gentlemancode.id
Harga Rokok Naik? Jangan Ribut Dulu, Dampak Positifnya Banyak Bro

HARGA ROKOK NAIK? JANGAN RIBUT DULU, DAMPAK POSITIFNYA BANYAK BRO

Published on Thursday, 25 August 2016

Belakangan ini kita diramaikan dengan pemberitaan mengenai rencana pemerintah untuk menaikan harga rokok yang akan naik menjadi 50.000 perbungkus. Sontak rencana ini mendapatkan banyak reaksi dari masyarakat, ada yang mendukung dan tidak sedikit juga yang menolak.

Untuk para perokok tentu rencana ini sangat mengejutkan, karena kegemarannya terhadap rokok terancam tidak bisa disalurkan lagi dikarenakan mahalnya harga rokok nanti.

Sedangkan untuk yang tidak merokok tentu ini menjadi kabar baik bagi mereka, karena dengan naiknya harga rokok, kemungkinan banyak perokok akan berhenti dan kenyamanan publik akan tercipta karenanya.

Tidak bisa kita pungkiri kebijakan ini tentunya akan menimbulkan pro dan kontra di masyarakat, sebelum kita berdebat lebih jauh tidak ada salahnya kita mengetahui beberapa dampak positif apabila memang nanti harga rokok naik menjadi 50.000.

1. Kualitas kesehatan akan meningkat menjadi lebih baik

Seperti kita ketahui, rokok mengandung banyak sekali racun yang dapat membahayakan kesehatan. Bukan hanya untuk kita namun juga untuk orang di sekitar kita. Dengan naiknya harga rokok, maka kemungkinan besar banyak orang yang akan berhenti, sehingga resiko bahaya yang ditimbulkan oleh rokok akan bisa kita hindari.

2. Kenyamanan di tempat umum akan terjaga

Sering kita mengalami kenyamanan kita di tempat umum sering tergangu akibat adanya asap rokok yang tiba-tiba menghampiri kita. Hal ini tentu sangat mengganggu, khususnya bagi orang-orang yang tidak merokok. Bukan hanya itu, kebiasaan orang-orang yang membuang puntung sembarangan juga sangat mengangu, tidak jarang kebiasaan seperti ini berakhir dengan bencana seperti kebakaran yang diakibatkan oleh orang yang membuang puntung rokok sembarangan.

Dengan berkurangnya orang yang merokok dikarenakan daya belinya berkurang maka kejadian-kejadian diatas tentu dapat kita hindari.

3. Lebih hemat

Coba hitung berapa banyak uang yang kita habiskan untuk membeli rokok? Tidak sedikit bukan? Nah kalo harga rokok mahal, tentu kita akan pikir-pikir dulu sebelum membeli rokok. 50.000 bukan uang yang sedikit, dengan 50.000 kita bisa membeli makanan untuk kita atau membeli lauk pauk untuk kita makan bersama keluarga.

Harga rokok yang mahal akan memaksa kita untuk lebih berhemat dan akan membuat kita menjadi lebih bisa mengalokasikan uang untuk kebutuhan yang betul-betul penting.

4. Kesehatan dan kecerdasan generasi muda kita akan lebih terjaga

Sering kali kita melihat anak-anak yang belum cukup umur seperti anak-anak usia SMU, SMP, bahkan SD sudah menghisap rokok. Kebiasaan ini tentu sangatlah tidak baik bagi kesehatan mereka, belum lagi racun yang dikandung dalam rokok akan memperngaruhi kemampuan mereka dalam berfikir sehingga kecerdasan mereka menjadi kurang optimal.

Harga rokok yang tinggi tentu tidak seimbang dengan uang saku yang mereka punya, maka mau tidak mau mereka akan berhenti untuk merokok.

5. Kualitas kehidupan yang lebih baik

Dengan merokok ada beberapa hal negatif yang akan menggangu kualitas kehidupan kita seperti : kesehatan, keuangan, hubungan kita dengan lingkungan, hubungan kita dengan keluarga dan lain sebagainya. Dengan kita berhenti, otomatis kita bisa memperbaiki beberapa masalah-masalah tersebut.

Kita ambil satu contoh, ada sepasang suami istri yang sering cekcok dikarenakan suaminya lebih mementingkan uang rokok daripada uang jajan anaknya. Hal ini tentu menjadi masalah yang serius untuk pasangan tersebut karena secara kualitas, hubungan mereka berjalan kurang harmonis karena si suami lebih mementingkan keinginan dia terhadap rokok. Ketika harga rokok naik, si suami mau tidak mau akan berhenti merokok. Dengan dia berhenti merokok, otomatis salah satu penyebab cekcok diantara mereka akan hilang dan kualitas hubungan mereka pun menjadi lebih baik tentunya.

Oke, apabila kita berbicara mengenai kebijakan, tentu akan selalu diringi dengan yang namanya pro dan kontra ataupun postif dan negatif. Suatu kebijakan akan berdampak baik apabila dampak positifnya lebih banyak daripada dampak negatifnya, apalagi jika kebijakan tersebut disertai dengan solusi untuk dampak-dampak negatifnya.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini