gentlemancode.id
Jangan Lakukan 7 Hal Ini Ketika Berdebat Supaya Tidak Terkesan Berlebihan

JANGAN LAKUKAN 7 HAL INI KETIKA BERDEBAT SUPAYA TIDAK TERKESAN BERLEBIHAN

Published on Monday, 19 March 2018

Dalam hidup ini, kita nggak mungkin bisa selalu sejalan dengan orang lain. Ada kalanya kita sependapat dan adakalanya kita berbeda pendapat. Perdebatan sangat mungkin terjadi entah dengan siapapun itu, baik pasangan, teman, keluarga sampai hubungan professional. Tapi sayang, banyak banget perdebatan berakhir dengan penyesalan, entah itu karena perkataan yang salah atau tindakan yang memang kelewatan. Untuk menghindari hal tersebut, pahami tujuh hal ini bro supaya Lo nggak dianggap berlebihan ketika berdebat!

1. Pastikan hal lain nggak akan mengontrol emosi dan akal sehat Lo

Ketika Lo tidak sependapat dalam suatu hal dan Lo ingin menyanggahnya, maka pastikan terlebih dahulu bahwa tidak akan ada hal lain yang akan mempengaruhi emosi dan akal sehat Lo. Ketika emosi dan akal sehat Lo terpengaruh hal lain, maka mungkin Lo akan bertindak berlebihan ketika berdebat dan ini tentunya nggak baik, bro. 

2. Selektif 

Berdebatlah untuk hal yang memang penting bro, bukan berdebat dalam suatu hal yang nggak ada manfaatnya. Lo nggak perlu bro meladeni setiap kesempatan berargumen yang terbuka buat Lo. 

3. Terkadang Lo harus mengalah bro karena nggak semua hal bisa sesuai dengan keinginan Lo

Banyak orang tidak bahagia karena selalu memaksakan kehendaknya. Untuk itu, jangan terlalu memaksakan agar semua hal sesuai dengan keinginan Lo. Ketika ada sesuatu yang memang tidak sesuai, kadang Lo harus mengalah bro supaya Lo bisa lebih bahagia.

4. Diam, tarik nafas dan hembuskan perlahan

Satu momen diam ketika Lo marah akan menyelamatkan Lo dari momen penyesalan. Ketika Lo diam, sebetulnya Lo akan menjadi orang yang paling kuat dan berpengaruh dalam suatu argumen.

Orang lain tidak akan mengira lawan bicaranya untuk diam. Mereka cenderung akan menyangka Lo akan berteriak, defensive dan menyerang balik. Mereka bahkan udah siap untuk melindungi diri dan membalas Lo. Nah bro, ketika Lo diam, hal itu akan membuat mereka bingung mau ngapain lagi sama Lo.

5. Jangan membenci

Rasa benci bisa membuat Lo menjadi orang yang tidak terkendali. Untuk itu, seperti yang disebutkan pada poin pertama, jangan sampe hal lain menggangu emosi dan akal sehat Lo bro, apalagi terganggu sama yang namanya benci.

6. Cobalah memahami orang lain

Supaya Lo berdebat dengan cara yang baik, cobalah untuk memahami sudut pandang orang lain, bro. Dengan begitu, Lo bisa berdiskusi dengan baik tanpa tanpa saling menjatuhkan satu sama lain. Berbeda pendapat itu biasa, jadi cobalah untuk mengerti dan menyelami setiap pandangan yang diberikan oleh orang lain. Itu baru gentleman.

7. Tetap Tenang

Sikap yang tenang akan membantu Lo mengontrol sikap dan perkataan Lo. Ketika Lo mengalami perbedaan pendapat dan Lo harus berdebat mengenai hal tersebut, lakukanlah dengan tenang tanpa ada perasaan ingin menjatuhkan atau merasa dijatuhkan. Perdebatan itu kadang diperlukan bro untuk sebuah kemajuan, jadi lakukanlah dengan attitude yang baik bro.

Latihlah diri Lo untuk lebih banyak menahan diri dalam perdebatan. Jaga sikap Lo dan jangan nodai dengan perkataan atau tindakan yang akan Lo sesali nantinya. Ingat, dalam banyak kasus, diam akan membuatmu lebih berwibawa dan berkharisma lho.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini