gentlemancode.id
Hak dan Kewajiban Pejalan Kaki yang Harus Lo Tau!

HAK DAN KEWAJIBAN PEJALAN KAKI YANG HARUS LO TAU!

Published on Friday, 04 August 2017

Di kota besar seperti Jakarta, kemacetan di jalan raya tentu sulit untuk dihindari. Banyaknya kendaraan mulai dari motor sampai truk gandeng berlalu-lalang di sana. Terus bagaimana cara menghindari kemacetan tersebut?

Kalau jarak yang Lo tempuh gak terlalu jauh, apa salahnya kalau jalan kaki Bro? Selain menyehatkan badan, Lo akan terbebas dari kemacetan. Memang sebenarnya gak ada penelitian khusus yang mengharuskan berapa langkah dalam sehari yang harus Lo tempuh, tapi berapapun itu yang pasti bakal bikin badan Lo lebih sehat.

Tapi jangan asal jalan, sebagai pejalan kaki kita punya hak yang harus didapat dan kewajiban yang harus dipatuhi. Dikutip dari ayoselamat.org, berikut adalah hak dan kewajiban pejalan kaki.

Hak

Diatur dalam undang-undang no 22 tahun 2009 pasal 131 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, hak pejalan kaki dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung berupa trotoar, tempat penyeberangan dan fasilitas lain.
2. Pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang jalan di tempat penyeberangan.
3. Dalam hal belum tersedia fasilitas sebagaimana dimaksud diatas pejalan kaki berhak menyeberang di tempat yang dipilih dengan memperhatikan dirinya.

Kalau Lo pernah ke Singapura, trotoar di sana sangat menunjang para pejalan kaki, hampir gak pernah putus atau rusak. Hal itu juga akan membuat keinginan masyarakat untuk berjalan kaki jadi meningkat. Sayangnya hal itu belum terealisasi di Jakarta, banyak trotoar yang "disalahgunakan". Jadi tempat jualan lah, parkir liar lah, bahkan banyak motor yang lewat trotoar buat menghindari macet.

Bayangkan kalau Jakarta punya trotoar yang layak dan gak dipake buat hal-hal lain, pasti bakal bikin kita makin nyaman untuk berjalan kaki.

Kewajiban

Dalam undang-undang no 22 tahun 2000 pasal 132 ngebahas tentang kewajiban pejalan kaki, di antaranya:

1. Menggunakan bagian jalan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki atau jalan yang paling tepi: atau Menyeberang di tempat yang telah di tentukan.
2. Pejalan kaki wajib memperhatikan keselamatan dan kelancaran lalu lintas.
3. Pejalan kaki penyandang cacat harus mengenakan tanda khusus yang jelas dan mudah dikenali  pengguna jalan lain.

Para difabel (different ability) juga harus diberikan fasilitas khusus seperti jalur untuk menaiki trotoar bagi yang menggunakan kursi roda, memiliki permukaan halus dan tidak berlubang agar memudahkan difabel yang menggunakan tongkat untuk berjalan dan fasilitas-fasilitas khusus yang mempermudah para difabel.

Jadi Lo makin sadar kan Bro kalau berjalan kaki itu banyak banget manfaatnya, jangan lupa lapor ke pihak berwajib kalau di jalan ada hal-hal yang tidak sesuai seperti trotoar bolong, trotoar dipakai untuk jualan/parkir liar, dan lain sebagainya.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini