gentlemancode.id
Ide Itu Dicari, Bukan Ditunggu

IDE ITU DICARI, BUKAN DITUNGGU

Published on Saturday, 02 September 2017

Apa ide Lo untuk mengisi weekend ini, Bro? Kebetulan saat ini Gw lagi mencari-cari ide untuk tulisan-tulisan Gw selanjutnya, karena saat ini pikiran Gw dipenuhi oleh berbagai macam ide tapi belum semua bisa terealisasi. Ngomong-ngomong soal ide nih, Gw rasa gak ada salahnya kali ini Gw nulis tentang sesuatu yang berkaitan dengan ide karena setiap hari Lo pasti dituntut untuk memunculkan ide-ide baru dalam kegiatan Lo. Bener gak?

Nah, menurut Gw ide  itu adalah proses kreatif Lo dalam berpikir untuk membuat sesuatu atau solusi yang mana proses itu timbul dari pengalaman-pengalaman Lo yang bertujuan menghasilkan sesuatu yang baru dan bermanfaat. Ide yang baik adalah ide yang mampu membantu menyelesaikan suatu permasalahan baik itu permasalahan yang sederhana maupun permasalahan yang besar. Nah, yang masih jadi pertanyaan, sebenernya ide itu dicari atau bisa datang dengan sendirinya sih?

Untuk mendapatkan ide yang bagus atau cemerlang memang gak gampang, Bro. Dan perlu Lo tau, ide itu gak bisa datang begitu aja tanpa Lo berusaha mencarinya. Lo harus berusaha nyari agar ide tersebut timbul di pikiran Lo, dan kalo Lo tiba-tiba punya ide atau ide Lo muncul secara spontan, sebetulnya ide itu muncul dari proses kreatif yang Lo pikirkan tanpa sadar bukan tiba-tiba datang aja. Terus gimana caranya agar Lo bisa mengolah proses kreatif untuk mencari ide-ide yang cemerlang? Untuk pertanyaan tersebut, Lo bisa mencoba cara ini, Bro. Simak baik-baik ya!

1. Coba Pikirkan Sesuatu Dengan Cara Yang Beda

Kalo misal dalam kasus yang sama orang lain  punya ide A, cobalah gali lagi proses kreatif Lo dan usahakanlah untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda. Dengan Lo membiasakan mencari sesuatu yang beda sama orang lain, proses kreatif Lo akan lebih terasah Bro karena otak Lo dipaksa untuk mencari ide-ide baru untuk suatu permasalahan. Tapi ingat  Bro, hal yang paling penting dari sebuah ide atau gagasan adalah Lo harus berani mengungkapkan ide Lo tersebut karena ide yang tidak di ungkapkan adalah ide yang sia-sia.

2. Cobalah Untuk Santai

Ide itu bisa muncul ketika kondisi tubuh dan pikiran Lo sedang santai dan rileks. Kalo Lo ingin lebih tenang, Lo bisa mendapatkannya dengan melakukan peregangan, menikmati udara segar, menenangkan diri sambil tiduran, atau buat keadaan sekitar Lo menjadi hening, karena keheningan bisa memaksimalkan kemampuan Lo dalam berpikir, coba deh Bro.

Setelah Lo bener-bener merasa rileks dan nyaman, cobalah untuk menjelajah dengan menggunakan pikiran Lo. Mulai dari analisa pokok masalah, kemudian turunkan menjadi sebuah solusi dan ide-ide melalui proses kreatif Lo. Kalo Lo masih tidak mendapat ide juga, jangan memaksakan diri Bro, santai aja masih banyak waktu. Kalo terlalu dipaksain yang ada ntar Lo malah stres, Bro. Santai aja ya!

3. Kembangkan Dan Improvisasikan Apa yang Sudah Ada

Lo bisa gunakan Analogi Bro, maksudnya gini, misalkan seseorang sudah menemukan produk A atau pemikiran A. Nah buat apa Lo berusaha menghasilkan produk atau pemikiran yang sama dengan si A. Kalo sama berarti apa yang Lo buat gak lebih baik dari yang sudah ada. Tapi, Lo tidak perlu repot memikirkan hal- hal yang mengganggu pikiran Lo tentang hal yang sudah ada. Pikirkan saja bagaimana Lo dapat menambah value yang lebih di dalamnya. Kalo Lo menemui sesuatu yang belum Lo kenal, asing, atau tidak Lo pahami, Lo bisa mencari persamaannya dengan apa yang sudah Lo tahu sebelumnya. Dan sebaliknya, Lo pun gak perlu bersusah payah memikirkan segala sesuatu yang sudah biasa. Maka akan ada banyak ruang kosong di mana ide-ide yang liar bisa masuk. Dengan Lo berusaha untuk menghasilkan lebih dari sesuatu yang ada, proses kreatif dan ide Lo akan semakin terasah, Bro!

4. Cobalah Minta Pendapat Orang Lain

Dengan mendapatkan pemikiran dari orang lain, Lo akan bisa mengembangkan ide melalui pemikiran orang tersebut. Dengan begitu, ketika Lo seolah kehabisan ide, ide pun bisa muncul dari proses kreatif yang Lo kembangkan dari pendapat orang lain. Mengembangkan gagasan, akan membuat proses kreatif Lo terlatih dan ide-ide cemerlang bisa muncul loh. Coba deh!

5. Gali Informasi Dan Terus Menambah Referensi

Semakin banyak referensi yang Lo miliki, maka akan semakin banyak ide yang bisa Lo hasilkan. Tapi itu semua tergantung bagaimana proses kreatif Lo, Bro. Proses kreatif itu bisa macem-macem, Lo bisa searching informasi di internet, diskusi sama temen Lo, atau pergi ke lingkungan baru dan bertemu dengan orang-orang baru. Seperti yang Gw sebutkan di poin tiga, bisa saja ketika Lo mendapatkan informasi baru, Lo bisa mengembangkan ide Lo dan mengimprovisasinya. Dengan begitu proses kreatif Lo bisa terlatih untuk terus memunculkan ide-ide baru.

Itu dia Bro, cara-cara yang bisa Lo terapkan untuk membantu Lo dalam proses kreatif Lo untuk mencari dan menghasilkan ide. Ketika Lo benar-benar seolah kehabisan ide, berusahalah untuk mencarinya, Bro. Ide itu dicari, bukan ditunggu!

Semoga bermanfaat Bro dan jangan Lupa di share ya! Thanks.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini