gentlemancode.id
Hal-hal yang akan menjadi penghambat ketika kita ingin memulai bisnis

HAL-HAL YANG AKAN MENJADI PENGHAMBAT KETIKA KITA INGIN MEMULAI BISNIS

Published on Tuesday, 09 May 2017

Siapa sih yang gak pengen punya bisnis sendiri? Punya kantor sendiri, bisa buka lowongan pekerjaan, bisa ngegaji orang, beuuuuh keren banget gak sih? Hmmmm, keren emang, tapi  buka bisnis itu bukan soal keren-kerenan Bro, bisnis itu soal kemandirian dan soal memberi manfaat untuk orang lain. Ini nih yang penting, niatnya benerin dulu Bro kalo mau buka bisnis biar kedepannya lancar. Tos!!!

Kalo liat pengusaha-pengusaha yang udah sukses kayanya enak banget ya Bro? Punya penghasilan gede, bisa jalan-jalan ke luar negeri, punya rumah mewah, mobil mewah, dan segala macam kemewahan lainnya. Tapi, itu semua gak didapat secara instan Bro. Banyak hal yang udah mereka lewatin dan udah banyak banget pengorbanan yang udah dilakuin. Kita liat pas suksesnya aja, pas mereka susah kita gak pernah tau Bro. Bill gates, Steve Jobs, Jack Ma,  Elon Musk, dan pengusaha-pengusaha besar lainnya pernah ngalamin gimana susahnya merintis bisnis, dan itu sama sekali gak seenak seperti sekarang.

Kok mereka bisa sesukses itu ya?

Disamping kerja keras, hal lain yang membuat mereka sukses adalah keyakinan dan komitmen. Ide tanpa eksekusi gak akan pernah jadi sesuatu, eksekusi tanpa keyakinan dan komitmen pun gak akan berarti. Jadi, sinergi antara tiga hal tersebut memiliki peranan penting dalam kesuksesan seseorang.

Lalu apakah kita bisa seperti mereka?

Tentu aja kita bisa seperti mereka, kenapa engga? Sekarang yang jadi pertanyaan adalah kita nya mau apa engga?

Ketika kita memutuskan untuk memulai untuk membuat sesuatu, baik itu produk atau jasa, lalu kita ingin produk atau jasa kita itu bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, maka kita perlu mengerjakan semua hal dengan serius dan penuh komitmen.  Dari mulai planing sampe dengan eksekusi harus di kerjakan dengan penuh keyakinan dan keseriusan. Ketika Lo udah mulai mengerjakan semua hal nya dengan baik, maka Lo harus berusaha untuk mengatasi beberapa hambatan berikut ini yang mana hambatan ini akan mengganggu Lo dalam mengerjakan semua perencanaan Lo.

1. Takut Rugi

Takut mengalami kerugian adalah hal yang wajar yang akan dirasakan oleh semua orang yang ingin memulai sebuah bisnis, manusiawi Bro. Tapi, kalo rasa takut ini mengendalikan Lo sampe-sampe Lo membatalkan niat Lo untuk membuka bisnis maka menurut Gw ini gak wajar. Iye Gw tau rugi itu gak enak, bisnis itu resikonya emang gede, tapi apakah Steve Jobs dulu gak takut rugi ketika ingin memulai membuat Apple? Apakah pengusaha-pengusaha lainnya juga gak takut rugi? Gw rasa semuanya pernah merasakan rasa takut akan kerugian dan itu adalah hal yang sangat alami.

Gw pengen nanya ama Lo, kira-kira apa yang membedakan antara pemenang dan pecundang? Keberanian. Ya, seseorang yang memiliki keberanian untuk memulai, merencanakan, dan kemudian melakukan sesuatu adalah seorang pemenang. Bagaimanapun hasil akhirnya dia tetap adalah seorang pemenang karena dia berani untuk mengambil resiko dan mau untuk segera melakukan sesuatu. Lagipula, gak masuk akal belum apa-apa udah ngitung kerugian. Jalanin aja dulu bisnisnya, bikin sesuatu yang menurut Lo akan berguna, dan tetap konsisten untuk memajukan bisnis Lo dengan tetap menciptakan dan mengembangkan produk-produk yang bagus.

2. Mikirin masalah modal

Modalnya dari mana? Mana bisa bikin bisnis kalo gak ada modal?

Sering banget Gw denger alesan seperti ini dan jujur dulu Gw juga kaya gini. Tapi setalah Gw pikir-pikir, kalo mikirin modal mulu Gw gak akan mulai-mulai bisnisnya dan Gw gak akan pernah mulai untuk bikin sesuatu. Saran Gw, bikin aja dulu apa yang mau Lo bikin, realisasikan ide Lo, kembangkan sampai bener-bener bagus baru abis itu Lo cari modal. Kalo di awal Lo udah musingin dapet modal darimana maka Lo akan berakhir dengan tidak membuat apa-apa dan waktu Lo akhirnya terbuang sia-sia. Sayang kan?

3. Bingung nanti penghasilannya darimana

Buat yang jualan produk fisik tentunya gak akan bingung sumber penghasilannya dari mana karena udah jelas Lo jualan produk tersebut untuk menghasilkan penghasilan. Demikian pula dengan jasa, Lo gak akan bingung sumber penghasilannya dari mana karena udah pasti dari jasa yang Lo lakukan. Tapi, untuk orang-orang yang membuat produk atau jasa seperti games, aplikasi, atau website biasanya mereka akan bingung kira-kira penghasilan yang akan diterima akan didapatkan dari mana? Apakah hasil yang dihasilkan nanti sebanding dengan effort yang udah dilakukan? Nah itulah kenapa Lo harus mikirin bisnis model yang jelas untuk bisnis Lo. Untuk hal ini, Lo perlu bantuan seorang partner yang bisa bantu Lo dalam membuat sebuah bisnis model. Dengan membuat bisnis model maka Lo akan tahu kira-kira nanti penghasilannya darimana aja, berapa modal yang dibutuhkan, dan kira-kira apa aja yang harus dilakukan.

4. Melakukan semua hal sendirian

Bukannya Gw meragukan kemampuan Lo. Tapi, dalam membangun sebuah bisnis atau membuat sebuah produk itu Lo gak bisa sendiri. Lo butuh bantuan orang lain untuk mewujudkan itu. Dengan memiliki partner maka Lo bisa membagi tugas dalam mengerjakan hal-hal yang perlu dikerjakan. Keuntungan lain dengan memiliki partner adalah Lo bisa membagi beban atau masalah Lo, dengan begitu Lo bisa selesein sama-sama, gak sendirian.

5. Gak yakin bisnis Lo akan berjalan lama

Bisnis Gw bisa bertahan gak ya? Gimana kalo akhirnya bisnis Gw ditiru orang dan ternyata lebih baik dari yang Gw tawarkan sekarang?

Masa depan emang gak pernah bisa kita ramalkan. Bahkan sekelas Samsung yang notabene nya merupakan raksasa teknologi gak pernah tahu sampai kapan bisnis mereka akan berjalan. Masa depan itu selalu menjadi misteri Bro. Itulah kenapa kita harus membuat strategi dan perencanaan yang baik dalam menjalankan bisnis yang kita jalankan. Kalo takut ini itu ya kita gak akan jalan kemana-mana Bro, jalanin aja dulu. Lagian, yang bisa kita lakukan saat ini ya berusaha. Biarkan masa depan tetap menjadi sebuah misteri. Masa depan memang ga bisa diramalkan, tapi bisa direncanakan :)

Apapun ide Lo, bikin aja Bro, jalanin. Seiring perjalan waktu, Lo akan mengerti bagaimana cara membuat bisnis atau produk Lo menjadi lebih baik. Gentleman sejati gak akan pernah ragu untuk mengejar apa yang diyakininya. Semangat Brothers!!!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini