gentlemancode.id
Gimana Caranya Ngomong Sama Orang Ketika Lo Gak Tau Harus Ngomong Apa

GIMANA CARANYA NGOMONG SAMA ORANG KETIKA LO GAK TAU HARUS NGOMONG APA

Published on Tuesday, 12 September 2017

Bro, pernah ga Lo ngalamin keadaan dimana Lo pengen ngobrol sama seseorang tapi Lo gak tau mulainya gimana dan harus ngomong apa? Well, Gw rasa itu adalah hal yang sangat wajar karena gak semua orang jago untuk ngomong dan gak semua orang bisa dengan mudah akrab sama orang yang baru ketemu atau baru kenal.

Kenapa bisa begitu?

Menurut Gw gini, Bro. Pada dasarnya seseorang akan merasa nyaman untuk mengobrol dengan lancar dengan seseorang yang memang sudah mereka kenal. Ketika mereka harus mengobrol atau berinteraksi dengan orang yang tidak mereka kenal atau bahkan tidak kenal sama sekali, untuk sebagian orang keadaan tersebut akan membuat mereka merasa canggung ketika harus mengobrol dengan orang-orang baru. Seperti Gw bilang tadi Bro, gak semua orang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain dan itu adalah hal yang sangat wajar.

Tapi Bro, meskipun Lo bukan termasuk orang yang jago untuk ngobrol bukan berarti Lo harus jadi orang yang pendiem dan gak mau sama sekali melakukan interaksi sama orang lain. Setidaknya, Lo harus bisa lah nyapa orang dan berbicara hal-hal ringan yang bisa ngebangun kedekatan diantara Lo dan orang-orang sekitar Lo. Bagaimanapun juga,  Lo adalah makhluk sosial Bro. Lo gak bisa hidup sendiri, bener gak?

Nah, sekarang gimana caranya menjaga agar sebuah percakapan tetap bisa berjalan bersama dengan orang yang baru kita kenal?

Sebetulnya, ketika kita mampu untuk membuka percakapan dengan orang lain yang baru kita kenal, pada dasarnya itu akan memberikan kita banyak keuntungan seperti: memperluas jaringan, menambah kenalan, dan memperluas peluang. Jadi, gak ada salahnya kan untuk ngobrol dan kenalan sama oran-orang baru?

Kalo misalnya Lo suka bingung harus ngomong apa, coba ikuti beberapa tips dibawah ini, Bro!

1. Inget Bro, tujuan Lo ngobrol bukan untuk menunjukan bahwa Lo adalah orang yang menarik

Ketika Lo ketemu sama orang baru, usahakan lah agar Lo tetap menjadi diri Lo sendiri. Lo gak harus memaksakan diri untuk ngobrolin hal-hal yang lucu apalagi membanggakan diri Lo sendiri untuk menarik perhatian orang tersebut. Inget Bro, yang harus Lo perhatikan disini adalah interaksi antara Lo sama orang tersebut. Lagian nih, orang yang baru Lo temui itu gak akan terlalu mengingat apa yang Lo katakan, tapi dia akan mengingat interkasi Lo sama dia. Begitu, Bro kira kira. So, jadi diri sendiri aja ya.

2. Biarkan mereka yang berbicara dengan Lo memberikan pertanyaan

Pada dasarnya, orang akan suka berbicara mengenai dirinya. Bukan karena egois atau narsis, tapi itu adalah topik yang memang aman dan memang mereka menguasainya. Jadi, salah satu cara supaya Lo bisa tetap mengobrol ketika Lo gak tau harus ngomong apa adalah dengan cara bertanya dan biarkan mereka yang bercerita.

Mengajukan pertanyaan akan menunjukan personal interest Lo sama orang yang Lo tanya dan membuat lawan bicara Lo merasa diperhatikan. Lo bisa melakukan ini dengan memperhatikan dan mengamati orang tersebut untuk menemukan petunjuk mengenai apa yang akan Lo tanyakan. Misal, kalo mereka terlihat sangat lelah, Lo bisa tanyakan apa yang mereka lakukan kemarin. Atau ketika mereka memiliki barang atau pakaian tertentu, Lo bisa bilang bahwa Lo juga lagi nyari barang serupa dan Lo bisa menanyakan dari mana mereka mendapatkannya atau Lo bisa meminta rekomendasi di mana Lo bisa mendapatkannya.

Kuncinya adalah ajukan pertanyaan yang dapat membuat mereka bercerita bukan pertanyaan yang jawabannya hanya ya atau tidak saja. Hal ini memungkinkan orang untuk bercerita lebih banyak, sehingga percakapan diantara kalian bisa tetap berjalan.

3. Sesuaikan topik pembicaraan dengan keadaan sekitar

Contohnya gini Bro, misal Lo ketemu orang di kereta dan keadaan kereta tersebut penuh dan pendinginnya gak dingin kaya biasanya. Lo bisa tuh Bro mengangkat keadaan tersebut menjadi sebuah obrolan ringan selama diperjalanan. Atau misal Lo ketemu orang yang sama-sama hobi motor custom, Lo bisa Bro memulai percakapan dengan bertanya mengenai segala hal mengenai motor orang tersebut. Intinya sesuaikan topik pembicaraan Lo dengan keadaan sekitar Lo.

4. Ulangi apa yang mereka katakan

Ketika Lo misalnya tidak mengerti terhadap topik yang sedang dibicarakan, maka supaya percakapan kalian tidak berhenti, Lo bisa mengulang perkataan lawan bicara Lo dan ikuti dengan sebuah pertanyaan. Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa Lo tertarik dan mendengarkan apa yang mereka katakan, namun itu akan memberi mereka kesempatan untuk menjelaskan lebih banyak mengenai topik yang tidak Lo mengerti tadi.

5. Share hal-hal kecil mengenai diri Lo

Sharing hal-hal kecil mengenai diri Lo akan menunjukan keterbukaan Lo sama lawan bicara Lo. Seperti yang Gw bilang tadi, orang gak akan inget Lo ngomong apa aja sama mereka. Tapi mereka akan mengingat kesan atas interaksi yang kalian lakukan ketika kalian ngobrol. Jadi Bro, gak ada salahnya untuk share hal-hal kecil untuk mebangun koneksi sama orang yang Lo ajak ngobrol asal Lo gak menceritakan hal-hal yang sifatnya private.

Jadi Bro, kunci untuk bisa berbicara dengan orang yang baru adalah Lo harus percaya diri dalam membicarakan topik apapun. Lo gak harus memaksakan diri untuk mejadi orang yang menarik, karena toh mereka gak akan inget Lo ngomongin apa aja. Yang penting Lo harus meninggalkan kesan yang baik ketika Lo berbicara sama mereka. Kira-kira begitu, Bro.

Oke deh, Gw rasa itu aja yang bisa Gw sampaikan sama kalian Bro. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya! Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini