gentlemancode.id
Kenapa Motor Dilarang Lewat Fly Over?

KENAPA MOTOR DILARANG LEWAT FLY OVER?

Published on Sunday, 13 August 2017

Padahal kan seru ya Bro, bebas hambatan!

Gw kutip sedikit dari Wiki nih Bro, mengenai penjelasan dari apa yang dimaksud dengan fly over. Fly over, atau disebut juga dengan jalan layang, adalah jalan yang dibangun tidak sebidang melayang menghindari daerah/kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas, melewati persilangan kereta api untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan efisiensi.

Jalan layang merupakan perlengkapan jalan bebas hambatan untuk mengatasi hambatan karena konflik dipersimpangan, melalui kawasan kumuh yang sulit ataupun melalui kawasan rawa-rawa.

Kalo di Jakarta, contohnya mungkin ada beberapa ya Bro seperti, fly over Pangeran Antasari, fly over Jatinegara, fly over Kasablanka, dan lain sebagainya.

Fly over memang dibutuhkan untuk mengatasi masalah kemacetan. Tapi bukan berarti semua kendaraan bisa melewati fly over, Bro. Pastinya Lo semua udah pernah denger dong kalo motor itu gak boleh lewat fly over dengan ketinggian tertentu. Misalnya, fly over Kasablanka. Itu gak boleh Bro, kendaraan roda dua lewat situ.

Nah, pernah gak sih Lo wondering kenapa yang boleh lewat fly over itu Cuma roda 4? Diskriminasi? Bukan, Bro, tahan dulu emosi Lo kerena memang ada beberapa alasan yang tidak memungkinkan buat Lo yang pake motor untuk melewati fly over.  Dan Ini lah beberapa penyebab kenapa motor gak boleh lewat jalan layang atau fly over, simak info nya ya biar Lo paham dan tidak membahayakan diri sendiri dengan maksain lewat jalan layang!

1. Karena kemudahan dari sisi ukuran dan kepraktisan, kadang pengendara kendaraan roda 2 itu bisa mudah banget berhenti tengah jalan. Misalnya berhentinya itu untuk beristirahat, lihat pemandangan sampai untuk selfie, pasti kebayang dong bahayanya kayak apa. Selain bahaya buat diri sendiri, bahaya juga buat pengendara lain, Bro!

2. Selain itu, karena fly over dibangun dengan ketinggian yang cukup tinggi, hal tersebut menyebabkan angin yang berhembus di jalan layang, kadarnya berbeda dengan angin yang berhembus di jalanan biasa. Hal ini tentu sangat berbahaya buat pengendara motor. Kalo gak percaya, dicoba aja Bro, pas Lo lagi naik kendaraan roda 4 lewat di atas jalan layang, buka sedikit jendela mobil Lo dan keluarkan sedikit tangan Lo buat ngerasain anginnya se-kencang apa. Asli, nyeremin! Eits, jangan lupa masukin lagi tangan Lo ya.

3. Otomatis dengan kencangnya hembusan angin di atas jalan layang, pengendara motor akan mudah oleng saat melaju di atasnya dong. Nah kalo udah begini, berabe Bro. Lo bisa jatuh karena Lo gak bisa ngendaliin motor Lo.

4. Masih dari keadaan kadar angin yang kencang hembusannya, ketika Lo melaju dengan kecepatan tinggi dan harus mengerem motor mendadak, efek yang terjadi adalah Lo bisa terjungkal dari motor Lo. Hiiy, serem Bro!

5. Gawat juga Bro, di ujung jalan layang kadang akan ada petugas lalu lintas yang patroli menjaga jalanan.  Seperti kejadian beberapa waktu lalu, dimana ada motor yang akhirnya memutar balik kendaraan roda dua-nya demi menghindari kena tilang. Wah, ini kacau banget Bro kalo Lo harus jalan dengan roda dua di atas jalan layang, melawan arah pula. Bahaya banget, bahaya buat Lo dan bahaya buat pengendara lain.

Sekarang Lo paham kan kenapa motor gak boleh lewat fly over? Intinya adalah, peraturan itu dibuat berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada, Bro. Tenang aja, jangan emosi, ini balik lagi bukan tentang diskriminasi roda 2 dan roda 4, tapi lebih ke keselamatan Lo dan pengendara lainnya. Nanti kalo Lo langgar peraturannya, lalu terjadi hal yang tidak diinginkan, Lo mau nyuruh siapa untuk bertanggung jawab? So, let's be a smart road users!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini