gentlemancode.id
Inilah alasan kenapa kita harus membatasi waktu dalam menggunakan sosial media

INILAH ALASAN KENAPA KITA HARUS MEMBATASI WAKTU DALAM MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA

Published on Monday, 29 January 2018

Suka tidak suka, teknologi internet udah banyak mempengaruhi kebiasaan kita saat ini. Coba deh Lo perhatiin, hampir semua hal bisa Lo temukan di internet dan banyak hal yang bisa Lo lakukan dengan menggunakan internet. Sebagai contoh, Lo bisa membeli tiket transportasi dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone Lo yang terhubung dengan internet tanpa Lo harus antri. Selain itu, Lo nggak perlu repot-repot pergi ke stasiun atau bandara karena Lo bisa melakukannya dimana saja.  Atau, Lo misalnya ingin mencari tahu mengenai sesuatu, Lo tingggal googling aja dan boom jawaban yang Lo cari bisa Lo dapet dalam hitungan detik. Dengan adanya internet, rasanya hidup kita menjadi semakin mudah karenannya, bener nggak?

Dengana adanya internet, banyak produk teknologi lain yang muncul dan salah satunya adalah sosial media. Dengan sosial media kita bisa terhubung dengan orang-orang tanpa terhalang lagi masalah jarak. Mereka yang terpisah oleh jarak yang jauh bisa dengan mudah berhubungan satu sama lain setiap saat melalui sosial media. 

Dengan segala manfaatnya, sosial media juga memiliki sisi negatifnya bro, salah satunya adalah membuat penggunanya menjadi kecanduan. Ya, seseorang bisa menghabiskan waktunya selama beberapa jam hanya untuk melihat apa yang terjadi di sosial media mereka. Bayangkan bro, berapa banyak waktu yang terbuang karena kita terlalu larut dalam menggunakan sosial media?

Sebetulnya, menggunakan sosial media itu sah-sah saja selama Lo nggak menggunakannya secara berlebihan. Inget bro, apapun yang dilakukan secara berlebihan maka itu nggak akan baik. Makan berlebihan, nggak sehat. Tidur berlebihan, nggak bagus. Kerja berlebihan, juga nggak baik. Intinya, gunakan sosial media secara wajar dalam arti Lo menggunakannya dengan penuh tanggung jawab, khususnya tanggung jawab kepada waktu yang Lo punya. Jangan sampe nih bro Lo lupa waktu dan jadi kecanduan sama sosial media.

Kecanduan sosial media itu bahaya bro, dari mulai akan banyak membuang waktu Lo sampe akan berdampak buruk untuk psikologis Lo. Nah, dibawah ini adalah beberapa efek negatif yang bisa Lo dapatkan ketika Lo kecanduan sosial media, diantaranya adalah:

1. Tidak produktif

Ketika waktu Lo mostly Lo gunakan untuk bermain sosial media dan Lo larut di dalamnya maka Lo udah membuang waktu Lo secara sia-sia, bro. Bayangkan, ketika Lo seharusnya mengerjakan pekerjaan Lo, Lo malah lebih asik bermain sosial media. Tentu hal ini akan membuat Lo nggak produktif karena pekerjaan Lo jadi keganggu. Kalo Lo terus kaya gini, lama-lama Lo nggak perform sama kerjaan Lo dan bisa-bisa pekerjaan Lo juga hilang karenanya. 

Sebaiknya, ketika Lo kerja Lo jauhin smartphone Lo bro supaya Lo nggak tergoda untuk membuka sosial media. Kalo pun Lo mau buka sosial media Lo, lakukan itu pas jam istirahat bukan pas jam kerja karena biasanya suka keterusan dan jadinya lupa waktu.

2. Nggak punya kehidupan sosial

Orang yang kecanduan sosial media biasanya akan menghabiskan waktunya di depan smartphone atau komputer mereka. Nggak peduli itu di tempat kerja, lagi ngumpul, lagi meeting, pandangan mereka selalu tertuju kepada sosial media mereka sehingga hal lain menjadi hal yang tidak penting untuk mereka. Ketika Lo seperti ini tentu nggak baik bro, karena Lo jadi lebih mentingin interaksi Lo di sosial media dibandingkan dengan orang-orang yang jelas-jelas ada di hadapan Lo. Padahal, harusnya kan Lo lebih memperhatikan orang yang ada di depan Lo bukan malah orang yang sama sekali nggak ada di hadapan Lo.

Kunci dari membangun hubungan yang baik dengan orang lain adalah Lo ada untuk mereka, dalam artian Lo meperhatikan dan mendengarkan apa yang mereka bicarakan sama Lo. Selain itu, tanggapan yang Lo berikan adalah salah satu bentuk pernghargaan Lo untuk orang lain. Artinya, kalo Lo sama sekali nggak memberi tanggapan kepada lawan bicara Lo maka orang lain akan menganggap Lo nggak menghargai mereka dan ini tentu nggak bagus, bro.

3. Jadi doyan pamer

Sebenernya, apapun yang Lo publish di akun sosial media Lo itu adalah hak Lo bro. Tapi, nggak semua hal yang Lo publish itu baik. Misal, Lo publish di sosial media dengan tujuan untuk pamer. Ini nggak dibenarkan bro karena bisa memicu orang lain iri sama Lo bahkan bisa memicu orang lain berbuat kriminal sama Lo. Jadi, bijaksana lah terhadap apa yang Lo publish di akun Lo.

Sosial Media bisa membuat masalah psikologis seperti adanya obsesi, ambisi, sampe menipu diri sendiri. Banyak orang yang pada akhirnya memiliki obsesi melakukan atau mendapatkan sesuatu hanya karena melihat orang lain mendapatkannya di sosial media. Obsesi ini bisa menjadi masalah besar kalo akhirnya pengguna memilih untuk memakai cara apapun agar keinginannya bisa tercapai. Lebih parah lagi, sebagian orang bisa menipu dirinya sendiri dan memiliki berbagai macam kepribadian di sosial media yang tentu ini adalah masalah psikologis yang buruk.

Menggunakan sosial media  itu harus diimbangi dengan kebijaksanaan penggunanya. Kita bisa memilih apa saja yang sekiranya kita butuhkan di sosial media sehingga saat kita melihat sosial media, kita justru merasa terinspirasi, bahagia, hingga mendapatkan informasi yang paling terbaru. Ngapain punya sosial media kalo itu malah bikin Lo ribet, depresi, dan stres?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini