gentlemancode.id
Etika Ketika Menggunakan Transportasi Umum

ETIKA KETIKA MENGGUNAKAN TRANSPORTASI UMUM

Published on Monday, 04 September 2017

Untuk sebagian orang, naik angkutan atau transportasi umum sudah menjadi rutinitas sehari-hari mereka, atau paling engga akan ada waktu untuk setiap orang untuk setidaknya mencoba menggunakan transportasi umum karena satu dan lain hal. Kenapa sebagian orang memilih untuk naik transportasi umum? Selain meminimalisir kemacetan dan menghemat waktu, naik transportasi umum juga dapat  menghemat pengeluaran Lo Bro, karena tarifnya yang terjangkau. Khusus di ibu kota, tarif untuk TransJakarta & Transjabodetabek adalah sebagai berikut, Bro:

Pkl. 05.00 - Pkl. 07.00 WIB: Rp. 2.000
Pkl. 07.00 - Pkl. 24.00 WIB: Rp. 3.500
Pkl. 24.00 - Pkl. 05.00 WIB: Rp. 3.500

Sedangkan untuk KRL Commuter Jabodetabek, tarifnya juga gak kalah terjangkau Bro, untuk 1-25 km pertama akan dikenakan tarif Rp. 3000 per orang, untuk 10 km berikutnya dikenakan tarif Rp. 1000 dan untuk selanjutnya berlaku kelipatannya. Pembayarannya pun engga ribet, dengan hanya menggunakan e-ticket Lo engga perlu lagi ngantri atau pakai uang cash karena sekarang udah serba digital, Bro. Praktis banget!

Kalo Lo naik angkutan kota (angkot) atau kopaja pun tarif nya masih bisa diterima akal sehat dan termasuk irit sih, Bro, ketimbang Lo naik taxi yang tarifnya bisa lebih mahal. Untuk daerah-daerah sekitarnya Gw rasa mungkin gak akan terlalu jauh berbeda tarifnya dari tarif yang Gw sebutkan di atas.

Nah Bro, kali ini Gw akan ngebahas tentang etika ketika Lo naik transportasi umum karena Gw rasa ini penting banget untuk Lo ketahui mengingat Lo akan bertemu dengan berbagai macam orang dalam satu kendaraan. Jadi, wajib hukumnya buat Lo untuk menjaga etika ketika Lo menggunakan transportasi umum supaya Lo tidak mengganggu atau merugikan orang lain atau bahkan membahayakan penumpang lain. Nah, apa aja sih etika yang harus Lo terapkan ketika naik transportasi umum? Yuk disimak, Bro!

1. Kalo Lo Harus Ngantri, Lo Wajib Antri Dengan Tertib

Bro, dimanapun Lo berada Lo harus bisa menempatkan diri, apalagi Lo ada ditempat umum. Kalo misalnya Lo harus mengantri ketika akan menggunakan angkutan umum, maka Lo harus mengikuti antrian dengan tertib dan tidak menyerobot antrian orang lain karena itu tidak sesuai dengan aturan. Lo gak punya etika Bro ketika Lo menyerobot antrian orang lain. Ikutilah aturan dengan mengikuti antrian sebagaimana mestinya. Gak ribet ko, Bro. Percuma lah Lo udah sekolah tinggi-tinggi kalo untuk sekadar tertib antri aja gak bisa. Seorang gentleman sejati itu gak akan melanggar aturan yang bisa merugikan kepentingan orang lain. So, ikuti antrian ya!

2. Kalo Lo Lagi Jalan Menuju Tempat Lo Naik Angkutan, Jalanlah di Sebelah Kiri

Bayangin kalo misalnya Lo lagi buru-buru mau naik angkutan, terus didepan Lo ada orang yang jalannya pelan dan posisinya ada di tengah-tengah. Ganggu gak? Ganggu banget menurut Gw itu, Bro!

Seharusnya, setiap Lo jalan ditempat dimana banyak orang yang menggunakan jalan tersebut, Lo harus jalan di posisi sebelah kiri Bro supaya Lo gak mengganggu pengguna jalan yang lain. Nah kalo Lo mau mendahului, pastikan antrian penajalan kaki di depan  Lo tidak terlalu panjang supaya Lo gak tabrakan sama orang yang datang dari arah yang berlawanan.

3. Kalo Lo Kebagian Berdiri, Lo Jangan Berdiri di Depan Pintu

Bukan apa-apa Bro, kalo Lo berdiri persis di depan pintu masuk atau keluar, Lo akan mengganggu jalan penumpang lain yang akan masuk ataupun keluar. Kalo misalnya Lo harus berdiri, berdirilah di tempat yang posisinya tidak akan menyusahkan atau mengganggu penumpang lain.

4. Sebisa Lo Usahakanlah Lo Masuk ke bagian paling dalam kendaraan

Sering banget nih Gw temuin orang-orang pada berdiri berkumpul didepan pintu sehingga mengganggu orang yang mau masuk atau keluar. Oke, Gw ngerti mereka begitu karena mereka mungkin ingin lebih mudah ketika mereka akan turun di tempat tujuan. Tapi apakah harus begitu? Toh kalo mereka tertib untuk berdiri di tempat yang jauh dari pintu pun mereka tetap bisa keluar. Bener gak?

Kalo Lo naik angkutan umum, usahakan Lo masuk ke bagian paling dalam meskipun kendaraan tersebut penuh. Sebisa Lo usahakan untuk berada di posisi yang tidak menggangu akses orang lain untuk masuk atau keluar, kecuali kalo Lo mau keluar lebih cepat, misalnya di halte atau stasiun berikutnya.

5. Beri Tempat Duduk Kepada Orang Yang Lebih Membutuhkan

Ini memang gak gampang, Bro. Tapi, sebagai gentleman Lo harus bisa memprioritaskan kebutuhan orang lain yang lebih membutuhkan daripada kebutuhan Lo. Prioritaskan lah tempat duduk untuk wanita, ibu dengan balita, lansia, orang yang memiliki kebutuhan khusus, atau mungkin untuk orang yang sedang sakit. Jangan ragu untuk memberikan tempat duduk Lo untuk orang-orang tersebut ya, Bro!

6. Sebaiknya tidak membawa barang yang akan makan banyak tempat

Kenapa? Barang yang terlalu banyak memakan tempat bisa mengganggu akses dan kenyamanan orang lain, Bro! Kalo misalnya Lo membawa banyak barang, sebaiknya Lo pilih taksi aja Bro supaya lebih private. Atau kalo Lo terpaksa harus naik transportasi umum, simpanlah barang tersebut ditempat yang sudah disediakan, kalo misalnya memungkinkan, Lo bisa minta bantuan petugas untuk menitipkan barang bawaan Lo! Ingat jangan sampe menggangu kenyamanan orang lain, Bro!

7. Jangan lupa selalu siapkan tiket atau uang ongkos Lo

Supaya gak ribet, lebih baik Lo sudah menyiapkan tiket atau uang pas untuk ongkos Lo, Bro. Simpan di kantong atau tempat yang mudah untuk Lo jangkau. Jadi ketika Lo nanti turun atau naik, Lo gak akan kesusahan dan tidak akan menggangu perjalanan penumpang lain.

8. Jaga etika dan ikuti aturan

Supaya perjalanan Lo dan penumpang lain bisa nyaman, Lo harus ikuti etika dan aturan yang diberlakukan angkutan yang Lo pakai. Lo jangan merokok, jangan meludah, jangan kentut, dan jangan buang sampah sembarangan. Oh iya, sebaiknya perhatikan pakaian Lo juga ya Bro, pakailah pakaian yang sopan. Lo jangan pake rok mini, apalagi kalo Lo cowo. Hehe. Dan satu lagi, kalo Lo menggunakan headset atau earphone sebaiknya Lo gak perlu mengeluarkan suara atau nyanyi-nyanyi ya karena suara Lo akan menggangu penumpang lain. Sama halnya kalo Lo nerima telpon, usahakan suara Lo jangan kenceng-kenceng ya. Ini nggak cuma berlaku di angkutan umum aja, tapi juga berlaku hampir di setiap tempat.

9. Ketika Lo akan naik, dahulukanlah mereka yang akan turun

Nah, ini memang tidak selalu memungkinkan apalagi kalo kondisi dalam angkutan sangat padat. Tapi, sebisa Lo usahakanlah untuk memberikan jalan untuk mereka yang akan turun dari kendaraan supaya penumpang bisa naik dan turun dengan tertib. Sekalipun Lo buru-buru usahakanlah Lo naik-dan turun dari kendaraan sesuai aturan supaya Lo gak membahayakan diri Lo ataupun orang lain.

Nah Gw rasa itu aja yang bisa Gw sampaikan. Gimanapun, kalo Lo menggunakan transportasi atau sarana umum lainnya, Lo harus bisa menempatkan diri, Bro. Bukan apa-apa, ini buat kebaikan diri Lo sendiri juga kok. So, ikuti aturan dan selalu jaga etika Lo dimanapun Lo berada.

Sekian, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temen-temen Lo ya! Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini