gentlemancode.id
Kenali Smartphone KW dengan 6 Cara ini!

KENALI SMARTPHONE KW DENGAN 6 CARA INI!

Published on Thursday, 15 February 2018

Memiliki smartphone baru adalah hal yang menyenangkan untuk sebagian orang. Banyaknya brand yang mengeluarkan smartphone, membuat dunia smartphone terkotak-kotak berdasarkan kelas, dari merk yang terkenal sampai yang jarang orang tahu. Orang rata-rata memillih smartphone dari brand ternama. Karena selain teruji kualitasnya, layanan purna jualnya pun terjamin. Faktor gengsi pun terlibat dalam pemilihan brand smartphone ini. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyaknya produsen-produsen yang mencontek atau menciptakan smartphone dengan "wajah" serupa namun berbeda dari segi kualitas dan detail produk lainnya. Tujuannya ya apalagi kalau bukan meraup keuntungan. Nah supaya Lo nggak terjebak oleh smartphone-smartphone KW yang diproduksi oleh produsen-produsen "nakal", kali ini Gentlemancode akan membagikan tips mengenai cara untuk bisa mengenali smartphone mana yang KW dan mana yang original. Gimana cara bedainnya? Ini dia bro.

1. Cek packaging

Hal pertama yang paling mudah untuk menentukan smartphone Lo KW atau bukan, adalah dari pacakging-nya, bro. Brand besar atau resmi akan sangat memperhatikan packaging dari produk yang mereka jual. Beda sama brand abal-abal karena biasanya mereka kurang memperhatikan hal ini. 

Produsen "nakal" ini biasanya akan menjiplak sepersis mungkin dengan brand yang dia clone. Namun sebagus-bagusnya produk KW, produk tersebut nggak akan pernah bisa menyamai produk aslinya. Brand resmi biasanya memperhatikan kualitas dari packaging yang dibuatnya, mulai dari materialnya sampe dengan hal-hal detail lainnya. 

2. Cek bentuk fisik smartphone

Bentuk fisik antara smartphone asli dan KW memang biasanya hampir identik, bro. Tapi tetep aja kalo Lo lebih teliti melihatnya Lo tetap akan menemukan perbedaan diantara kedua produk tersebut. Makanya, sebelum membeli pastikan Lo sudah mengecek informasi singkat tentang smartphone yang akan Lo beli baik dari desain sampai spesifikasinya. Paling tidak Lo akan tau bentuk fisik dan material yang digunakan itu seperti apa.

3. Cek aksesoris bawaan

Sama seperti poin nomor dua, Lo juga harus memperhatikan aksesoris bawaan dari smartphone tersebut, bro. Perhatikan detail dari finishing charger, kabel USB ataupun headset yang termasuk dalam paket pembelian. Brand resmi akan menyediakan aksesoris yang terjamin kualitas dan keamanannya. Tidak ketinggalan buku panduan dan kartu garansi perlu Lo cek, cara mudahnya adalah perhatikan printing dan informasi yang diberikan terkait perangkat yang ada dalam buku panduan tersebut apakah lengkap atau tidak.

4. Pastikan nomor IMEI

Setiap smartphone yang bisa terkoneksi pada jaringan seluler, pasti memiliki nomor IMEI-nya masing-masing, bro. Nah, ketika Lo sudah membeli smartphone, Lo bisa cek nomor IMEI dengan menekan tombol *#06# dan cek di situs database IMEI. Lo juga bisa mencocokkan nomor IMEI yang tertera pada layar smartphone dan kemasan dari smartphone tersebut. Brand resmi biasanya tidak memiliki kesalahan dalam mencetak nomor IMEI dari perangkat yang mereka produksi.

5. Cek kamera

Hampir semua smartphone sekarang udah punya kamera, bro. Lo bisa mengecek kualitas kamera dari smartphone yang Lo beli di situs-situs terentu apakah sama atau jauh berbeda. Kalo berbeda jauh dengan spesifikasi yang ada, bisa disimpulkan smartphone tersebut adalah KW. Lo juga bisa memastikannya lagi dengan mengecek melalui perngkat windows. Caranya adalah, pindahkan foto hasil tangkapan dari smartphone Lo ke PC/Laptop berbasis windows. Setiap foto pasti memiliki data exif (metadata foto) yang juga berisi informasi termasuk tipe dan jenis smartphone yang digunakan. Lo bisa  klik kanan foto, pilih properties, lalu details. Dari situ Lo bisa tau model dan pembuat kameranya, kalo sesuai bisa dipastikan smartphone Lo original. Tapi jika tidak, berarti bisa dipastikan smartphone Lo KW, bro.

6. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Untuk memastikan smartphone Lo asli atau tidak, Lo bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, bro.  Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga tadi untuk menunjukkan infromasi dari perangkat keras yang tertanam pada smartphone tersebut. Aplikasi yang bisa Lo gunakan misalnya AnTuTu Benchmark atau CPU-Z. Nah Lo bisa membandingkan hasil dari pengujian Antutu atau CPU-Z dengan informasi resmi terkait spesifikasi smartphone yang Lo maksud. Jika hasilnya berbeda bisa dipastikan smartphone Lo KW.

Nah itu dia bro cara mengenali smartphone Lo asli atau KW. Dari enam poin yang sudah di sampaikan, ada yang penting lagi sih yaitu harga. Pastikan Lo tau harga pasaran dari smartphone tersebut ya. Karena harga brand resmi biasanya sudah punya standarnya masing-masing. Dan jika harga smartphone yang Lo beli di bawah harga pasaran Lo patut curiga, bro.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini