gentlemancode.id
Gunakan Social Media Dengan Bijaksana Jangan Membabi Buta

GUNAKAN SOCIAL MEDIA DENGAN BIJAKSANA JANGAN MEMBABI BUTA

Published on Friday, 01 July 2016

Social media. Dewasa ini banyak sekali bermunculan social media yang menawarkan banyak hal kepada penggunanya. Ini menarik, karena pengguna dapat mengekspresikan diri dengan cara yang lebih banyak lagi dibanding cara biasanya.

Tidak hanya untuk bersenang-senang, social media juga dijadikan alat untuk pemasaran, iklan, politik, edukasi, dan lain-lain. Ini tentu baik sekali manfaatnya untuk kita mengingat kita bisa mendapatkan banyak hal melalui social media.

Namun ada beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan di social media karena hal tersebut lebih banyak buruknya dibandingkan manfaatnya. Sebagai manusia dewasa seharusnya kita menghindari hal-hal tersebut.

1. Black campaign

Black campaign meruapakan hal yang tidak patut dilakukan di social media, bahkan dimanapun kita tidak boleh melakukan black campaign. Kita ambil contoh saat pilpres atau pilgub. Banyak sekali orang-orang yang membagikan berita-berita negatif mengenai lawan politiknya. Padahal tidak harus seperti itu, kampanye positif dengan menonjolkan prestasi calon yang didukung tanpa merendahkan lawan politiknya tentu akan terlihat lebih elegan dan berwibawa, tidak terlihat kampungan dan nora.

2. Pamer kekayaan

Kita hidup di negara yang masyarakatnya masih belum memiliki tingkat penghasilan yang tinggi. Maka alangkah baiknya kita tidak memamerkan harta yang kita punya, karena toh kita tidak perlu pamer harta kekayaan untuk diakui. Pada dasarnya, sikap yang baik yang akan membuat status kita baik dimata orang sekitar kita.

3. Mengeluh soal pekerjaan

Semua pekerjaan pasti memiki hal positif dan negatifnya. Adakalanya kita akan mengalami masalah dengan pekerjaan kita, atau mungkin rasa jenuh dan lelah datang menghampiri begitu saja. Namun mengeluh di social media tidak akan merubah apa-apa. Kita hanya akan memperlihatkan kepada orang-orang bahwa kita adalah orang yang lemah dan suka mengeluh. Tentu kita tidak ingin apabila kita dicap orang yang lemah bukan?

4. Menjelek-jelekan tempat dimana kita bekerja

Sungguh kita orang yang tidak tahu diri, apabila kita menghina tempat kita mencari nafkah. Disana kita mendapatkan uang, disana kita diberikan pekerjaan, disana kita diberikan kesempatan. Apabila kita membalas itu semua dengan umpatan, maka kita benar-benar orang yang tidak tahu malu. Menjelek-jelakan tempat kita bekerja sama halnya dengan mengencingi sumur tempat kita mengambil air untuk minum.

5. Membuka aib orang lain

Social media bukan tempat untuk membicarakan aib orang lain. Social media meruapakan tempat kita berbagi informasi positif, pengetahuan, dan hal-hal positif lainnya.

6. Menebar kebencian

Social media adalah tempat dimana arus informasi mengalir begitu cepat. Jangan sampai kita menyebarkan sesuatu yang sifatnya mengandung atau membangkitkan kebencian. Ini bahaya, karena ini dapat memicu konflik. Konfilk atar budaya, suku, dan agama. Sebaiknya kita berhati-hati dalam menyebarkan informasi di social media.

Nah Bro, sebaiknya kita lebih bijaksana dalam menggunakan social media. Karena apabila kita salah menggunakannya maka itu akan mengundang malapetaka. Menggunakan social media itu ada etikanya.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini