gentlemancode.id
Kita Tidak Bisa Mengiyakan Semua Permintaan Orang Lain, Katakan Tidak Jika Anda Merasa Keberatan

KITA TIDAK BISA MENGIYAKAN SEMUA PERMINTAAN ORANG LAIN, KATAKAN TIDAK JIKA ANDA MERASA KEBERATAN

Published on Friday, 15 July 2016

Pernah ga sih Bro ngalamin keadaan dimana Bro tidak bisa mengatakan tidak terhadap permintaan seseorang dan akhirnya Bro merasa kesulitan dengan mengiyakan permintaan orang tersebut? Jika pernah berarti Bro sama-sama pernah mengalami apa yang hampir kebanyakan orang mengalaminya.

"Setengah kesulitan hidup ini bisa ditelusuri dari mengatakan ya terlalu cepat dan tidak mengatakan tidak - Josh Billings"

Ingat Bro, kita tidak mungkin bisa menyenangkan semua orang. Memang, menolong orang itu adalah perbuatan yang baik. Namun apabila Bro tidak mampu untuk menolongnya sebaiknya Bro katakan tidak, daripada kedepannya Bro akan mengalami kesulitan.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang sangat penting mengenai pentingnya berkata tidak.

1. Kita tidak berhutang apapun pada orang lain

Bro boleh saja membantu orang lain, tapi itupun karena Bro ingin dan Bro mampu melakukannya. Jangan sampai Bro melakukan apa yang tidak bisa Bro lakukan atau Bro melakukan hal yang didasari oleh rasa tidak enak atau sungkan.

2. Anda tidak bisa mengontrol pendapat orang lain tentang Anda

Tidak peduli apa yang sudah Bro lakukan, apakah Bro membantu mereka atau tidak, Bro tidak bisa mengendalikan apa yang orang lain pikirkan tentang Bro. Kadang-kadang, bahkan jika Bro sudah mencoba untuk melakukan yang terbaik, mereka masih belum puas dan semua usaha Bro akan sia-sia.

3. Bro dipengaruhi oleh keputusan Bro sendiri

Misal, jika Bro mengatakan ya untuk datang pada acara di malam minggu, padahal sebenarnya Bro ingin mengatakan tidak, karena Bro memiliki rencana dengan keluarga Bro. Bro adalah satu-satunya orang yang akan dipengaruhi oleh keputusan Bro sendiri.

4. Hanya Bro yang tahu apa yang bisa membuat Bro bahagia

Dengarkan saja suara hati Bro sebelum mengatakan ya untuk sesuatu yang tidak benar-benar Bro ingin lakukan. Dan coba untuk memahami mengapa Bro merasa seperti ini. Tidak ada yang tahu mengenai Bro lebih baik daripada Bro sendiri. Jadi jika Bro ragu-ragu atau tidak yakin tentang sesuatu, katakan tidak dan fokus pada kebahagiaan Bro sendiri.

5. Bro memiliki hak untuk rileks

Dengan mengatakan ya sepanjang waktu dan dengan perasaan stres karena Bro tidak dapat melakukan segala sesuatu yang telah Bro rencanakan, Bro hanya akan menghabiskan energi saja.

6. Bro berhak memilih

Bro memiliki hak untuk memilih, sehingga tidak ada yang bisa memaksa Bro untuk melakukan hal tertentu yang tidak ingin Bro lakukan. Kadang-kadang Bro harus sedikit egois dan melakukan apa pun yang membuat Bro bahagia.

7. Bro tidak bisa membantu semua orang

Kebahagiaan adalah sebuah pilihan, tapi itu terdiri dari banyak pilihan kecil yang perlu kita buat berdasarkan apa yang sebenarnya kita inginkan. Ingatlah ini jika dalam waktu berikutnya Bro tergoda untuk mengatakan ya pada sesuatu yang tidak benar-benar ingin Bro lakukan.

Nah Bro, kadang memang sulit untuk mengatakan tidak, terutama kepada orang-orang terdekat Bro, tapi itu adalah salah satu hal yang harus Bro lakukan untuk tetap bahagia.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini