gentlemancode.id
Hobi jadi sumber penghasilan?

HOBI JADI SUMBER PENGHASILAN?

Published on Monday, 17 April 2017

Sounds really really good, Bro. But how? Let's check this out!

Hobi, siapa sih yang enggak punya hobi. Siapa juga yang enggak mau ngerjain hobi. Terlebih lagi, siapa sih yang gak mau ngerjain hobi, plus bisa dapet duit atau dijadikan sumber penghasilan pula! Semua orang gak bakal nolak Gw rasa.

Zaman sekarang adalah zaman yang serba instan, serba canggih, dan juga serba kreatif. Dengan segala kemudahan teknologi yang kita dapatkan sekarang ini, banyak banget peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan, bahkan dari hobi yang selama ini kita jalankan.

Pilihan yang Lo ambil ketika dulu mengambil jurusan ketika kuliah gak mesti mengharuskan Lo menjalankan karier yang sesuai dengan jurusan Lo itu. Kenapa? Karena kalo Lo merasa hobi Lo lebih menjanjikan dan Lo senang untuk melakukannya kenapa engga? Sebagai generasi milenials kita dituntut untuk selalu bisa beradaptasi dalam setiap keadaan dan juga kreatif dalam memanfaatkan keadaan. Jadi misalnya Lo kuliah jurusan Ekonomi, tapi Lo punya passion di bidang komunikasi, maka gak menutup kemungkinan Lo bisa jadi public relation! Aneh? Enggak, ini namanya kreatif! Dan kita beruntung jadi generasi yang kreatif, Bro!

Jadi, karena kita adalah generasi yang jago dalam beradaptasi, jago twisting keadaan, dan kreatif, kenapa enggak coba melakukan sesuatu yang berbeda? Sesuatu yang pastinya sesuai dengan passion dan hobi kita, misalnya : hobi me-review sesuatu, misalnya makanan.

Hari gini, gadget ada, tampang ada, dan suara lumayan enak, hal ini bisa menjadi modal buat Lo untuk mengoptimalkan hobi Lo agar bisa dijadikan sumber penghasilan. Kegiatan review makanan Lo bisa Lo ceritakan dalam video singkat yang mana video tersebut bukan hanya bersifat informatif, tapi juga menghibur dan memiliki daya jual, sehingga membuat orang tertarik untuk nonton video Lo. Lo bisa bikin channel sendiri di Yotube dan Lo bisa upload video Lo disitu. Setelah itu rajin-rajin Lo promote deh video Lo dengan menggunakan account social media Lo. Asal sabar dan Lo konsisten dalam melakukannya maka Lo tinggal tunggu aja nanti hasilnya, one day mungkin akan ada advertiser yang mau pasang iklan di video Lo. Minimal, Lo bisa tunggu pemilik restoran yang pengen makanannya di review sama Lo. Selain dapat pengalaman, pastinya Lo dapat kesempatan makan banyak makanan tanpa bayar, malah Lo yang dibayar. Asyik kan?

Kita ambil contoh lain, misalnya Lo hobi memodifikasi mainan die cast. Coba deh Lo join komunitas dan ketemuan sama orang yang hobinya sama, biar Lo bisa memperluas network Lo agar nanti banyak yang bisa lihat presisi Lo dalam memodifikasi, dan ini tentunya bisa jadi pintu peluang buat Lo.

Pokoknya apapun itu, asal positif, you go for it Bro! Find what it is that you like to do, think creative dan rajin cari info mengenai gimana caranya Lo bisa jadikan hobi Lo sebagai sumber penghasilan. Gw yakin banget bisa kok, karena zaman sekarang occupation itu udah sangat beragam bentuknya.

Asalkan kuncinya apa sih? Lo harus sabar, steady dan serius dalam mengerjakannya. Gw yakin dengan ketekunan, Lo akan bisa sukses dalam bidang apapun. Jangan pernah setengah-setengah Bro, karena hal itu akan bikin Lo jadi gak mahir dan gak expert. Kalo udah gitu, gimana cara orang mau percaya kalo apa yang Lo kerjakan itu unik dan memiliki selling points?

Bagaimanapun juga, persaingan itu sangat ketat Bro. Ada ratusan bahkan ribuan orang yang memiliki hobi yang sama dengan Lo, maka itu seperti yang sudah Gw sampaikan sebelumnya, Lo harus memiliki USP atau unique selling points, untuk membedakan Lo dengan saingan Lo yang lain.

Jangan lupa untuk mencari info mengenai pelatihan-pelatihan ataupun workshop yang bisa bikin expertise Lo bertambah. Misal hobi dan ketertarikan Lo akan fotografi. Lo mesti rajin cari workshop foto yang sesuai dengan expertise Lo, misalnya foto jurnalistik, foto travelling, etc. Menurut Gw gak pernah ada ruginya untuk earning some more training to your skills, karena belajar itu gak ada batasan umur dan pasti akan selalu berguna.

Selain itu, Lo juga harus selalu rajin mencari informasi mengenai bagaimana Lo bisa twisting hobi Lo agar bisa menghasilkan, dan jangan lupa untuk memperluas networking dan rajin mengikuti pelatihan yang berguna untuk menambah kreatifitas Lo dalam menjalani hobi Lo.

It's a big worlg out there, and we can be bigger but never think to be smaller! Good luck Bro!
 
Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini