gentlemancode.id
Etika ketika Merokok

ETIKA KETIKA MEROKOK

Published on Thursday, 26 April 2018

Angka perokok di Indonesia memang terbilang tinggi, bro. 3 dari 5 orang cowok rata-rata adalah perokok aktif yang setiap harinya bisa menghabiskan beberapa batang rokok dalam sehari. Hal ini tentu memprihatinkan mengingat dampak negatif yang diakibatkan oleh rokok terbilang bisa mematikan.

Buat Lo perokok aktif, kalo misalnya Lo emang nggak bisa berhenti merokok, sebaiknya Lo harus punya etika bro ketika Lo ingin merokok. Jangan sampe orang yang nggak merokok ikut menghisap asap rokok yang Lo hasilkan.

Dibawah ini adalah etika yang harus Lo perhatikan ketika Lo ingin merokok, diantaranya adalah:

1. Jangan Merokok diantara orang yang nggak merokok

Asap rokok yang Lo hasilkan ketika merokok akan mengganggu kenyamanan orang-orang yang tidak merokok disekitar Lo. Kalo misalnya Lo pengen merokok, pastikan terlebih dahulu bahwa disekitar Lo nggak ada orang yang tidak merokok atau Lo cari dulu ruangan khusus merokok. Sekarang ini udah banyak kok ruangan-ruangan khusus yang disediakan untuk para perokok, jadi jangan seenaknya ya.

2. Jangan merokok di transportasi umum

Asap rokok didalam angkutan umum seperti bis atau angkot akan sangat mengganggu kenyamanan penumpang lain yang ada didalam kendaraan yang Lo tumpangi. Apalagi kalo misalnya cuaca sedang panas banget, maka suasana didalam angkutan tersebut pasti akan menjadi sumpek dan pengap sehingga udah pasti itu akan mengganggu kenyamanan penumpang lain.

3. Jangan merokok ketika melihat ada anak kecil didekat Lo

Kalo pas Lo nyalain rokok terus Lo ngeliat anak kecil didekat Lo, segera matikan rokok Lo bro karena asap rokok yang Lo hasilkan akan mengganggu kesehatan dan perkembangan anak tersebut. Anak-anak itu belum mempunyai sistem kekebalan tubuh seperti orang dewasa bro sehingga mereka rentan untuk terkena penyakit yang bisa disebabkan oleh asap rokok.

4. Jangan merokok didepan orang hamil

Ketika hamil, perempuan akan menjaga diri mereka dengan baik dari segala hal yang kira-kira akan membahayakan janin mereka. Untuk itu, jangan sampe Lo menjadi orang yang mengganggu mereka dengan asap rokok Lo, bro. Selain berbahaya untuk sang ibu, rokok Lo juga akan berpengaruh buruk kepada janin yang dikandung oleh ibu tersebut. Jadi, kalo Lo ngeliat ada ibu hamil didekat Lo ketika Lo merokok, segera matiin rokok Lo ya!

5. Jangan buang puntung rokok sembarangan

Nah, biasanya hal ini sering banget nih dilakukan oleh para perokok padahal buang puntung rokok sembarangan itu bisa bahaya bro akibatnya. Puntung rokok yang Lo buang sembarangan, selain bisa mengotori lingkungan juga bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran. Udah banyak lho kasus kebakaran yang terjadi akibat orang sembarangan membuang puntung rokok. Nah, Lo jangan menjadi salah satunya ya!

Kalo Lo adalah seorang perokok aktif, maka jangan sampe Lo membuat orang lain disekitar Lo nggak nyaman bro dengan asap rokok yang Lo hasilkan. Hargai orang disekitar Lo yang nggak merokok dan jagalah selalu kebersihan dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini