gentlemancode.id
Inilah Alasan SEO Penting untuk Bisnis Online Lo!

INILAH ALASAN SEO PENTING UNTUK BISNIS ONLINE LO!

Published on Wednesday, 28 March 2018

Bagi para pebisnis online, peran SEO amat penting dan tidak lagi bisa diabaikan. Tidak heran, mereka yang bekerja di bidang periklanan, pastilah mahfum peran SEO. Nah, kalo Lo masih belum paham peran SEO, yuk simak penjelasan lengkap mengenai betapa pentingnya SEO!

1. Harus lihai dalam memilih keyword

Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, Tantangan terbesar menaklukan SEO pastilah ada di poin satu ini yaitu keyword. Untuk mendapatkan keyword yang tepat, dicari banyak orang, dan tentunya sesuai dengan target market, Lo harus mampu mengenal tren pasar. Misalnya, jika bisnis bergerak di bidang online fashion khusus pria, maka Lo harus menggunakan keyword yang seperti: "baju pria murah", "fashion pria terbaru", dan lain sebagainya.

Kembangkan kreativitas agar keyword yang digunakan tidak itu-itu saja. Kalo Lo memasukkan keyword yang pas dan dicari banyak orang, maka peringkat website Lo pasti akan naik di jajaran atas. Nah, untuk menemukan keyword ini, rajin-rajinlah survei mengenai trend keyword yang lagi rame saat ini supaya Lo bisa terus update sama keyword-keyword baru yang mungkin akan mampu mendongkrak posisi website Lo nanti.

2. SEO butuh konten berkualitas

Kalau sudah jago menemukan keyword yang tepat, Lo butuh konten yang berkualitas supaya SEO Lo sukses, bro. Salah satu tips dari para pengelola SEO, SEO dan konten adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika ingin SEO bagus, konten pun harus berkualitas.

Untuk itu, Lo harus mengasah kemampuan menulis agar bisa membuat konten yang enak dibaca dengan memuat keyword yang ada. Lo juga harus memperhatikan keaslian dan pemilihan diksi. Caranya, perbanyak riset tulisan kompetitor. Siapa tahu dari situ Lo bisa mendapatkan inspirasi untuk konten baru.

3. Punya aturan ketat pada cara ilegal

Apabila Lo memiliki SEO yang bagus, website Lo bisa jadi muncul pada halaman pertama pencarian Google. Dengan alasan ini, ada banyak pebisnis bandel yang nekat melakukan cara ilegal agar bisa masuk dalam jajaran atas pencarian Google.

Padahal, tindakan ini berbahaya. Jika Google mendeteksi kecurangan, website Lo bisa diblokir! Alih-alih dapat untung, malah kehilangan ladang jualan. Nggak mau kan?

Jadi, ada baiknya untuk menghindari black hat SEO dan pilih jalan yang legal. Daripada sibuk bermain curang, lebih baik perbaiki pelayanan pada pelanggan.

4. Cermat memilih link untuk konten

Untuk memberi nilai tambah pada SEO, Lo bisa menambahkan sekitar tiga link eksternal di konten Lo. Namun, link ini harus diawasi dengan cermat secara berkala. Karena bisa jadi link eksternal itu dihapus oleh pemilik aslinya, atau ternyata malah menunjuk ke situs lain.  
 
Jangan lupa untuk selalu survei dan melakukan perubahaan pada link tersebut kalau dibutuhkan.

5. Perhatikan perubahan pada Panda

What, panda? Maksudnya gini bro, cermatlah dan selalu update dengan perubahan pada Google Panda. Google Panda adalah algoritma buatan Google yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian dari mesin pencari Google.

Sering kali saat mengecek, Lo mendapati peringkat situs turun drastis karena Panda melakukan pembaruan tanpa pemberitahuan. Jadi, selalu ada kemungkinan website Lo yang ada di jajaran atas hari ini, turun di halaman kedua esok hari.

Maka dari itu, Lo dituntut lebih up to date dan selalu mengikuti tren. Kabarnya, Panda akan melakukan update pada tiap kuartal. Namun, ada pula yang percaya bahwa update dilakukan tiap hari. Agar aman, buatlah konten orisinal yang bagus, keyword yang pas, dan lakukan secara legal. Hal ini bisa meminimalkan jatuhnya peringkat website.

SEO memang terkesan lumayan rumit dan susah. Namun, jika sudah terbiasa bermain SEO, pasti akan terasa menyenangkan. Dari sini, Lo bisa mencari peluang kesuksesan dalam bisnis online. Kuncinya, jangan ragu untuk terus mencoba.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini