gentlemancode.id
Enak Sih, Tapi Baik Gak Dikonsumsi Saat Puasa?

ENAK SIH, TAPI BAIK GAK DIKONSUMSI SAAT PUASA?

Published on Wednesday, 15 June 2016

Menahan lapar dan haus selama seharian saat berpuasa membuat kita ingin memakan apa saja ketika waktu berbuka tiba, mulai dari kolak, es campur, bakso, gorengan dan makanan-makanan lainnya. Berpuasa dengan segudang aktifitas yang kita lakukan tidak hanya membuat perut kelaparan tapi mata kita juga ikut lapar yang membuat kita ingin makan ini dan itu.

Namun sayangnya, kita tidak bisa mengkonsumsi semua makanan tersebut. Dikarenakan tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi saat kita menjalankan puasa. Bolehlah kalau sesekali, namun jangan sampai menjadi rutinitas yang kita lakukan ketika menjalankan puasa.

1. Gorengan

Gorengan memang sudah umum menjadi cemilan kita sehari-hari. Mulai dari tahu goreng, bawan, risoles, dan cireng sudah menjadi cemilan favorit kita. Pakar mengatakan bahwa gorengan mengandung lemak yang tinggi dan berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Minuman Dingin

Memang enak sih setelah seharian menahan haus kita meminum minuman dingin ketika berbuka. Namun ternyata langsung meminum minuman dingin ketika berbuka memiliki bahaya yang serius ternyata. Kondisi lambung kosong yang bertemu dengan minuman dingin akan memicu reaksi kontraksi pada lambung. Kondisi ini akan membuat seseorang yang telah menjalankan puasa akan merasa tidak nyaman pada lambung, bahkan hingga merasakan mual.

3. Makanan Pedas

Kita sebagai orang indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis makanan pedas. Karena kebanyakan dari kita memang sangat menyukainya. Memang benar makanan pedas bisa menambah selera makan, tapi sebaiknya Anda pikir-pikir dahulu sebelum mengkonsumsinya ketika berbuka. Saat berpuasa, kondisi lambung kita menjadi sangat sensitif, dan mengkonsumsi makanan pedas akan dengan mudah merangsang rasa perih dan kembung di perut kita, alhasil kita bakal merasa mulas dan mengalami gangguan pencernaan saat berpuasa.

4. Kopi

Wangi dan cita rasa yang diberikan oleh kopi memang tidak bisa kita tolak. Tapi sebaiknya ketika berbuka kita tidak mengkonsumsi minuman ini karena kafein didalamnya akan memicu peningkatan produksi asam lambung. Terlebih setelah berpuasa seharian dan perut kosong. Kelebihan asam lambung akan membuat perut tidak nyaman bahkan merasa mual.

Saat bulan puasa ini memang sebaiknya kita lebih pintar untuk memilih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Apabila tidak bisa menghindari, boleh lah sekali-kali selama tidak berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik untuk kita. Selamat berpuasa. Cheers.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini