gentlemancode.id
Gimana jadinya kalo saat ini nggak ada social media?

GIMANA JADINYA KALO SAAT INI NGGAK ADA SOCIAL MEDIA?

Published on Monday, 02 April 2018

Social media saat ini udah hampir nggak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Hampir setiap saat kita pasti selalu membuka aplikasi social media yang sudah ter-install pada smartphone kita entah itu Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Tidak bisa kita pungkiri, social media emang bisa ngasi kita banyak hal. Disana kita bisa menemukan berita, ketemu temen lama, bisa jualan, promosi bisnis dan berbagai hal lainnya. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya social media emang banyak memberikan manfaat untuk kita. Tapi, kita juga nggak bisa menutup mata kalo aplikasi-aplikasi tersebut memiliki dampak negatif yang bisa membahayakan penggunanya dari mulai banyaknya informasi palsu hingga menjadi sasaran kejahatan.

Nah, sekarang kalo misalnya social media itu nggak bisa di akses di negara kita kira-kira gimana ya? Kali ini Gentlemancode akan mengajak Lo semua sedikit berandai-andai gimana kalo misalnya social media tiba-tiba nggak bisa dibuka. Kalo itu terjadi, mungkin beberapa hal ini akan kita alami bro.

1. Jadi susah nemuin teman-teman lama Lo

Salah satu fitur paling favorit di social media khususnya Facebook adalah fitur yang bisa mempertemukan kita dengan teman-teman lama kita. Dengan fitur ini, kita bisa ketemu lagi sama teman-teman kita yang udah lama nggak ketemu seperti teman sewaktu SD, SMP, SMA, atau kuliah, yang mana kalo kita sengaja nyari pasti akan susah banget. Dengan algoritma yang dimiliki oleh Facebook hal ini jadi semakin mudah bro untuk tetap terhubung dengan temen-temen Lo. Kalo misalnya social media nggak ada, Lo mungkin nggak akan bisa bro nemuin temen-temen lama Lo semudah itu.

2. Buat yang jualan online, nggak ada lagi alat untuk promosi yang sefektif social media

Tidak bisa kita pungkiri, social media merupakan alat yang sangat efektif untuk promosi. Buat Lo yang jualan online, tentu social media sangat memberikan peran yang besar untuk bisnis Lo. Bagi kebanyakan orang yang berjualan secara online, banyak diantaranya penjualan mereka dihasilkan dari Facebook atau social media lainnya. Bukan hanya pebisnis rumahan saja yang akan mengalami hal ini namun brand-brand gede juga bakalan terkena dampaknya bro karena selama ini mereka banyak melakukan promosi melalui platform-platform social media. Kalo social media nggak ada, bisa dibayangkan gimana nanti pendapatan mereka?

3. Penyebaran informasi menjadi lambat

Emang sih aplikasi berita sekarang udah banyak banget. Tapi, pamornya masih kalah bro sama aplikasi social media. Social media itu bisa ngasi Lo informasi secara realtime. Untuk itu, kenapa banyak portal berita yang menyebarkan berita yang mereka tulis melalui social media yang mereka miliki adalah karena penyebarannya yang sangat cepat. Dalam hitungan detik saja satu berita bisa tersebar kemana-mana dan banyak dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia. Nah, kalo social media nggak ada maka penyebaran informasi pasti nggak akan secepat ketika social media masih ada.

4. Tapi, kalo nggak ada social media mungkin informasi hoax bisa diatasi

Lo semua pasti udah sering nih nemu yang kaya gini, telur palsu lah, ini lah, itu lah, banyak banget bro. Apalagi udah musim pemilu kaya gini, pasti banyak banget berita hoax berseliweran di timeline Lo. Berita-berita ini, kalo yang nerimanya asal percaya aja bisa bahaya bro. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa penyebaran berita di social media itu cepet banget, jadi kalo misalnya informasi bohong tersebar dengan cepat gimana jadinya coba? Apalagi kalo misalnya informasi tersebut menyinggung isu SARA, wah bisa berabe tuh. Nah, kalo nggak ada social media, setidaknya hal ini bisa diminimalisir.

5. Dan bisa jadi, orang-orang bisa lebih sering berinteraksi

Bukan hal yang aneh lagi semenjak booming-nya social media, banyak orang yang jadi asik sama dunia mereka sendiri tanpa menghiraukan orang disekitar mereka. Lagi jalan maen smartphone, lagi makan bareng buka social media, mau makan foto dulu, lagi meeting buka social media, pokoknya dikit-dikit buka social media kapanpun dan dimanapun nggak peduli lagi ada acara apa. Bukannya fokus sama kegiatan yang sedang dilakukan mereka malah asik sama hal lain yang bahkan tidak terlalu penting. Kalo social media nggak ada, bisa jadi orang akan lebih fokus terhadap kegiatan yang sedang mereka jalani dan mereka bisa saling berinteraksi satu sama lain. 

Ibarat pisau, social media itu tergantung pemiliknya, bro. Kalo yang menggunakannya punya niat jahat ya social media bisa bahaya. Sebaliknya, kalo penggunanya menggunakannya dengan bijaksana maka social media pasti akan memberikan banyak manfaat. Anyway, itu tadi kira-kira yang mungkin bisa terjadi ketika social media misalnya nggak ada. Nah, kalo menurut Lo gimana bro?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini