang ini adalah orang yang mengutamakan hasil pekerjaan, maka cobalah untuk berkomunikasi secara efisien atau to the point dengan jelas, sehingga dia mengetahui apa maksud Lo!

2. Promoting

Hampir sama dengan orang dengan tipe controlling, tipe promoting juga adalah orang yang suka berpartisipasi secara aktif dan suka dengan hal yang menginspirasi dan menarik. Orang ini mempunyai perilaku yang cenderung selalu bersemangat dan menikmati momen ketika berada diantara banyak orang. Dia tidak terlalu tertarik dengan detail suatu hal dan cenderung mengeneralisir informasi.

Orang dengan tipe promoting bisa dipercaya untuk pekerjaan yang membutuhkan imajinasi tinggi dan berada di tengah kerumunan orang banyak. Namun sebagai pemimpin, dia cenderung kurang dalam merencanakan suatu hal dan kurang disiplin.

Bagaimana berkomunikasi dengan orang dengan tipe promoting?

Untuk berkomunikasi dengan orang tipe ini, Lo cuma perlu mendukung ide yang dia keluarkan dan beri mereka penghargaan atau pujian. Karena yang  mereka perlukan adalah pengakuan dan terlihat bagus / baik di mata orang lain. 

3. Supporting

Orang dengan tipe ini cenderung lebih suka mendengarkan. Dia lebih suka orang lain untuk mengambil inisiatif lebih dulu. Orang ini banyak disukai dan bisa menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang. Oleh sebab itu dia lebih menghindari perdebatan dengan orang lain demi menjaga hubungan baik yang dia miliki.

Dalam pekerjaannya dia lebih senang memberikan pujian terhadap hasil kerja orang lain. Hal itu dilakukannya agar orang tersebut tidak sakit hati atau memusuhinya. Namun kekurangannya sebagai pemimpin, orang supporting ini kurang tegas dan terlalu toleran. 

Bagaimana berkomunikasi dengan orang dengan tipe supporting

Perlu diingat bahwa orang dengan tipe ini cenderung mengutamakan hubungan dengan orang lain, bro. Lo perlu menghargai hal tersebut dan mendukung perasaan dia dan hubungan dia dengan orang lain. Buat dia merasa nyaman, bro. Terus, Lo juga harus sabar dalam menghadapi orang seperti ini dan jangan terlalu memaksakan kehendak Lo.

4. Analyzing

Orang dengan tipe ini cenderung suka untuk memecahkan masalah dalam pekerjaan. Mereka lebih mengutamakan logika dan konsep daripada perasaan. Selain itu, mereka juga cenderung menunggu orang lain daripada berinisiatif. Sebelum membuat suatu keputusan, orang tipe analyzing ini akan mengumpulkan banyak data dan fakta untuk mendukung keputusan yang akan dia ambil.

Dalam bekerja, orang ini bekerja secara sistematik, terorganisir dan mengutamakan detail. Namun kekurangannya adalah orang ini terlalu detail dan jarang menggunakan intuisinya dan terlalu menghindari risiko.

Bagaimana berkomunikasi dengan orang dengan tipe analyzing?

Untuk dapat berkomunikasi dengan orang ini, Lo perlu ingat bahwa dia termasuk orang yang lebih menghindari risiko. Untuk itu, beri dia ruang dan waktu ketika dia sedang memecahkan suatu masalah dan dukung dia dengan fakta ketimbang ide dan opini.

Nah itu tadi bro, sekilas tentang tipe perilaku manusia. By the way, Lo tipe yang mana nih?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini