gentlemancode.id
Inilah Manfaat Memotong Rambut Secara Rutin

INILAH MANFAAT MEMOTONG RAMBUT SECARA RUTIN

Published on Monday, 18 July 2016

Potong rambut atau bercukur merupakan suatu kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin setiap pria. Selain untuk membuat penampilan tetap rapi, bercukur juga dapat memberikan kesan yang baru kepada penampilan kita.

Bukan hanya bermanfaat untuk penampilan saja, potong rambut juga memiliki banyak manfaat lain loh Bro. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa Bro dapatkan apabila rajin melakukan potong rambut:

Mencegah dan mengatasi rambut bercabang

Rambut memiliki lapisan paling luar dengan tekstur paling keras, lapisan tersebut dinamakan kutikula. Fungsi kutikula adalah melindungi lapisan rambut bagian dalam (korteks). Ketika rambut sering mendapatkan penataan seperti pengeritingan, pelurusan, bleaching, ataupun pewarnaan, kutikula dapat rusak atau terbuka sehingga tampaklah korteks yang  bertekstur kasar. Oleh karena itu rambut dapat tampak kasar, kusam, dan kering. Terlalu sering terpapar bahan kimia dari sampo, polusi udara, produk penata rambut, dan sinar UV dapat semakin melemahkan korteks dan pada akhirnya membuat korteks patah sehingga rambut menjadi patah.

Kondisi patah ini bisa terjadi pada bagian rambut yang ada di dekat kulit kepala atau pada bagian ujung rambut. Rambut bercabang ini adalah kondisi patahnya rambut yang terjadi pada bagian ujung. Meskipun conditioner rambut tertentu dapat membantu melingkupi ujung rambut yang bercabang, tetap saja hal tersebut tidak benar-benar memperbaiki struktur rambut.

Terus gimana Bro kalo rambut telanjur bercabang? Tenang Bro. Disarankan untuk rutin melakukan potong rambut selama 6-8 minggu sekali untuk menangani dan mencegah rambut bercabang.

Rambut menjadi lebih cepat panjang

Ada anggapan bahwa makin sering memotong ujung rambut, rambut akan cepat panjang. Oleh karena itu ada orang yang sengaja memotong ujung rambutnya sebulan sekali. Namun faktanya, rambut tumbuh sepanjang setengah inci tiap bulannya. Jika Bro memotongnya tiap bulan, itu berarti sama saja rambut Bro tidak bertambah panjang.

Di sisi lain, percabangan pada rambut dapat berkembang dari hanya di ujung rambut hingga naik ke batang rambut. Hal ini dapat mengganggu pertumbuhan rambut. Memotong sedikit ujung rambut yang mengalami percabangan dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Jadi, disarankan untuk potong rambut secara rutin tiap 6-8 minggu sekali saja.

Membuat rambut tampak lebih tebal

Dibandingkan rambut yang panjang, rambut pendek dapat terlihat lebih tebal karena rambut tidak terurai. Karena itu, memotong pendek rambut disarankan bagi orang-orang yang mengalami rambut rontok.

Nah Bro, sudah tahu kan manfaat dari potong rambut. Jangan malas ya, biar tetep ganteng Bro.

Referensi:
[1] http://www.alodokter.com/gunting-rambut-sedikit-saja-sudah-memberi-banyak-manfaat

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini